12 Fungsi Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Kesehatan Kecantikan

Share

Khasiat jamu kunir asem atau manfaat jamu kunyit asam sudah dikenal oleh sebagian besar wanita Indonesia. Fungsi kunyit asam yang paling dikenal adalah sebagai pereda nyeri saat menstruasi.

Banyak sekali wanita Indonesia yang sudah merasakan manfaat kunir asem. Mereka sudah membuktikan sendiri khasiat jamu ini untuk mengatasi nyeri haid secara ampuh tanpa efek samping.

Nah, kini jamu kunyit asam instan sudah banyak tersedia di minimarket. Minuman kemasan yang menyegarkan, tidak pahit, dan enak. Tentu saja keberadaan minuman ini makin menambah daftar alasan kenapa minum kunir asem worth it untuk dicoba.

Karena selain ampuh dan terbukti bagus untuk kesehatan, Anda bisa mendapatkan jamu ini dengan sangat mudah. Tak hanya itu, harga jamu khas indonesia ini pun sangat murah.

Apakah Anda sudah pernah mencobanya?

Jika belum, cobalah sesekali dan rasakan sendiri manfaatnya.

Lantas, apakah kegunaan jamu kunyit asam hanya untuk mengurangi nyeri haid saja? Ataukah ada manfaat kesehatan lainnya?

Ini 12 khasiat jamu kunyit asam untuk kecantikan dan kesehatan tubuh

Ada beberapa daftar fungsi kunyit asam selain mengatasi nyeri haid. Di antaranya adalah:

1. Khasiat jamu kunir asem untuk mengobati diare

Dalam kunyit asam terdapat senyawa atsiri yang serbaguna. Yaitu bisa memperlambat feses dan mengentalkan cairan feses. Fungsi ini jelas terkait dengan kemampuan kunyit asam untuk mengobati masalah diare.

Aturan minum kunyit asam untuk diare adalah dengan meminumnya di malam hari saat hendak tidur. Pagi harinya, perut akan lebih nyaman dan diare berkurang.

Cara lain yang bisa anda gunakan adalah memanfaatkan flaxseed oil untuk kesehatan pencernaan anda.

2. Mencegah keputihan

Salah satu manfaat kunyit untuk wanita adalah untuk mencegah dan mengatasi masalah keputihan. Kunyit berperan untuk mengurangi bau amis pada darah haid. Sementara asam bertugas untuk membersihkan sisa darah di dalam saluran kewanitaan.

Kedua herbal ini akan berpadu dan memberikan manfaat untuk menyeimbangkan hormon. Juga mencegah terjadinya keputihan sebelum dan pasca menstruasi.

3. Melancarkan menstruasi

Manfaat kunyit untuk tubuh salah satunya adalah untuk melancarkan menstruasi. Salah satu efek pemakaian kunyit yakni estrogenik. Artinya kunyit memiliki pengaruh terhadap hormon estrogen pada cewek. Efek estrogen inilah yang memiliki kaitan dengan kelancaran menstruasi.

Jadi, jika jadwal menstruasi Anda sering kacau. Cobalah minum kunyit asam, siapa tahu secara perlahan bisa teratur.

4. Manfaat kunyit untuk tubuh: menurunkan berat badan

Salah satu manfaat jamu kunyit asam untuk tubuh adalah kemampuannya dalam membantu diet menurunkan berat badan.

Asam jawa memiliki khasiat untuk meningkatkan metabolisme, menghambat produksi lemak, dan membuat mengoptimalkan kinerja sistem pencernaan.

Manfaat yang sama juga ditemukan pada kunyit. Secara bersama, keduanya bisa membantu untuk menurunkan berat badan secara bertahap.

Jika Anda berniat diet sehat dengan jamu ini baiknya membuat sendiri jamunya. Supaya bahannya bisa Anda kendalikan sendiri. Jangan tambahkan gula dalam ramuan jamu buatan Anda.

5. Khasiat jamu kunyit asam untuk kecantikan: sebagai ramuan awet muda

Jika ada yang bertanya khasiat kunyit asam untuk kecantikan, jawabannya adalah sebagai ramuan manjur agar awet muda.

Hal ini karena kandungan vitamin C dalam kunir asem bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Sementara kolagen sendiri memiliki banyak manfaat, di antaranya untuk mengencangkan kulit, meningkatkan elastisitas kulit, mencegah terjadinya keriput, dan lain-lain.

6. Manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan: mengontrol gula darah

Minuman jamu kunyit asam ini sangat cocok buat penderita diabetes, lho! Sebab memiliki manfaat untuk mengontrol gula dalam darah. Buat sendiri jamu kunyit asam Anda jika ingin mendapatkan manfaat ini.

Sebelum mulai meminum kunyit asam sebagai obat alami untuk diabetes, Anda bisa konsultasi dulu dengan dokter yang merawat Anda.

7. Manfaat kunir asem untuk anemia

Wanita yang kurang darah biasanya akan merasa lemas dan lemah saat haid. Aktivitas jadi terganggu dan rasanya ingin istirahat seharian.

Tenang, Anda bisa mulai minum kunyit asam secara rutin. Jamu herbal Indonesia ini tak hanya berfungsi untuk meringankan nyeri saat Anda haid tetapi juga menyegarkan diri Anda dan mencegah terjadinya anemia.

Dalam kunir asem terdapat kandungan zat besi yang amat penting bagi penderita anemia. Jika diminum secara rutin bisa membuat Anda tetap bugar jelang menstruasi.

8. Manfaat kunyit asam untuk mengatasi bau badan

Apakah Anda punya masalah bau badan yang cukup mengganggu? Sudah coba pakai deodoran, parfum, atau minyak wangi tapi tetap sama saja.

Cobalah mengatasi masalah ini dari dalam. Yakni dengan mengonsumsi makanan sehat, kurangi makanan yang bisa memicu bau badan seperti bawang, dan minumlah kunyit asam.

Manfaat kunyit asam untuk mengatasi bau badan sudah dikenal sejak jaman dulu. Meskipun Anda suka berolahraga dan memiliki keringat berlebih. Kunyit asam bisa menekan bau badan yang muncul akibat percampuran bakteri dan keringat Anda.

Meski belum ada studi ilmiah yang membuktikan manfaat kunyit asam ini, setidaknya Anda bisa mencobanya.

9. Manfaat jamu kunyit asam sebagai detoksifikasi

Tak dapat dipungkiri, pola makan dan gaya hidup yang tak sehat memicu masuknya racun dalam tubuh. Bagaimana cara memerangi racun ini?

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kunyit asam secara teratur. Fungsi kunyit asam sebagai penetral racun dan mendetoksifikasi tubuh secara lebih baik. Hasilnya, tubuh akan lebih bugar dan sehat.

10. Fungsi kunyit asam untuk kecantikan: membuat kulit lebih cerah

Dua jenis vitamin yang ada di dalam kunyit adalah vitamin A dan C. Dua vitamin ini sangat bagus impact nya untuk tubuh. Khusus pada kulit, dua vitamin ini bisa bergabung untuk memberikan manfaat cerah pada kulit Anda.

Jadi, jika Anda memiliki masalah kulit kusam, cobalah minum kunyit asam secara teratur. Ini merupakan usaha untuk mencerahkan kulit wajah dari dalam. Untuk mencerahkan kulit dari luar, Anda bisa pakai kunyit sebagai lulur tubuh.

11. Kunyit asam sebagai anti peradangan

Jika Anda mengalami radang, seperti radang tenggorokan. Anda bisa coba meminum jamu kunyit asam secara teratur. Namun pastikan dosisnya tak terlalu berlebihan agar tidak berakhir tidak baik.

Jika Anda memiliki masalah radang lambun, maag, ataupun masalah pencernaan lain. Maka cara baik yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkannya adalah dengan minum kunyit asam.

Sesuai pengalaman pribadi, kunyit bisa menenangkan dan membuat perut terasa lebih nyaman. Nyeri yang ada di perut pada saat maag bisa menghilang secara perlahan. Kualitas tidur juga bisa lebih baik.

Jika Anda ragu menambahkan asam pada jamu untuk mengobati maag ini. Anda boleh hanya memarut kunyit dan menyaringnya bersama air lalu diminum.

12. Manfaat kunyit untuk tubuh: sebagai antioksidan

Radikal bebas bisa mengakibatkan kerusakan sel tubuh. Dan untuk mengatasinya Anda bisa meminum kunyit asam.

Kunyit mengandung kurkumin yang ternyata memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang besar. Vitamin C dalam asam jawa juga bisa menjadi antioksidan tambahan.

Agar mendapatkan manfaat jamu kunyit asam secara lebih maksimal. Anda bisa bikin jamu kunyit asam sendiri di rumah. Biasanya dibuat dari kunyit segar, asam jawa, air, garam (opsional) dan gula jawa (bisa diskip sesuai kebutuhan dan masalah kesehatan yang sedang ingin ditangani).

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.