Review Alat Penyedot Komedo dan Jerawat & Tips Aman Memakai

Share

Alat penyedot komedo dan jerawat merupakan bukti bahwa dunia kecantikan selalu mengalami perkembangan. Banyak alat-alat canggih yang muncul di era yang semakin maju seperti sekarang.

Sesuai dengan namanya, alat pencabut komedo ini dipakai untuk menghilangkan komedo dengan cara disedot. Jadi, Anda tidak perlu melakukan pengambilan komedo secara manual seperti dipencet.

Waktu yang dibutuhkan juga lebih singkat karena tak perlu mengambil komedo satu per satu seperti cara manual.

Namun, sama halnya dengan alat otomatis lainnya, alat komedo ini pun tak luput dari efek samping yang cukup merugikan pemakainya. Apakah efek samping itu?

Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas efek samping alat ini dan cara aman menghilangkan komedo dengan mengurangi efek samping yang ditimbulkan.

Alat penyedot komedo dan jerawat yang bagus: tips, review, dan harga

Komedo dan jerawat merupakan masalah kulit yang diakibatkan oleh tersumbatnya pori atau saluran keringat di kulit. Bisa jadi akibat debu, sisa makeup, dll.

Tentu saja, mereka yang sering berias atau bekerja di luar ruangan sangat rentan dengan masalah ini. Di samping itu, pemilik pori-pori besar juga memiliki risiko lebih tinggi. Apalagi jika tidak membersihkan wajah secara benar dengan bersih.

Bagaimanapun asal mula komedo dan jerawat ada di wajah, keberadaannya pasti mengganggu. Kadang bahkan ada yang tidak percaya diri untuk tampil karena ada komedo atau jerawat di wajahnya.

Jenis komedo

Sudah dibahas di atas bahwa komedo adalah masalah kulit yang diakibatkan oleh pori-pori tersumbat. Nah, ada dua jenis komedo, yakni komedo hitam dan putih. Apa bedanya?

Komedo putih adalah komedo yang berada di lapisan atau bagian dalam kulit. Sedangkan komedo hitam letaknya masih di bagian luar. Artinya, ketika seseorang punya komedo, maka yang terlihat dari luar adalah komedo hitam.

Otomatis, jika komedo bertumpuk tak segera dibersihkan, tampilan wajah pun akan menjadi terlihat lebih kusam karena warna hitam dari komedo.

Komedo hitam ini lebih mudah dibersihkan dibanding komedo putih karena letaknya yang ada di permukaan.

Sebaliknya, komedo putih lebih sulit dibersihkan, dihilangkan, dan diambil. Butuh cara khusus atau perawatan ekstra untuk membuat wajah Anda bersih dari komedo putih.

Biasanya saat facial di salon, komedo ini akan dipaksa keluar. Bahkan sampai wajah rasanya perih dan sakit. Sementara mata tanpa sengaja akan mengeluarkan air mata.

Proses menghilangkan komedo putih ini tak hanya selesai dalam sekali. Butuh beberapa kali usaha agar komedo benar-benar terangkat sempurna.

Efek samping alat pembersih komedo

Pertanyaannya, apakah pembersih komedo elektrik itu aman dan ampuh digunakan?

Dr. Pimple Popper atau Dr. Sandra Lee menyebut alat ini memberikan efek samping untuk kulit. Di antaranya:

Pertama, alat pembersih komedo memang bisa menghilangkan komedo hitam (yang ada di lapisan luar) secara efektif.

Kedua, alat ini bisa mengakibatkan kulit wajah luka, lecet, atau semacamnya yang disebut telangiectasia. Luka dan lecet ini disebabkan oleh daya alat yang terlalu besar yang digunakan untuk menyedot jerawat. Biasanya dibutuhkan tenaga besar untuk menyedot komedo yang ada di bagian terdalam.

Apa itu telangiectasia?

Merupakan keadaan pembengkakan dan pecahnya pembuluh darah yang kemudian mengakibatkan warna kemerahan dengan bentuk seperti serabut yang warnanya merah dan tipis.

Bagaimana perawatan telangi ectasia?

Solusi untuk telangiectasia yang permanen adalah perawatan menggunakan laser.

Tips memakai alat penyedot komedo secara aman

Nah agar bisa tetap merasakan manfaat alat penyedot komedo secara aman, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:

Pertama, bersihkan wajah Anda terlebih dulu. Pakai cleanser dan toner sambil memijat wajah secara perlahan.

Kedua, lakukan peeling terlebih dulu. Tujuannya adalah agar sel kulit mati terangkat. Wajah pun terasa lebih segar, bersih, cerah, dan ringan.

Ketiga, setelah wajah dirasa sudah bersih, lakukanlah vapozone atau proses penguapan. Proses ini dilakukan agar pori-pori wajah terbuka. Dengan pori-pori yang terbuka, proses vakumnya jadi jauh lebih mudah nanti. Proses vapozone dilakukan selama minimal 10 menit.

Keempat, lakukan proses vakum secara benar.

Kelima, untuk tulang pipi kanan dan kiri lakukan gerakan dari bagian hidung menuju wajah terluar dengan tarikan ke atas.

Keenam, untuk dahi, lakukan gerakan dengan titik awal dari tengah wajah ke bagian luar dengan tarikan ke bawah.

Ketujuh, untuk hidung gosok pakai alat pencabut komedo dari bagian hidung luar menuju tengah dengan tarikan ke atas. Lakukan kanan dan kiri secara bergantian.

Kedelapan, saat menggunakan alat tak perlu ditekan. Biasanya komedo sudah akan terangkat. Khusus untuk komedo putih yang cukup bandel, lakukan penyedotan sekitar 2-3 kali.

Kesembilan, setelah yakin semua sudah disedot secara merata dan bersih. Bersihkan wajah Anda menggunakan toner lagi.

Kesembilan, tepuk-tepuk secara pelan dan ringan agar terserap sempurna.

Kesepuluh, pakailah serum dan masker terbaik sebagai perawatan berikutnya agar hasil makin maksimal.

Review alat penyedot komedo bikin pori-pori membesar?

Dalam beberapa review alat penyedot komedo ditemukan bahwa banyak orang yang ternyata khawatir menggunakan alat sedot ini karena takut pori-porinya malah jadi besar. Bagaimana menurut Anda?

Saat hendak membersihkan wajah, pori-pori memang sengaja dibuat lebar dengan cara penguapan. Tujuannya adalah untuk membuat kotoran yang sudah terlanjur masuk ke dalam pori-pori menjadi lebih mudah dibersihkan.

Setelah proses yang panjang dan komedo sudah dihilangkan tentu diperlukan perawatan lagi agar kondisi pori-pori kembali ke posisinya.

Kalau untuk membuka pori-pori diperlukan sesuatu yang panas atau hangat. Maka selesai dibersihkan Anda bisa menggunakan sesuatu yang dingin untuk menutup pori-pori. Bisa dengan toner, es (air dingin), atau seperti langkah di atas sudah jelas pakai masker dan serum untuk memberikan nutrisi pada kulit.

Nah, jika Anda ingin menggunakan air dingin setelah memakai alat pembersih komedo ini, caranya adalah dengan mengompres wajah pakai air dingin selama kurang lebih 5 menit. Itulah solusi jika pori-pori Anda membesar setelah pakai alat ini.

Review alat penghilang komedo atau vacum komedo

Banyak review positif alat penghilang komedo ini, lho! Tak heran jika banyak wanita yang ingin mencoba menggunakannya. Terlebih mereka yang sibuk dengan kerjaan, sering stres, dan bekerja di luar ruangan.

Manfaat alat penyedot komedo:

  1. Bisa membersihkan komedo hitam dan putih.
  2. Memanfaatkan tenaga listrik jadi lebih cepat.
  3. Membersihkan komedo jadi lebih mudah.
  4. Direkomendasikan untuk dicoba.

Rekomendasi dan harga alat penyedot komedo di Indonesia

Harga alat vacum komedo sangat bervariasi. Dari puluhan hingga ratusan ribu. Seperti electric pore cleaning apparatus yang dibanderol dengan harga 200 ribuan. Atau power perfect pore 4 in 1 yang dibanderol dengan harga 65 ribuan.

Yang paling penting, sebelum membeli alat penyedot komedo, pastikan dulu beberapa hal, di antaranya:

  1. Fitur yang ditawarkan
  2. Tahan air atau tidak
  3. Adakah fitur spesial?
  4. Bagaimana frekuensinya?
  5. Daya sedot vs kondisi kulit

Nah, anda juga memanfaatkan acne cream jerawat yang sudah kami pilihkan di link tersebut.

Demikian informasi tentang alat penghilang komedo dan jerawat. Pastikan membaca label cara penggunaan alat dengan baik sebelum memakainya ya?

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.