Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Rumus Volume dan Luas Permukaan Tabung atau Silinder

Diperbarui terakhir: 19 November, 2015


Rumus Volume dan Luas Permukaan Tabung atau Silinder dalam pembahasan kali ini merupakan salah satu materi dalam Bangun Ruang yang dibahas di Mapel Matematika kelas 6 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Seperti dua artikel sebelumnya tentang balok dan kubus, dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai rumus volume dan luas permukaan dari silinder atau tabung. Selamat menyimak.

Materi rumus volume dan luas permukaan tabung atau silinder berikut contoh dan pembahasannya

Jaring-jaring tabung atau silinder

Untuk memahami cara menghitung luas permukaan tabung, Anda perlu tahu tentang jaring-jaring tabung. Yang mana tabung merupakan bangun ruang yang diselimuti oleh 2 buah lingkaran dan 1 buah persegi panjang. Dua buah lingkaran pada tabung bertindak sebagai alas dan tutup. Seperti yang kita tahu, ketika membahas tentang lingkaran, maka kita akan mengenal diameter dan jari-jari. Di sini, diameter disimbolkan dengan huruf d, sedangkan jari-jari adalah r. Lantas, bagaimana jaring-jaring tabung? Berikut gambarnya untuk Anda.

Rumus Volume dan Luas Permukaan Tabung atau Silinder 1 - jaring-jaring tabung

Dari gambar kita tahu bahwa r = ½ d, atau jari-jari adalah setengah dari diameter. Lebih ringkas dan detailnya ditulis;

r = ½ d atau d = 2r

Luas permukaan tabung atau silinder

Seperti yang terlihat pada gambar jaring-jaring tabung, diketahui bahwa panjang dari persegi panjang sama dengan keliling lingkaran. Sementara ukuran lebarnya sama dengan tinggi (t). Maka dari itu, luas persegi panjang pada jaring-jaring tabung adalah;

Luas persegi panjang pada jaring-jaring tabung = keliling lingkaran x tinggi = 2πrt

Kemudian, luas permukaan tabung adalah penjumlahan dari luas dua buah lingkaran dengan luas persegi panjang di atas. Rumusnya adalah;

Luas permukaan tabung = luas dua lingkaran + luas persegi panjang

Luas permukaan tabung = 2πr2 + 2πrt

Luas permukaan tabung = 2πr (r + t)

Volume tabung

Kita sudah tahu rumus luas permukaan tabung atau silinder, maka untuk melanjutkan pembahasan tentang rumus volume dan luas permukaan tabung atau silinder, inilah rumus volume tabung yang perlu Anda pahami.

Rumus Volume dan Luas Permukaan Tabung atau Silinder 2 - rumus volume tabung

Volume tabung merupakan perkalian antara luas alas dengan tingginya. Dalam hal ini, karena alasnya berbentuk lingkaran, maka Anda harus menghitung luas lingkaran. Secara ringkas rumus volume tabung dituliskan sebagai berikut;

Volume tabung = Luas alas x tinggi = πr2t

Contoh dan pembahasan

Untuk memahami lebih jauh tentang materi rumus volume dan luas permukaan tabung atau silinder di atas, berikut adalah contoh dan jawabannya untuk Anda.

Sebuah tabung memiliki panjang jari-jari sebesar 28 cm dan tinggi 22 cm. Hitunglah panjang diameter, luas permukaan tabung, dan volume tabung tersebut!

Jawab

d = 2r = 2 x 28 = 56 cm

Luas permukaan tabung = 2πr (r + t) = 2 x 22/7 x 28 x (28 + 22) = 176 x 50 = 8.800 cm2

Volume tabung = πr2t = 22/7 x 28 x 28 x 22 = 54.208 cm3

Selain contoh dan pembahasan di atas, Anda juga perlu belajar tentang cara menghitung volume dan luas permukaan tabung menggunakan rumus volume dan luas permukaan tabung atau silinder melalui contoh-contoh lainnya. Sebab variasi soal semacam ini sangat banyak. Bisa jadi, Anda diminta untuk mencari luas permukaan saja, volume saja, jari-jari lingkaran, atau bahkan mencari volume dengan satuan yang berbeda. Misalnya dalam bentuk liter, mililiter, dan yang lainnya. Perbanyak latihan untuk mengasah kemampuan Anda.