9 Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuat Minyak Kelapa untuk Rambut

Share

Manfaat minyak kelapa untuk rambut bisa dirasakan tak hanya oleh wanita dewasa, tetapi juga anak-anak dan lansia. Berbagai macam masalah kesehatan rambut seperti kerontokan hingga ketombe bisa diatasi dengan minyak kelapa.

Anda mau coba? Eits, Anda harus tahu dulu cara membuat minyak kelapa untuk rambut jika ingin merasakan manfaatnya.

Meluangkan waktu untuk merawat rambut adalah pilihan yang sangat bijak. Karena cantik tak hanya dilihat dari wajahnya. Tetapi juga badan, gigi, dan rambutnya. Apakah semua bagian dari tubuh itu dirawat dengan baik atau tidak. (Baca masker spirulina untuk wajah).

Apalagi jika masalah rambut dibiarkan berlarut. Maka akan membuatnya makin parah. Hasilnya rambut kering, kusam, dan bercabang bisa berdampak pada kerusakan yang lebih parah.

Dalam kesempatan ini, kami rangkum beberapa manfaat dan bagaimana cara merasakan kegunaan minyak kelapa buat rambut Anda.

Cara membuat minyak kelapa untuk rambut yang mudah berikut manfaat dan fungsinya

1. Melembabkan rambut

Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat. Zat ini memiliki fungsi untuk melembabkan kulit kepala dan rambut.

Jika selama ini Anda bingung mencari solusi untuk rambut kering, maka inilah solusi yang pas dan layak dicoba. Selain karena manfaatnya memang bagus, menggunakan minyak kelapa juga tidak membutuhkan banyak biaya.

Anda cukup menyiapkan minyak kelapa asli, membeli VCO atau virgin coconut oil untuk rambut bisa menjadi pilihan yang bagus.

Kemudian, ikuti langkah mudah cara menggunakan minyak kelapa pada rambut berikut ini:

  1. Usapkan minyak kelapa murni secara langsung ke seluruh bagian rambut, termasuk kulit kepala.
  2. Bungkus kepala menggunakan handuk kecil.
  3. Diamkan selama kurang lebih seperempat jam sampai 20 menit
  4. Jika sudah, Anda bisa melepas handuknya.
  5. Cuci bersih rambut Anda.

2. Melembutkan rambut

Masing-masing orang punya rambut dengan jenis berbeda. Ada yang memang dari sananya sudah punya rambut lembut. Ada yang dikaruniai rambut yang kaku. Yang manakah rambut Anda?

Rambut apapun yang Anda miliki sekarang, tetap harus dirawat kelembutannya ya? Salah satunya adalah dengan memakai minyak kelapa.

Ini juga berguna untuk Anda yang biasanya bangun tidur dengan rambut berantakan seperti singa.

Anda bisa melakukan perawatan cepat dan mudah berikut untuk kembali mendapatkan rambut yang tertata rapi dan lembut:

  1. Oleskan minyak kelapa di rambut secara merata.
  2. Diamkan sebentar.

Nutrisi yang ada di dalam minyak kelapa mampu membuat rambut mudah diatur dan lembut.

3. Merangsang pertumbuhan rambut

Beberapa penelitian di Jepang menunjukkan bahwa memijat rambut memakai minyak kelapa dapat berdampak baik. Yaitu bisa melancarkan aliran darah di kepala.

Dengan aliran darah yang lancar, folikel rambut akan terangsang. Bonus akhirnya, pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan lebat.

Banyak peneliti yang masih meragukan hubungan antara rambut dan minyak kelapa. Untuk itu, diperlukan studi lanjutan yang lebih komprehensif.

4. Fungsi minyak kelapa untuk rambut rusak

Minyak kelapa memiliki kemampuan untuk meresap ke dalam kulit bahkan hingga akar rambut. Kemampuan minyak kelapa ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati rambut dari kerusakan akibat penataan yang berulang dan membuatnya rusak.

Minyak kelapa juga bisa dipakai untuk merawat rambut yang sering diwarnai supaya tetap sehat dan tidak rusak.

Manfaat minyak kelapa bagi rambut bercabang dan ujungnya kemerahan juga termasuk di sini. Di mana nutrisi minyak kelapa dapat terserap sempurna ke dalam rambut Anda.

Fyi, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Science oleh Rele AS dan Mohile RBJournal of Cosmetic Science oleh Rele AS dan Mohile RB disebutkan bahwa:

Penggunaan minyak kelapa pada rambut mengurangi kehilangan protein pada rambut yang rusak dan tidak rusak.

Minyak ini kaya akan asam laurat. Zat ini memiliki afinitas tinggi terhadap protein rambut.

Selain itu, dia juga bisa menembus batang rambut karena berat molekulnya rendah.

Cara menggunakan minyak kelapa bagi rambut rusak adalah dengan mengoleskannya langsung ke rambut. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin tanpa efek samping. Dan boleh digunakan sebagai perawatan sebelum dan sesudah keramas.

5. Cara membuat minyak kelapa bagi rambut berketombe

Ketombe atau dandruff sangat mengganggu, bahkan bagi wanita berhijab sekalipun. Hal ini karena ketombe bisa dengan mudah dilihat oleh orang yang sedang bercakap-cakap dengan kita atau dekat dengan kita.

Malu? Jelas.

Maka dari itu dibutuhkan manfaat minyak kelapa bagi rambut untuk menahan penyebab munculnya ketombe. Sebagaimana diketahui ketombe muncul salah satunya akibat peradangan kulit oleh bakteri dan virus.

Minyak kelapa bisa mengurangi adanya ketombe di kulit kepala dan melembapkannya. Anda bisa memasukkan minyak kelapa ke dalam rangkaian produk perawatan rambut Anda di rumah.

6. Menyehatkan kulit kepala dan rambut

Salah satu cara menggunakan minyak kelapa buat rambut adalah dengan mengusapkannya langsung ke rambut dan kulit kepala.

Jika cara ini dilakukan secara rutin, maka akan bisa memberikan efek sehat kulit kepala dan rambut. Selain itu juga bisa mencegah peradangan yang diakibatkan oleh ketombe. Hasilnya, Anda akan bisa melihat rambut yang berkilau sehat secara alami dengan biaya yang murah.

7. Manfaat minyak kelapa untuk rambut bercabang

Ujung rambut yang terbelah atau sering kita kenal dengan rambut bercabang cukup mengganggu pemandangan. Ujung rambut jadi terasa lebih kaku dibanding bagian atasnya.

Biasanya, kalau ini terjadi, apa yang Anda lakukan? Memotong rambut bagian ujung atau ada yang lain?

Selain dengan memotong, ada trik lain yang bisa dilakukan, yakni memakai minyak kelapa. Khususnya jika yang bercabang bukan keseluruhan ujung rambut, hanya sebagian kecilnya saja.

Cara bikin minyak kelapa buat rambut bercabang berikut bisa Anda coba di rumah:

Bahan yang perlu Anda siapkan adalah minyak kelapa dan minyak almon.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan minyak kelapa dan minyak almon sampai tercampur dalam satu wadah tertentu. Kemudian, oleskan ke rambut sambil dipijat. Pemijatan dilakukan secara perlahan, teratur, dan rata di seluruh rambut bercabang.

Diamkan beberapa menit kemudian bilas.

Lakukan perawatan rambut ini secara teratur untuk meminimalkan ujung rambut yang bercabang secara bertahap.

Jangan lupa untuk merawat tubuh juga agar mendapatkan postur tubuh ideal.

8. Cara bikin minyak kelapa untuk rambut beruban dan botak

Salah satu fungsi minyak kelapa untuk rambut bagi para lansia adalah mengatasi uban dan kebotakan. Sebenarnya, ini tidak berlaku untuk lansia saja. Sebab sekarang orang yang masih muda pun banyak yang sudah memiliki uban dan botak.

Coconut oil untuk rambut sudah digunakan sejak dulu untuk mencegah uban dan kebotakan dalam pengobatan ayurvedic. Dan ini sudah terbukti.

Jika Anda juga tertarik mencobanya, cara membuat minyak kelapa bagi rambut beruban dan botak sangatlah mudah.

Dari pengobatan ayurvedic, bahan yang harus disiapkan adalah daun bhringraj atau eclipta alba (urang-aring). Ambil cairannya saja. Lalu, masukkan dan campurkan cairan urang aring ke dalam minyak kelapa.

Setelah itu, pemakaian minyak kelapa pada kebotakan dan uban adalah dengan mengusapkan atau mengoleskan campuran ini ke kulit kepala dan rambut secara merata.

9. Kegunaan minyak kelapa bagi rambut rontok

Minyak kelapa sudah lama digunakan sejak zaman kuno untuk merawat rambut, salah satunya adalah rambut rontok.

Menurut Encyclopedia of Hair: a cultural history yang ditulis oleh Victoria Sherrow, pengobatan untuk rambut bisa menggunakan minyak kelapa. Salah satunya adalah rambut rontok.

Itulah beberapa manfaat minyak kelapa buat rambut yang sayang jika tidak dimaksimalkan.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.