Virgin Coconut Oil: Manfaat VCO untuk Wajah dan Kesehatan Kulit

Share

Kepopuleran manfaat VCO untuk wajah dan kesehatan umum mungkin hampir sama dengan virgin olive oil (minyak zaitun). Keduanya sama-sama dicintai oleh mereka yang suka dengan produk-produk herbal alami.

Apakah Anda salah satunya? Jika belum, ulasan ini mungkin akan membuat Anda ingin mencoba manfaat virgin coconut oil.

Tahukah Anda jika khasiat dari minyak kelapa murni sangat banyak? Minyak ini didapat dari santan kelapa yang masih segar berkualitas tinggi. Kandungannya bisa dimanfaatkan untuk mempercantik diri dan menyehatkan badan.

Virgin Coconut Oil mengandung asam lemak yang sangat bagus untuk tubuh dan wajah kita, di antaranya adalah asam laurat dan oleat. Asam oleat dan laurat ini bersama-sama mampu memberikan khasiat lembab dan lembut pada kulit.

Tidak hanya itu, asam ini juga bisa mempercepat penyembuhan pada kulit. Yang lebih menarik, minyak kelapa sangat aman digunakan pada kulit dan tidak mengakibatkan iritasi.

Sayangnya, masih ada yang belum bisa membedakan minyak kelapa biasa dengan minyak kelapa murni atau VCO. Sehingga manfaatnya tidak bisa dioptimalkan dengan baik.

Untuk itu, dalam artikel ini kami akan mengulas mengenai manfaat VCO untuk wajah dan apa perbedaan minyak kelapa biasa dengan minyak kelapa murni (VCO).

5 manfaat virgin coconut oil untuk wajah, kulit, rambut, dan kesehatan mulut

Berikut ini adalah kegunaan VCO:

Khasiat VCO oil untuk rambut

Salah satu fungsi VCO untuk rambut adalah sebagai kondisioner. Minyak ini mengandung sejumlah kandungan penting buat rambut. Di antaranya adalah kalium, magnesium, dan kalsium yang bisa memperkuat akar rambut. Juga membuat rambut berkilau dan lembab.

Minyak ini bisa merawat kulit kepala, mengatasi masalah kulit kepala berminyak, kering, dan gatal.

Dalam kaitannya pada masalah rambut, minyak kelapa ini memang sangat ajaib. Sebab juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah ketombe dan rambut yang rusak akibat sering dicat dan ditreatment.

Anda pun bisa membuat masker rambut dari virgin coconut oil ini, lho. Selain itu, Anda juga bisa memadukannya dengan minyak kemiri untuk rambut berketombe.

Kegunaan VCO untuk diet dan tubuh

Salah satu manfaat vco untuk kesehatan adalah bisa dipakai untuk diet dan menjaga kesehatan tubuh.

Minyak ini bisa dipakai sebagai pengganti minyak sawit pada salad. Kenapa? Salah satu alasannya adalah karena asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa murni merupakan asam lemak yang mudah diserap oleh tubuh.

Sehingga tidak menyebabkan residu apalagi menumpuk dan meninggalkan cadangan lemak.

Selain itu, manfaat minyak VCO adalah sebagai stimulan metabolisme. Yakni bisa berperan sebagai booster untuk mempercepat metabolisme dan tetap menjaga tubuh supaya tetap sehat selama Anda diet.

Untuk mendapatkan hasil maksimal pada diet Anda, jangan gantungkan pada minyak kelapa murni saja. Anda perlu tambahan gizi dan vitamin dari makanan lainnya untuk kecukupan nutrisi.

Di samping itu, olahraga juga sangat diperlukan agar lemak yang sudah menumpuk dalam tubuh bisa dibakar dengan cepat. Bonusnya, Anda bisa turun berat badan secara sehat dan alami serta mendapatkan postur tubuh yang ideal.

Salah satu artis internasional, Miranda Kerr, memasukkan khasiat VCO ke dalam menu dietnya dan digabungkan dengan olahraga rutin.

Hasilnya 4 bulan setelah dia melahirkan, tubuhnya bisa kembali ke bentuk semula.

Manfaat vco untuk kulit wajah

Manfaat VCO untuk wajah salah satunya adalah untuk mencerahkan kulit. Minyak ini mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Inilah yang mampu merawat lembutnya kulit dan bibir, menghaluskan, dan memperlambat terjadinya proses penuaan.

Jika Anda memiliki masalah kulit kendur atau garis halus di wajah, maka VCO bisa menjadi salah satu item yang bisa Anda manfaatkan.

Minyak kelapa murni ini juga mengandung anti mikroba. Kandungan ini penting sekali untuk kulit dan wajah karena bisa memerangi bakteri yang bisa menimbulkan berbagai masalah kulit, salah satunya jerawat.

Terlebih lagi, minyak kelapa murni tidak merusak kulit saat digunakan. Jadi sangat aman.

Jika Anda butuh pembersih makeup atau makeup remover, minyak ini juga bisa difungsikan. Meskipun kulit Anda sensitif, minyak ini tetap aman dipakai dan bisa menghapus hasil riasan dengan cepat tanpa efek samping.

Selain untuk kecantikan wajah dan keindahan kulit sebagaimana dipaparkan di atas, manfaat virgin coconut oil adalah untuk mengatasi masalah kulit. Di antaranya adalah eksim, dermatitis, dan selulit / stretchmark. Bagi pria, minyak ini bisa digunakan untuk menenangkan kulit setelah bercukur.

Cara kerja manfaat virgin coconut oil untuk wajah dan manfaat vco untuk kulit wajah sangat cepat, tak meninggalkan bekas luka, tak menimbulkan iritasi, infeksi, dan masalah kulit bisa lekas teratasi.

Manfaat VCO untuk mulut

Manfaat VCO untuk kesehatan salah satunya terlihat pada mulut. Hal ini karena kandungan anti kuman dan antibakteri. Kandungan ini sangat berperan dalam menyegarkan nafas, memutihkan dan menghilangkan bau tak sedap.

Selain itu, jika Anda punya masalah pada gusi, bisa gusi berdarah, sariawan, atau masalah lain. Ini juga bisa dihindarkan dengan kandungan minyak kelapa murni itu.

Cara agar bisa mendapatkan khasiat virgin coconut oil di atas adalah dengan berkumur menggunakan virgin coconut oil 1 sdm selama 20 menit. Kemudian bilas mulut Anda menggunakan air garam.

Manfaat vco untuk kesehatan tubuh

Pada dasarnya minyak kelapa murni bisa membantu mengatasi masalah infeksi bakteri. Salah satu dari manfaat ini adalah keputihan, yaitu masalah kewanitaan yang biasanya disebabkan oleh jamur dan bakteri.

Selain itu, manfaat VCO untuk kesehatan adalah untuk mencegah sakit jantung, stroke, diabetes, dan artherosclerosis.

Cara membedakan virgin coconut oil dan minyak kelapa biasa

Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa secara maksimal, Anda bisa menggunakan minyak kelapa asli. Perbedaan minyak kelapa dengan minyak virgin coconut oil adalah:

Proses ekstraksi

Minyak kelapa biasa dan minyak kelapa asli berbeda dalam hal proses ekstraksi. Jika minyak kelapa biasa diambil dari daging kelapa yang dikeringkan. Setelah kering, kopra (daging kelapa kering) digiling dengan tambahan bahan kimia. Contohnya pelembab 6%.

Sedangkan minyak VCO adalah hasil ekstraksi dari santan kelapa segar. Proses yang harus dilalui adalah fermentasi, churning (yaitu pemisahan santan dengan lapisan minyak), pendinginan, dan selanjutnya pemberian enzim.

Enzim ini berguna sebagai pemisah antara santan yang lembab (berupa cairan) dengan minyak.

Bentuk dan komposisi

Perbedaan minyak kelapa biasa dan VCO kadang tidak bisa dilakukan secara kasat mata. Sebab perbedaan keduanya dalam hal bentuk dan komposisi berada di ukuran partikel.

Pada minyak kelapa biasa, terdapat endapan asam lemak. Sedangkan pada minyak kelapa original atau virgin terlihat bening seperti air dan tidak ada endapan sama sekali.

Untuk komposisi, pada minyak kelapa ada polifenol, mineral, dan vitamin. Sementara pada virgin coconut oil memiliki kandungan tambahan, yakni asam lemak (tanpa asam lemak non trans), kolesterol baik, dan vitamin E.

Aroma

Aroma VCO adalah segar seolah sedang menghirup air kelapa murni yang segar. Sedangkan aroma minyak kelapa biasa jika cukup lama dibiarkan akan berubah tengik.

Dengan mengetahui perbedaan ini, efektivitas manfaat VCO untuk wajah bisa Anda rasakan dengan cepat dan optimal.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.