Cara Cepat Dapat Kerja Buat Fresh Graduate Usai Lulus Kuliah

Cara Cepat Dapat Kerja Buat Fresh Graduate Usai Lulus Kuliah

Cara Cepat Dapat Kerja Buat Fresh Graduate Usai Lulus Kuliah

Setelah lulus kuliah S1, seorang fresh graduate akan dihadapkan pada dua pilihan besar. Yakni melanjutkan studi S2 atau bekerja. Namun tak dapat dipungkiri, sebagian besar akan memilih bekerja.

Dengan bekerja, seseorang berharap bisa meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Bisa bebas dari orang tua atau paling tidak lebih mandiri dengan menghasilkan uang sendiri.

Tak heran bila banyak sekali lulusan baru yang memadati area job fair. Mereka berusaha mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan ijazah dan skill yang baru mereka dapatkan dari bangku kuliah.

Tapi mencari pekerjaan buat orang yang baru lulus dan minim pengalaman tak semudah membalik telapak tangan. Untuk itu, diperlukan tips dan cara cepat dapat kerja buat fresh graduate usai lulus kuliah.

Sehingga bisa mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan dan mendapatkan penghasilan sendiri. Untuk menuju ke hidup yang lebih baik.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang susah mendapatkan pekerjaan. Namun, secara garis besar ada dua faktor, yakni faktor luar dan dalam.

Salah satu faktor luar adalah ketersediaan lapangan kerja. Sementara faktor dalamnya adalah ada di diri kita sendiri. Bagaimana skill kita, kemampuan kita dalam berbicara / berkomunikasi, dan lain-lain.


Apakah skill dan kemampuan kita itu dibutuhkan atau cocok dengan kualifikasi lowongan yang tersedia di perusahaan?

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai tips yang bisa teman-teman ikuti untuk bisa cepat dapat pekerjaan. Juga beberapa prospek kerja sesuai dengan jurusan yang sudah dipilih.

Cara cepat dapat kerja untuk fresh graduate: dari membuat CV hingga wawancara

Tips Mencari Kerja Buat Fresh Graduate Usai Lulus Kuliah

Berikut adalah beberapa tips mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah atau cara dapat kerja buat para fresh graduate:

Temukan minat / alasan melamar pekerjaan

Cara cepat dapat kerja yang pertama adalah Anda harus mencari minat Anda sendiri. Minat yang kuat biasanya disertai dengan kemampuan dan skill yang kuat pula. Terlebih, dengan mengetahui minat Anda, akan jauh lebih mudah memilih pekerjaan yang sesuai dan menemukan mana yang tepat buat diri Anda.

Cari tahu mendalam mengenai alasan melamar pekerjaan. Sebuah alasan kuat yang bisa menguatkan hati dan fisik Anda untuk memperjuangkannya. Misalnya:

  1. Ingin menghasilkan uang untuk biaya keluarga yang sakit
  2. Ingin segera mendapatkan uang untuk bisa melanjutkan kuliah
  3. Ingin segera menikah maka harus mengumpulkan uang dulu

Ada banyak alasan yang bisa Anda tulis dan dijadikan sebagai gol. Dengan alasan dan minat yang kuat, usaha yang dilakukan juga akan lebih maksimal. Tahan banting dan tak mudah menyerah.

Tidak terlalu fokus pada gelar

Masih banyak orang yang mempertimbangkan gelar ketika hendak melamar pekerjaan. Misalnya, dari sarjana teknik ke marketing bank dan yang lainnya. Ini sebenarnya tidak perlu dilakukan dalam cara cepat dapat kerja.

Perlu diketahui, pekerjaan adalah soal kemampuan, skill, dan pengalaman bekerja di satu bidang. Bukan tentang gelar dan keilmuan yang Anda dapatkan saja. Pekerjaan merupakan hal yang lebih kompleks dari itu.

Maka dari itu, jangan takut atau malu jika ada yang mulai berkomentar pekerjaannya kok tidak sesuai gelarnya ketika Anda sudah menerima pekerjaan.

Karena memang selalu saja ada orang yang akan berkomentar negatif (nyinyir). Yang perlu Anda lakukan adalah stay positive dan bergerak maju. Selama yang Anda jalani halal, kenapa harus ragu melakukannya.

Jejaring sosial bisa dimanfaatkan, manfaatkan internet dengan baik

Tips mencari kerja buat fresh graduate usai lulus kuliah selanjutnya adalah dengan berpikir kreatif mencari kerja lewat internet. Coba manfaatkan akun media sosial Anda untuk mencari kerja. Bukan hanya menunggu lowongan kerja dibuka. Sehingga ketika ada peluang dibuka, Anda sudah siap.

Selalu siap merupakan salah satu kunci cara cepat dapat kerja.

Cara melamar di jobstreet agar dipanggil / melamar kerja online

Salah satu situs informasi lowongan kerja yang sangat dikenal adalah jobstreet. Sekarang sudah banyak lulusan kuliah, baik fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman menjadi member jobstreet.

Lewat situs ini Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja yang sesuai bidang Anda setiap hari melalui email. Berikut adalah beberapa tahapan yang bisa Anda ikuti untuk bisa melamar kerja online dan memaksimalkan info lowongan kerja yang ada di situs job street, dan sejenisnya:

  1. Mendaftar

Untuk bisa mendapatkan informasi secara lebih cepat dan akurat, Anda bisa mulai mendaftar ke situs tersebut. Di part ini, Anda diminta untuk memasukkan nama, alamat email, dan kata sandi.

Anda bisa langsung klik di jobstreet lalu klik DAFTAR GRATIS.

  1. Validasi email

Setelah mendaftar, Anda akan diminta untuk memvalidasi email. Jadi, pastikan email yang Anda masukkan pada proses pendaftaran adalah alamat email aktif. Email yang sering Anda gunakan mungkin.

Jadi, saat ada email validasi, Anda bisa langsung klik dan akun Anda otomatis aktif.

  1. Mencari lowongan sesuai profil

Isi profil sesuai dengan diri Anda. Jangan berbohong. Jangan berlebihan. Karena profil yang Anda isikan ini terkait dengan lowongan yang akan Anda dapatkan.

  1. Mencari – melamar – memeriksa status lamaran pekerjaan

Dalam proses cara cepat dapat kerja ini biasanya perusahaan akan melihat CV yang Anda masukkan dalam akun jobstreet. Untuk itu, penting sekali untuk membuat CV yang menarik. Baik kata-kata maupun desainnya.

Sehingga kesan pertama orang yang melihat CV Anda akan langsung klik dan penasaran.

  1. Pastikan nomor HP yang Anda masukkan selalu aktif

Saat memasukkan profil, jangan lupa untuk memasukkan nomor aktif yang mudah dihubungi. Ini akan mempercepat akses saat ada perusahaan yang tertarik dengan profil Anda.

  1. Isi gaji dengan sesuai, jangan terlalu perfeksionis dan idealis

Ada kolom gaji yang Anda inginkan sebagai seorang fresh graduate. Saat hendak mengisi bagian ini sebaiknya Anda berpikir dengan lebih matang. Kenapa?

Anda perlu mempertimbangkan lowongan kerja apa saja yang lebih Anda pilih juga pengalaman Anda. Karena minim pengalaman, tentu permintaan gaji yang besar tak akan membuat profil Anda menarik.

  1. Aktif

Jika Anda ingin mencoba cara cepat dapat kerja, jangan hanya menunggu dipanggil. Ketika Anda sudah membuat akun dan berlangganan email, maka setiap hari atau setiap minggunya akan ada email lowongan kerja yang masuk. Bacalah dan pilihlah mana yang sesuai. Jika perlu lamarlah.

  1. Update informasi

Sekecil apapun perubahan dalam CV Anda, usahakan untuk segera di-update. Supaya keaktifan Anda juga terlihat dan profil Anda selalu baru.

Selain cara melamar di jobstreet agar dipanggil, Anda juga bisa membuat akun di situs lowongan lainnya seperti JobsDB agar pintu cara cepat dapat kerja Anda makin banyak.

Contoh CV Fresh graduate tanpa pengalaman dan dengan pengalaman

Saat jobfair, ada banyak CV yang akan masuk ke sebuah perusahaan. Bagaimana supaya CV Anda menjadi salah satu kandidat yang akan mereka panggil untuk menjalani serangkaian tes dalam cara cepat dapat kerja?

Salah satu caranya adalah dengan membuat daftar riwayat hidup sesuai dengan contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman atau dengan pengalaman.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya daftar riwayat hidup atau curriculum vitae Anda jadi menarik. Kami sudah mengulasnya lengkap dalam artikel tips menulis cv berikut contohnya secara lengkap disini.

Dalam artikel tersebut dijelaskan cara membuat cv fresh graduate secara bertahap dan rinci. Anda bisa mencobanya sebagai salah satu cara cepat dapat kerja.

Cara menghadapi interview kerja bagi pemula & pertanyaan interview kerja fresh graduate

Setelah dipanggil dan mengikuti serangkaian tes, maka langkah selanjutnya adalah mengikuti tes wawancara kerja.

Bagaimana supaya tidak grogi dan hasilnya bagus sesuai yang diharapkan?

Jawabannya ada di sini, dalam artikel yang sudah kami ulas tentang cara menghadapi interview kerja bagi pemula dan pertanyaan interview kerja fresh graduate.

Dalam link di atas diberikan contoh interview kerja dan jawabannya yang diplomatis supaya cara cepat dapat kerja dapat berhasil.

Tenang, pekerjaan pertama masih bisa berubah

Sebagai fresh graduate, Anda memang mencari perusahaan yang mau memberikan pengalaman bekerja kepada Anda. Namun jangan manut-manut saja.

Sebab tidak selamanya pekerjaan pertama akan menjadi pekerjaan terakhir buat Anda. Anda masih punya banyak peluang untuk mencoba hal baru dan merasakan pekerjaan selain pekerjaan pertama.

Tetap mengisi diri Anda dengan pengetahuan dan skill

Bagaimana jika belum rezeki kita mendapatkan pekerjaan tersebut?

Saat Anda masih menganggur, tetap aktif dan temukan serta asah skill Anda sebaik mungkin. Sehingga saat ada lowongan kerja serta ada panggilan datang, Anda sudah siap dengan skill yang terbarukan dan bisa bekerja lebih baik.

Tetap usaha dan berdoa (Doa agar cepat dipanggil kerja)

Usaha dan doa memang tidak boleh pernah berhenti. Anda harus melakukannya secara istiqomah. Berpikir positif dan bergerak maju menjadi ciri yang baik dari seorang yang siap dengan kondisi apapun, baik kondisi yang menyenangkan maupun memprihatinkan.

Untuk itu, selain bekal ilmu dan pengetahuan dari bangku sekolah dan kuliah, Anda juga harus menguatkan kemampuan berpikir dan logika Anda dalam berpikir. Sikap juga harus dibenahi dengan sebaik-baiknya.

Selain doa sendiri, Anda juga harus ingat, ada ibu yang memiliki doa tulus dan maqbul. Mintalah doa pada beliau, minta maaflah jika ada salah. Mintalah kelancaran atas setiap usaha yang Anda lakukan.

Ada banyak doa agar cepat dipanggil kerja / dimudahkan urusan berbahasa arab yang bisa Anda panjatkan. Akan tetapi pastikan Anda memohon dengan sepenuh hati. Jadi, Anda sebenarnya bisa menggunakan doa agar cepat dapat kerja berbahasa indonesia. Mintalah sesuai dengan yang Anda perlukan. Istiqomah.

Sholat dluha, membaca alquran, dan sholat tahajud secara rutin. Tapi lakukan hanya karena Allah ya. Bukan karena ada maunya saja.

Usaha sendiri

Jika memang Anda memiliki kreativitas, cobalah buka peluang. Dari pada menunggu peluang dari perusahaan lain datang kepada Anda, bukankah menciptakan peluang buat diri Anda dan orang lain juga lebih bermanfaat?

Dewasa ini ada banyak sekali usaha tanpa modal yang bisa Anda coba. Misalnya berjualan produk kecantikan, minuman kesehatan, jadi youtuber, dll. Semuanya merupakan peluang dan insyaAllah halal.

Itulah beberapa cara dapat kerja buat para fresh graduate, dari SMA, D3, S1, atau bahkan S2. Sekarang, mari kita lihat beberapa pilihan gaji dan prospek kerja untuk beberapa jurusan.

Gaji fresh graduate

Gaji fresh graduate

Mengetahui rata-rata gaji fresh graduate juga merupakan info penting untuk negosiasi gaji dalam tips nego gaji. Berikut adalah beberapa informasi gaji untuk lulusan baru / gaji fresh graduate yang kami rangkum dari alphapay:

Bidang keuangan dan perbankan

Diolah dari berbagai sumber, berikut rata-rata gaji (bukan patokan dan eksak) untuk fresh graduate yang bekerja di bidang keuangan dan perbankan. Gaji-gaji di bawah ini juga nantinya harus disesuaikan dengan posisi yang dilamar:

Nama lembagaKisaran gaji per bulan
Bank IndonesiaRp 9.000.000,- s.d. Rp 11.000.000,-
BPKRp 5.000.000,- s.d. Rp 6.000.000,-
Dirjen PajakRp 6.000.000,- s.d. 8.000.000,-
KemenkeuRp 5.000.000,-
Dirjen Bea CukaiRp 6.000.000,- s.d. 8.000.000,-
OJKRp 9.000.000,- s.d. 16.000.000,-
Sekretariat negaraRp 3.000.000,- s.d. 5.000.000,-
BRIRp 5.000.000,- s.d. 6.000.000,-
Astra Credit CompanyRp 5.000.000,-
HSBCRp 6.000.000,- s.d. 7.000.000,-
CIMBRp 5.000.000,-
BNIRp 5.000.000,-
MandiriRp 4.000.000,- s.d. 5.000.000,-
BCARp 6.000.000,-
CitibankRp 8.000.000,-
Bank MuamalatRp 4.000.000,- s.d. 5.000.000,-
BukopinRp 6.000.000,- s.d. 7.000.000,-
BFIRp 3.000.000,-
Bank Mikro (DSP, Mandiri Mikro, dll)Rp 3.000.000,-

Gaji di atas adalah kisaran pada tahun 2019. Bisa saja ada yang mendapat di bawahnya maupun di atasnya. Ada yang disebutkan gapok, ada yang sudah THP.

Bidang consulting dan sekuritas

Berikut adalah beberapa gaji fresh gaduate yang mau melamar di bidang consulting dan sekuritas:

LembagaKisaran gaji per bulan
McKinseyRp 8.000.000,- s.d. 9.000.000,-
AT KearneyRp 15.000.000,- s.d. 17.000.000,-
DeloitteRp 5.000.000,- s.d. 7.000.000,-
Ernst & Young (EY)Rp 4.000.000,- s.d. 8.000.000,-
Goldman SachsRp 35.000.000,- s.d. 50.000.000,-
Boston Consulting GroupRp 6.000.000,- s.d. 10.000.000,-
DanareksaRp 4.000.000,- s.d. 5.000.000,-
AccentureRp 4.000.000,- s.d. 5.000.000,-
JP MorganRp 9.000.000,- s.d. 12.000.000,-

Gaji di atas adalah kisaran, bisa di atas maupun di bawahnya.

Bidang kesehatan

Jika Anda adalah lulusan kesehatan, berikut adalah beberapa daftar gaji fresh graduate apoteker, dokter, dan perawat:

Lembaga/nama posisiKisaran gaji per bulan
ApotekerRp 2.000.000,- s.d. 5.000.000,-
Dokter umum RSRp 5.000.000,- s.d. 9.000.000,-
PerawatRp 2.000.000,- s.d. 5.000.000,-
Dokter umum klinikTergantung pasien rata-rata Rp 200.000,- s.d. Rp 1.000.000 per hari atau per bulan THP sekitar 3 – 15 juta rupiah

Kisaran gaji di atas bisa berubah, tergantung tempat kerjanya (daerahnya) dan beban kerja.

Bidang IT

Kemajuan teknologi sangat pesat. Lulusan IT semakin dicari. Prospeknya bagus. Dan gaji mereka adalah:

  • Untuk programmer biasanya digaji di kisaran 4 – 6 juta rupiah per bulan. Namun demikian, ada yang mendapatkan gaji sampai 10 juta rupiah lho. Beberapa perusahaan yang berani menggaji segini adalah Henan Putihrai, Astra Otoparts, dan Buana Karya Bhakti.
  • Konsultan IT biasanya memiliki gaji yang cukup tinggi. Di antaranya adalah: IBM (12 sampai 15 juta rupiah), Oracle (8 sampai 10 juta rupiah), dan Hewlett Packard (antara 11 sampai 13 juta rupiah)
  • Software engineer gajinya 5 – 10 juta rupiah per bulan.

Gaji di atas bisa jadi berbeda dengan yang terjadi di lapangan.

Bidang teknik di beberapa perusahaan

Berikut adalah gaji-gaji untuk lulusan teknik yang bisa dirangkum:

LembagaKisaran gaji per bulan
ChevronRp 10.000.000,- s.d. Rp 14.000.000,-
Conoco PhillipsRp 6.000.000,- s.d. Rp 14.000.000,-
CNOOCRp 5.000.000,- s.d. Rp 9.000.000,-
KUFPECRp 6.000.000,- s.d. Rp 14.000.000,-
PertaminaRp 4.000.000,- s.d. Rp 8.000.000,-
Star EnergyRp 10.000.000,- s.d. Rp 14.000.000,-
ENIRp 4.000.000,- s.d. Rp 11.000.000,-
TotalRp 8.000.000,- s.d. Rp 19.000.000,-
Tately NVRp 8.000.000,- s.d. Rp 18.000.000,-
Krakatau SteelRp 5.000.000,- s.d. Rp 7.000.000,-
ANTAMRp 5.000.000,- s.d. Rp 7.000.000,-
PT TimahRp 5.000.000,- s.d. Rp 6.000.000,-
ExxonRp 14.000.000,-
ArutminRp 8.500.000,-
Adaro EnergiRp 9.000.000,-
Berau CoalRp 9.000.000,-
Kellog Brown & RootRp 5.000.000,-
PHE ONWJRp 13.000.000,-
British petroleumRp 13.000.000,-
FreeportRp 14.000.000,-
BukitasamRp 7.000.000,- s.d. Rp 8.000.000,-
KPCRp 7.000.000,- s.d. Rp 8.000.000,-
Schlumberger jakarta BaseRp 10.000.000,-
DjarumRp 5.000.000,-
SampoernaRp 8.000.000,-
KraftRp 4.000.000,- s.d. Rp 6.000.000,-
Johnson & JohnsonRp 4.000.000,- s.d. Rp 5.000.000,-
NestleRp 5.000.000,- s.d. Rp 6.000.000,-
Danone StarRp 4.000.000,- s.d. Rp 5.000.000,-
P&GRp 7.000.000,- s.d. Rp 8.000.000,-
UFLP UnileverRp 6.000.000,- s.d. Rp 8.000.000,-
Nissan MotorRp 4.000.000,-
Astra Daihatsu MotorRp 6.000.000,-
Toyota Manufacturing Motor IndonesiaRp 8.000.000,-
Samsung IndonesiaRp 6.000.000,- s.d. Rp 8.000.000,-

Itulah beberapa informasi gaji fresh graduate yang bisa dirangkum dan disampaikan. Ingat bahwa gaji di atas adalah kisaran. Bisa kurang bisa lebih. Disesuaikan juga dengan kemampuan, perusahaan, dan beban kerja.

Jurusan paling dibutuhkan 5 tahun kedepan

Jurusan paling dibutuhkan 5 tahun kedepan

Buat teman-teman yang saat ini baru lulus SMA dan sedang bingung memilih jurusan, maka pastikan memilih jurusan umum yang saat teman-teman lulus nanti prospeknya bagus.

Berikut adalah beberapa jurusan yang paling dibutuhkan 5 tahun ke depan, prospeknya bagus untuk anak IPA maupun IPS:

Matematika

Banyak lulusan matematika yang mungkin merasa bingung mau jadi apa. Mayoritas lulusan matematika beranggapan bahwa prospek kerjanya adalah menjadi guru atau dosen. Tapi tahukah Anda kalau ada prospek kerja lainnya?

Yups, jurusan matematika, khususnya matematika murni bisa menjadi salah satu jurusan paling dibutuhkan 5 tahun ke depan. Anak jurusan matematika bisa mengambil fokus ke komputasi atau program komputer.

Dengan mengambil jurusan tersebut, Anda bisa mengambil kerja di bidang IT. Seperti bikin software, aplikasi, atau semacamnya.

Terlebih lagi, anak Matematika juga bisa masuk ke berbagai bidang pekerjaan seperti perbankan, lembaga keuangan, asuransi, dll.

TI

Sesuai dengan namanya, TI merupakan salah satu jurusan yang paling banyak perkembangan di masa kini dan akan datang. Karena anak TI selalu dibutuhkan untuk membuat program, software, aplikasi, dan yang lainnya mengikuti perkembangan teknologi.

Berbeda dengan anak Matematika yang saat kuliah juga belajar aljabar dan analisis, anak TI cenderung lebih fokus pada pemrograman komputer. Jadi, ilmu yang didapat cakupannya akan lebih luas juga.

Anak TI juga banyak yang bisa membuka usaha sendiri sesuai dengan bidang ilmu yang mereka tekuni sebelumnya. Entah itu membuat website, aplikasi, maupun membuka usaha servis hardware komputer, laptop, atau gadget lainnya.

Desain

Panggung untuk anak desain masih terbuka lebar 5 tahun yang akan datang. Jika Anda suka seni dan punya bakat, maka kembangkanlah dengan baik.

Sebab bisa jadi, Anda akan mendapatkan banyak uang dengan prospek kerja yang baik lewat jurusan ini.

Ilmu kesehatan

Tenaga kesehatan baik itu dokter, bidan, apoteker, maupun perawat tampaknya masih terbuka peluangnya 5 tahun ke depan. Jurusan yang lebih ke praktis dan teknis ini juga memiliki gaji yang lumayan banyak. Jadi patut untuk dicoba.

Bahasa daerah

Peminat jurusan ini sangatlah sedikit. Inilah yang kemudian membuat persaingan di dalam dunia kerja juga tak seintens jurusan lainnya.

Padahal regenerasi guru bahasa daerah perlu ada dan salah satunya bisa jadi Anda orangnya.

Teknik arsitektur dan planologi

Tak banyak orang yang lahir dengan bakat menggambar dan berhitung. Akan tetapi Anda bisa mencoba jurusan ini, lho!

Melihat pembangunan besar-besaran yang dilakukan di Indonesia, sudah tentu jurusan yang berhubungan dengan pembangunan akan sangat prospek.

Akan tetapi Anda harus sungguh-sungguh jika memilih jurusan ini. Sebab persaingan di dunia kerja juga lumayan ketat.

Akuntansi / Ekonomi Manajemen

Salah satu jurusan yang bisa diambil anak IPS adalah akuntansi dan ekonomi / manajemen. Jurusan yang satu ini memang selalu ramai peminat. Namun demikian, dengan ketekunan dan sungguh-sungguh bisa jadi Anda akan mendapatkan pekerjaan yang cocok dengan masuk ke jurusan ini.

Sebab lulusan akuntansi dibutuhkan di semua perusahaan dari perusahaan kecil hingga besar. Bahkan, Anda bisa bekerja di perusahaan konsultan atau membuka jasa konsultan sendiri.

Masih banyak jurusan paling dibutuhkan 5 tahun kedepan, seperti Fisika, Kimia, Biologi, Pendidikan Agama Islam, Bahasa Arab, Ekonomi Syariah, Ilmu hukum, Teknik Kimia, dan teknik lainnya.

Namun kalau sudah masuk dunia kerja memang kita harus banyak berdoa karena itu soal rezeki. Berusaha dengan baik, bersungguh-sungguh, dan terus istiqomah.

Prospek kerja

prospek kerja beberapa jurusan di Indonesia

Berikut adalah beberapa prospek kerja beberapa jurusan di Indonesia:

10 prospek kerja administrasi bisnis

Berikut adalah beberapa prospek kerja administrasi bisnis dan gajinya:

  1. Staf HRD, gaji mulai Rp 3 juta.
  2. Konsultan bisnis, gaji mulai 5 jutaan.
  3. Staf pemasaran, gaji mulai 3 juta.
  4. Dosen, gaji bervariasi
  5. Manajemen perusahaan, gaji mulai 5 jutaan rupiah.
  6. Staf administrasi, gaji mulai 3 jutaan.
  7. Guru SMK, gaji bervariasi.
  8. Pegawai bank, gaji mulai 3 sampai 5 juta.
  9. PNS, gaji bervariasi.
  10. Pebisnis, bisa menentukan gaji sendiri.

Jika Anda memiliki jiwa bisnis dan memilih menjadi pebisnis, Anda bahkan tak hanya bisa menentukan gaji Anda tetapi juga gaji karyawan-karyawan Anda.

11 prospek kerja akuntansi / prospek kerja jurusan akuntansi

Anak akuntansi bisa menempati beberapa posisi prospek kerja jurusan akuntansi di bawah ini:

  1. Akuntan publik, gaji mulai 5 sampai 10 juta.
  2. Akuntan privat, gaji 5 sampai 10 juta rupiah buat pemula.
  3. Analis keuangan, gaji bervariasi bisa 10 juta rupiah per bulan.
  4. Konsultan pajak, gaji bervariasi mencapai puluhan juta rupiah.
  5. Auditor internal, gaji mulai 5 sampai dengan 10 juta rupiah.
  6. Receivable clerk (bagian utang piutang), gaji sekitar 5 jutaan rupiah.
  7. Analis kredit, gaji sekitar 5 sampai 7 juta per bulan.
  8. Akuntan pendidik, gaji sekitar 5 juta rupiah.
  9. Ahli keuangan pemerintah, gaji sekitar belasan hingga puluhan juta rupiah.
  10. Pegawai bank, gaji bervariasi.
  11. Perencana keuangan, gaji tergantung keputusan dengan klien.

Prospek kerja jurusan akuntansi juga bisa jadi pebisnis, lho!

10 prospek kerja hukum / prospek kerja jurusan hukum

Berikut ini adalah prospek kerja hukum. Lumayan banyak kok, tapi saingannya juga lumayan.

  1. Pengacara, gaji sekitar 6 sampai 20 juta per bulan
  2. Hakim, gaji bervariasi. Bahkan ada yang ratusan juta.
  3. Notaris, gaji terendah sekitar 4 juta rupiah.
  4. Dosen, gaji bervariasi.
  5. Jaksa, lumayan besar gajinya.
  6. Diplomat, gajinya bervariasi dan lumayan besar.
  7. Staf kementrian, gaji bervariasi. Sekitar 5 juta rupiah minimal.
  8. Polisi, gaji mengikuti upah negara.
  9. Pengusaha, bisa menentukan gaji sendiri.
  10. Konsultan hukum, bayaran dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Ternyata anak jurusan hukum banyak sekali ya gajinya. Prospeknya juga lumayan keren, kebanyakan di pemerintahan. Bisa juga buka kantor sendiri dengan gaji dan penghasilan yang mengikuti keputusan dengan klien.

11 prospek kerja jurusan administrasi negara

Jika Anda memutuskan untuk memilih jurusan administrasi negara, berikut adalah prospek kerja jurusan administrasi negara:

  1. Staf legislatif, gaji belasan juta rupiah.
  2. Aparat pemerintah, gaji 5 juta hingga belasan juta rupiah.
  3. Konsultan pemerintah, gaji besar hingga puluhan juta rupiah.
  4. Anggota parpol, gaji bervariasi.
  5. Dosen, mulai 4 juta hingga 11 juta rupiah (bervariasi).
  6. Peneliti, gaji bervariasi.
  7. Asisten peneliti, untuk pemula Anda bisa menjadi asisten peneliti dulu. Gajinya bervariasi.
  8. Pegawai BUMN, gaji dari 5 sampai belasan juta rupiah.
  9. Jurnalis, gaji dari 5 juta sampai belasan juta rupiah.
  10. Aktivis organisasi masyarakat, gaji bervariasi.
  11. Lembaga keuangan, gaji bervariasi.

Anak IPS memang dikenal punya gaji besar ya? Asalkan nasibnya bagus dan mendapat pekerjaan yang pas.

10 Prospek kerja jurusan agribisnis

Ada cukup banyak prospek kerja jurusan agribisnis. Berikut di antaranya:

  1. Pengusaha, gaji bisa ditentukan sendiri.
  2. Pekerja pemerintah, misalnya PNS atau petugas pemerintah, gaji bervariasi.
  3. Pedagang komoditi baru, penghasilan mencukupi.
  4. Konsultan pertanian, gaji bervariasi.
  5. Pegawai Bappeda, gaji sesuai beban kerja dan kualifikasi Anda.
  6. Konsultan perusahaan agribisnis, gaji jutaan hingga belasan juta rupiah.
  7. Penulis, gaji bervariasi. Menulis tentang agribisnis.
  8. Pionir LSM, gaji bervariasi.
  9. Peneliti, gaji bervariasi
  10. Tenaga pendidik, gaji bervariasi.

Anda bisa memberikan penyuluhan dan bermanfaat di desa tempat Anda tinggal, lho!

11 Prospek kerja jurusan manajemen

Berikut ini adalah prospek kerja jurusan manajemen dan kisaran gajinya:

  1. Konsultan bisnis, gaji bervariasi. Bisa sampai puluhan juta rupiah.
  2. Manajer pemasaran, gaji sekitar 10 sampai 15 juta rupiah.
  3. Manajer SDM – HRD, gaji bervariasi.
  4. MT (manajemen trainee), gaji bervariasi tergantung perusahaan. Enaknya bisa dapat tunjangan dan jadi pegawai tetap.
  5. Perbankan, gaji mulai 3 juta per bulan.
  6. Perdagangan, gaji menentukan sendiri jika buka usaha sendiri.
  7. Manajer keuangan, gaji bervariasi. Bahkan bisa sampai 25 sampai 35 juta rupiah.
  8. Konsultan perbankan, gajinya lumayan besar. Belasan bahkan puluhan juta rupiah.
  9. Tenaga pendidik / dosen, gajinya bervariasi. Tergantung golongan kalau sudah PNS.
  10. Pebisnis atau pengusaha, gajinya bisa ditentukan sendiri.
  11. Akuntan, gajinya bervariasi

Bagaimana pun, untuk mencapai posisi dan gaji sedemikian rupa perlu usaha yang sangat besar. Serta konsistensi yang tidak pernah berhenti.

11 Prospek kerja jurusan Matematika

Di atas sudah disebutkan bahwa Matematika merupakan salah satu jurusan yang bakal populer 5 tahun yang akan datang. Berikut adalah prospek kerja jurusan Matematika untuk Anda:

  1. Ahli statistika. Gaji bervariasi.
  2. Gaji bervariasi.
  3. Ahli matematika. Gaji bervariasi.
  4. Gaji mulai dari 3 jutaan.
  5. Perbankan, gaji mulai 3 jutaan.
  6. Lembaga keuangan, gaji mulai 3 jutaan.
  7. Mengajar (dosen / guru), gaji bervariasi.
  8. Buka les / bisnis lainnya, gaji bervariasi (bisa ditentukan sendiri).
  9. Asuransi, gaji bervariasi.
  10. Menulis, gaji bisa menyesuaikan.
  11. Manajemen trainee, gaji bervariasi tergantung perusahaan. Pengalaman bisa sampai belasan juta rupiah.

Seorang lulusan Matematika bisa juga mengambil S2 tambahan untuk menambah kemampuan ilmunya. Keilmuan yang diambil bisa linier atau tidak. Terserah, tergantung keinginan dan kebutuhan. Tapi, jika Anda ingin menjadi dosen, sebaiknya linier.

10 Prospek kerja pendidikan luar sekolah

Jika Anda mengambil jurusan pendidikan luar sekolah dan bingung dengan prospek kerja pendidikan luar sekolah. Semoga daftar berikut bisa membantu:

  1. Dirjen PAUD, gaji 4 sampai 5 jutaan.
  2. Penilik pendidikan masyarakat, gaji 2 hingga 3 jutaan.
  3. Fasilitator PAUD, 2 sampai 3 jutaan.
  4. Badan pemberdaya masyarakat, gaji sekitar 2 sampai 3 jutaan per bulan.
  5. Tenaga lapangan pendidikan masyarakat, gaji 1 sampai 3 jutaan.
  6. Pengelola dan penyelenggara PNFI, gaji 2 hingga 3 jutaan.
  7. Dirjen pendidikan dasar dan menengah, gaji 3 sampai 5 jutaan.
  8. Administrasi PNFI, gaji 1 hingga 3 jutaan.
  9. Lembaga ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, gaji sekitar 1 sampai 3 jutaan.
  10. Laboran PNFI, gaji sekitar 2,5 juta rupiah per bulan.

Itulah beberapa prospek kerja pendidikan luar sekolah.

5 Prospek kerja jurusan teknik kimia untuk perempuan dan laki-laki

Berikut adalah beberapa prospek kerja teknik kimia untuk perempuan dan laki-laki:

  1. Bekerja di industri pangan.
  2. Bekerja di industri pengelolaan limbah.
  3. Bekerja di industri kosmetik (lagi trend untuk anak perempuan).
  4. Bekerja di industri minyak dan gas (lebih banyak buat cowok).

Itulah beberapa pilihan prospek kerja teknik kimia untuk perempuan / cewek plus cowok.

Untuk bisa lolos dan mendapatkan gaji yang tinggi Anda harus banyak berikhtiar dan berdoa. Menjalankan tips melamar kerja, tips lulus interview, dan tips wawancara user hingga tips nego gaji untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan memberikan manfaat buat kehidupan Anda.

Selalu bertawakkal kepada Allah dan positif.

Di samping itu, untuk mendapatkan gaji besar, Anda juga harus memiliki skill tambahan. Misalnya bahasa inggris. Kini banyak sekali tempat kerja yang mensyaratkan toefl bagus lho. Jadi, asah terus kemampuan Anda ya! semangat!

Jurusan S2 yang paling dibutuhkan

Ketika kita memilih jurusan S1, maka pandangan kita juga harus luas ke pilihan untuk melanjutkan studi sampai jenjang yang lebih tinggi. Dan jika pilihan Anda adalah untuk melanjutkan studi ke pasca sarjana. Berikut ini adalah jurusan S2 yang paling dibutuhkan sebagai bekal untuk mendapatkan pekerjaan:

  1. Teknik informasi
  2. Jurusan teknik
  3. Jurusan pendidikan dasar
  4. Jurusan bahasa inggris
  5. Jurusan matematika

Itulah beberapa pilihan jurusan buat Anda yang memang dari awal niat ingin jadi dosen dan membagikan ilmu kepada semua orang. Karena ilmu jika tidak diamalkan laksana pohon yang tak berbuah.

Hindayani, S.Si.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.

Kalau ada pertanyaan, Isi komentarnya di bawah ya!

avatar
  Subscribe  
Notify of