Apa itu Lipstik Matte? Perbedaan arti Glossy Satin Sheer Creamy

Share

Semakin kesini, brand-brand kosmetik gencar menghadirkan berbagai jenis lipstik baru. Lipstik-lipstik ini memberikan sentuhan akhir berbeda pada bibir Anda. Tak seperti dulu yang mungkin hanya satu atau dua jenis saja.

Dengan hadirnya banyak sekali jenis lipstik dengan hasil pulasan akhir yang berbeda ini kita bisa berkreasi dengan ketebalan bibir. Juga mendapatkan jenis lipstik yang sesuai dengan kebutuhan bibir dan kreasi tampilan akhir yang kita inginkan.

Sayangnya, saking banyaknya pilihan, kadang kita bingung memilih lipstik yang mana. Maka dari itu, kita harus mengenali apa itu lipstik matte, glossy, dll. Agar bisa mengenali perbedaan lipstik matte dan glossy serta jenis lipstik lainnya dengan lebih detail. Sehingga bisa memperoleh lipstik yang kita mau dan butuhkan dengan mudah.

Beberapa jenis lipstik yang sekarang makin trend adalah glossy, matte, tinted balm, hingga satin dan velvet. Semua jenis lipstik ini memberikan kesan yang berbeda saat dipakai. Ada yang memang fungsinya untuk melembabkan bibir, membuat bibir tampak penuh, dll.

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai beberapa perbedaan lip cream dan lip matte berikut jenis lainnya seperti satin, sheer, metalik, hingga velvet.

Perbedaan lipstik matte dan glossy, satin, sheer, creamy, metalik, velvet, dan tinted balm

Berikut adalah beberapa pengertian mendasar mengenai jenis lipstik yang memberikan pulasan akhir glossy, creamy, dll. Mari kita mulai!

Lipstik glossy – lip gloss

Apa itu glossy? Dalam dunia kecantikan, glossy diartikan sebagai sebuah tampilan bibir yang berkilau. Jadi, hasil akhir lipstik glossy akan terlihat berkilau di bibir Anda. Jenis produk yang biasanya digunakan untuk membuat tampilan glossy disebut lip gloss.

Glossy lips pernah trend di tahun 2000-an, lho! Ketika itu, banyak wanita yang senang memulas bibirnya menggunakan lip gloss, termasuk para selebriti.

Lip gloss terdiri dari berbagai macam warna dan bisa membuat tampilan bibir terlihat tebal dan penuh. Produk ini tidak hanya bisa dipakai sendiri (langsung ke bibir), melainkan bisa dipakai untuk menumpuk jenis lipstik lain di bibir Anda. Berfungsi sebagai top coat.

Tekstur lip gloss memang cenderung lengket sehingga beberapa wanita kurang nyaman memakainya. Namun demikian, produk lipstik yang glossy ini tetap sering dipakai oleh para selebgram, beauty vlogger, hingga selebritas tanah air.

Selain kesan glossy dengan tekstur lengketnya, produk ini biasanya juga bisa melembabkan dan menyegarkan bibir. Tak hanya itu, kini banyak brand kosmetik yang berlomba membuat produk lip gloss dengan tekstur yang lebih ringan dengan formula yang nyaman buat bibir.

Inilah yang kemudian menjadi alasan produk lip gloss kembali nge-trend dan makin disukai oleh banyak wanita. Remaja hingga dewasa.

Jika kamu suka produk maybelline, simak review maybelline lipgloss yang bagus untuk bibir.

Apa itu lipstik matte? Ini arti lipstik matte secara jelas

Sebelum kita bahas perbedaan lipstik matte dan glossy, ada baiknya kita tahu dulu apa itu lipstik matte.

Tampilan akhir matte sangat nge-trend akhir-akhir ini. Banyak sekali wanita yang suka menggunakan lipstik dengan hasil akhir yang terlihat kering tapi menempel dengan bagus di bibir. Lipstik matte juga membuat tampilan bibir terlihat penuh namun bebas dari kilauan.

Namun demikian, bukan berarti lipstik matte tak punya kelemahan. Lipstik matte ternyata tak hanya membuat tampilan akhir bibir menjadi kering, tetapi memang kulit bibir kita menjadi kering. Bahkan ada yang sampai pecah-pecah.

Selain itu, untuk mendapatkan pulasan yang sempurna, bibir kita harus lembab dulu sebelum dipulas menggunakan lipstik matte. Inilah yang disayangkan oleh banyak wanita yang sudah kadung senang dengan lipstik jenis ini.

Oleh karena itu, brand kosmetik berinovasi untuk menemukan formula lipstik matte yang tetap bisa menjaga kelembapan bibir. Dan hasilnya, kini sudah banyak tersedia lipstik matte yang tetap bisa memberikan dan menjaga kelembapan bibir.

Jadi, bibir pun aman dari pecah-pecah apalagi mengelupas.

Dari sini, kita bisa lihat perbedaan lipstik matte dan glossy ya?

Lipstik matte memberikan hasil pulasan akhir yang matte dan kering. Sementara glossy memberikan hasil akhir yang berkilau.

Warna lipstik matte menempel sempurna dan cenderung tahan lama. Sedangkan lipstik glossy memang tersedia dalam berbagai warna namun tidak tahan lama dan mudah luntur.

Meski demikian, keduanya bisa memberikan tampilan bibir yang terlihat penuh dan indah.

Sheer

Pernahkah Anda menemukan lipstik yang menawarkan hasil akhir sheer? Apa itu sheer?

Ini merupakan salah satu lipstik yang direkomendasikan untuk Anda yang suka dengan tampilan bibir natural. Lipstik ini juga bisa melembapkan bibir dengan warna yang transparan. Bibir pun tampak lebih segar dan sehat.

Jika Anda mau bibir terlihat lebih penuh, usapkanlah lipstik sheer beberapa kali. Selain itu, ketika membeli lipstik sheer, Anda mungkin perlu mencoba testernya. Karena warna pada kemasan bisa jadi berbeda dengan hasil pulasannya.

Lipstik creamy – perbedaan lip cream dan lip matte

Popularitas lipstik creamy mulai menanjak di tahun 2017. Lipstik ini memberikan kesan lembap di bibir, sedikit efek kilau, dan bebas dari efek kering di bibir.

Perbedaan lip cream dan lip matte sangat terlihat sekali. Di mana lip matte lebih kering dan tidak berkilau. Sementara lip cream bisa melembapkan bibir dan memberikan efek kilau meski sedikit.

Sesuai dengan namanya, lipstik creamy ini memiliki tekstur krim sehingga sangat mudah diaplikasikan dan terasa lembut di bibir.

Dengan memakai lipstik ini, bibir akan terasa lebih sehat, terawat, dan bebas dari kering. Hal ini karena lipstik ini biasanya dilengkapi dengan kandungan shea butter dan vitamin E.

Satin

Lipstik satin berada di tengah-tengah lipstik matte dan creamy. Lipstik ini bisa melembutkan dan melembabkan bibir namun masih di bawah lipstik creamy.

Lipstik satin juga memiliki sedikit efek kilau di bibir tak seperti lipstik matte yang flat dan kering. Jadi, lipstik satin ini arahnya lebih ke creamy. Namun masih di bawahnya.

Velvet

Lipstik velvet memiliki hasil akhir yang matte namun tetap memiliki sedikit kilau. Formula lipstik velvet ini tidak akan sepenuhnya mengering dan lembut di bibir.

Karena formulanya yang tidak mudah kering, lipstik ini juga menjadi favorit banyak wanita yang ingin tampilan matte tapi tetap mempertahankan kelembapan bibir dengan sedikit kilau yang indah.

Metalik

Apa itu lipstik metalik?

Sesuai dengan namanya, hasil akhir dari lipstik metalik memiliki kilau yang paling intens dibanding jenis lainnya. Namun, kilau ini berbeda dengan lipstik glossy, velvet, dan satin.

Lipstik metalik ini hadir dengan kilau yang mengarah ke warna silver, gold, dan bronze. Jadi, terlihat mengkilap dan futuristik. Seolah-olah bibir Anda bertabur loose pigment.

Lipstik ini bersifat memantulkan cahaya, bisa membuat bibir terlihat lebih nyentrik, unik, dan bold.

Tinted balm

Apa itu tinted balm atau tinted lip balm?

Ini merupakan salah satu lip balm yang memiliki fungsi melembapkan sekaligus menyehatkan bibir. Tinted balm berbeda dengan lip balm yang tidak memberikan warna pada bibir.

Tinted balm memberikan warna di bibir yang tidak sepekat warna lipstik. Jadi, hasil akhir warna tinted lip balm itu lebih ke warna semu natural. Warna-warna yang bisa membuat wajah terlihat segar secara alami.

Jika ingin tahu lebih jauh, bisa dilihat warna lipstik yang cocok untuk kulit sawo matang.

Itulah perbedaan lipstik matte dan glossy. Juga beberapa make up bibir yang bisa Anda coba. Jadi, tak perlu bingung lagi mau pilih lipstik mana ya? Pastikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi bibir Anda.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.