11 Kegunaan Minyak Atsiri / Manfaat Essential Oil Lavender

Share

Minyak esensial atau juga ditulis minyak essential adalah senyawa yang memiliki aroma khas dan mudah menguap. Biasanya minyak ini diperoleh dari hasil ekstraksi akar, batang, kayu, bunga, biji, atau bagian tanaman lainnya.

Hasil ekstraksi ini memiliki khasiat yang banyak, kita mengenalnya sebagai kegunaan minyak atsiri.

Salah satu minyak atsiri atau essential oil yang terkenal adalah lavender. Manfaat essential oil satu ini bahkan dapat dilihat dalam berbagai macam produk wewangian. Misalnya pewangi pakaian, pewangi lantai, ruangan, atau bahkan parfum.

Apakah manfaatnya hanya pada aromanya saja? Adakah manfaat minyak lavender lainnya?

Ini dia 11 kegunaan minyak atsiri / manfaat essential oil lavender

Lavender memang dikenal dengan aromanya yang wangi dan khas. Namun, bukan berarti tanaman ini tak punya fungsi lain. Masih banyak manfaat lavender yang perlu kita tahu, lho! Sehingga kita bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa manfaat essential oil lavender:

1. Mengatasi masalah susah tidur dengan minyak lavender

Aroma lavender memang dikenal menenangkan. Sebagai aromaterapi, lavender ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan yang bisa dipakai untuk mengatasi masalah susah tidur. Bagaimana caranya?

Anda bisa menyiapkan sempotran dari lavender. Yang isinya adalah beberapa tetes essential oil lavender dengan air suling.

Semprotkan pada bantal atau langsung balurkan ke tubuh agar bisa cepat tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas, nyenyak, dan tenang.

Atau jika memang Anda merasa ribet kalau harus membuat campuran semprotan ini sendiri. Anda bisa membeli produk semprotan lavender yang sudah siap dan memang didesain khusus untuk membuat tidur lebih tenang dan nyenyak.

Salah satu brand yang menawarkan produk semacam ini adalah oriflame.

2. Manfaat essential oil sebagai pengharum kamar mandi

Kamar mandi adalah tempat di mana kuman-kuman berkumpul. Bau pesing atau semacamnya biasanya akan sering tercium dari ruangan ini.

Akan sangat mengganggu jika ini dibiarkan. Karena bisa menular ke ruangan lain jika tidak segera diatasi.

Salah satu cara sederhana untuk memiliki kamar mandi yang wangi adalah dengan mengaplikasikan manfaat essential oil lavender. Anda cukup menyiapkan minyak tetesnya dan handuk kecil.

Tetesi handuk kecil tersebut dengan minyak aromaterapi lavender kemudian biarkan menggantung di kamar mandi. Kegunaan minyak atsiri sebagai aromaterapi pun akan semerbak dalam ruangan Anda.

3. Manfaat lavender untuk mengatasi masalah ketombe

Salah satu manfaat lavender yang tidak berhubungan dengan aroma adalah kemampuannya sebagai peluruh ketombe.

Hal ini karena lavender mengandung anti jamur yang efektif membantu mengurangi ketombe. Bagaimana memanfaatkannya?

Cara mendapatkan manfaat essential oil lavender untuk rambut ini ada 2, yaitu:

  1. Campurkan minyak esensial ke dalam air suling dan vinegar atau cuka apel. Pakai larutan ini seperti sedang membilas rambut. Tapi lakukan secara perlahan.
  2. Anda juga bisa mencampurkan lavender dengan macam-macam essential oil dan fungsinya menyerupai seperti bergamot, rosemary, tea tree, cedarwood, dll. Lalu oleskan ke seluruh bagian rambut. Kemudian tutup menggunakan handuk hangat yang lembab. Diamkan selama kurang lebih 1 jam. Jika selama menunggu handuknya dirasa dingin, bisa dihangatkan kembali.

Cara lainnya yang bisa anda coba jika kurang maksimal adalah menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe.

4. Mengusir nyamuk dan serangga lain

Nyamuk merupakan salah satu serangga yang menjengkelkan. Sudah pakai kipas angin, masih saja ada yang bisa terbang. Pakai yang elektrik hanya bertahan beberapa jam. Pakai yang bakar tidak cocok untuk anak-anak.

Kadang bingung kalau punya bayi di rumah dan musim nyamuk.

Nah, minyak lavender bisa menjadi obat nyamuk alami lho. Caranya adalah:

  1. Siapkan botol spray ukuran 100 ml.
  2. Siapkan minyak esensialnya.
  3. Air suling.

Campurkan sebanyak 30 tetes minyak lavender ke dalam air suling. Kemudian kocok hingga tercampur rata. Semprotan ini pun siap untuk digunakan untuk mengusir nyamuk.

Selain nyamuk, kegunaan minyak atsiri dalam bentuk semprotan ini adalah bisa dipakai untuk mengusir serangga lainnya.

5. Spray anti bakteri

Sering keluar rumah, main dan makan di luar?

Tentu Anda butuh anti bakteri yang bisa dipakai setiap saat. Sebab kita tidak pernah tahu bakteri apa yang digunakan di fasilitas umum. Bekas dipakai apa dan apa saja kuman yang ada di sana.

Agar tetap terjaga, Anda bisa membuat semprotan dari manfaat minyak lavender. Yakni dengan mencampurkan air sebanyak 700 ml, cuka apel 120 ml, dengan 15 tetes minyak essential.

Kocok campuran ini hingga benar-benar tercampur rata. Dan semprotan yang kaya manfaat essential oil lavender pun siap dipakai.

6. Sebagai pewangi pakaian

Saat mencuci pakaian, masukkan tetesan minyak lavender bersamaan dengan detergen. Manfaat lavender akan menjelma menjadi pewangi pakaian yang menempel tahan lama di baju kesayangan Anda.

Pakaian pun tak hanya bersih, tetapi juga wangi, segar, dan menenangkan.

7. Mengatasi stress

Salah satu cara untuk mengurangi atau meredakan stres adalah dengan mencium aromaterapi. Menggunakan minyak lavender sebagai aromaterapi merupakan ide yang cemerlang.

Anda bisa membuat semprotan lavender dan menyemprotkannya di ruangan untuk mendapatkan kegunaan minyak atsiri sebagai pereda stres.

Atau saat mandi di bath tub, teteskan lavender oil ke dalamnya. Dan Anda pun bisa merasakan rileks selama mandi dan setelahnya. Apalagi sepulang kerja dengan pikiran yang kacau akibat kerjaan yang menumpuk. Dengan aroma lavender ini, Anda akan kembali tenang dan rileks.

8. Meredakan nyeri

Saat mengalami nyeri otot, apa yang Anda lakukan? Diolesi balsam?

Nah, alternatif lain buat Anda yang sedang nyeri otot tapi tidak suka aroma balsam yang kuat, bisa pindah ke minyak lavender saja.

Langsung saja balurkan secara merata minyak lavender ke area yang nyeri atau sakit. Efek menenangkan yang dimiliki lavender sangat bagus untuk menangani masalah ini.

Manfaat minyak lavender ini juga bisa dipakai untuk meredakan nyeri atau sakit kepala, lho!

9. Mengobati luka

Pernah tiba-tiba jatuh dan terluka? Atau teriris pisau? Biasanya meski lukanya kecil, sakitnya bertahan lama, apalagi kalau kena air jeruk atau garam. Malah makin perih.

Nah, jika Anda terbiasa menyimpan minyak lavender di rumah, maka cukup teteskan minyak lavender ke luka tersebut.

Namun pastikan untuk hanya menggunakan 100% minyak lavender murni yang pure ya.

10. Mengatasi masalah jerawat

Manfaat minyak lavender untuk kecantikan salah satunya adalah mengatasi gangguan jerawat. Hal ini berkaitan dengan kemampuan minyak esensial untuk membunuh bakteri.

Sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat dan mencegahnya datang kembali.

Minyak esensial ini bisa mengecilkan dan menyumbat pori-pori serta mampu mengurangi peradangan saat Anda mengoleskannya di kulit.

Jika Anda tertarik merasakan khasiat lavender untuk jerawat, maka campurkan minyak esensial dengan minyak kelapa atau minyak lainnya. kemudian oleskan ke bagian yang berjerawat.

Setelah itu bilas hingga bersih.

Anda juga bisa memakai Sheet & Clay Mask yang Bagus untuk kulit berjerawat.

11. Meningkatkan fungsi otak

Selain apa yang ditulis di atas, kegunaan minyak atsiri lavender juga dikaitkan dengan otak. Yakni meningkatkan fungsi otak. Bahkan sudah ada penelitian yang mendukung hal ini.

Bahkan, lavender diklaim bisa membantu dalam perawatan alami penderita alzheimer, lho!

Jadi, tunggu apalagi. Kalau memang khasiat minyak lavender begitu banyak. Kenapa tidak sekarang saja kita mulai menyediakannya sebagai salah satu item wajib di rumah.

Kalau memang tidak punya minyaknya langsung, Anda tetap bisa kok merasakan kegunaan minyak atsiri atau manfaat essential oil lavender ini. Anda bisa mencari produk yang tersedia di pasaran dulu.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.