31 Skrip Contoh Tanya Jawab Wawancara Bahasa Inggris + Arti

Share

Skrip Contoh Interview / Wawancara kerja Bahasa Inggris Beserta Arti dan Cara MenjawabMomen interview adalah waktu yang paling ditunggu oleh pelamar kerja. Selain mempersiapkan perkiraan skrip pertanyaan dari user/interviewer yang akan diajukan, hal terpenting yang harus Anda siapkan adalah kerapian dan mental.

Meskipun Anda pandai namun jika saat wawancara kerja Anda grogi maka bisa jadi momen ini akan terlewatkan begitu saja. Jika Anda sedang melamar pekerjaan yang mengharuskan interview dalam Bahasa Inggris dan bingung hendak memulainya, maka mungkin beberapa skrip contoh tanya jawab saat melamar kerja berikut ini akan membantu Anda.

Inilah skrip contoh interview/wawancara bahasa Inggris beserta arti dan cara menjawab

Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan saat wawancara kerja menggunakan bahasa Inggris yang biasanya terjadi saat anda melamar posisi Management Trainee atau Officer Development Program bersama Calon User / Calon Bos Anda.

Pertanyaan tentang identitas diri

User akan menanyakan beberapa contoh pertanyaan interview ini untuk mengorek kepribadian anda. Kuncinya, selalu berikan jawaban yang positif.

  1. What is your name? – Siapakah nama Anda?
  2. Please Introduce Yourself to me. – Silakan perkenalkan diri Anda kepada saya
  3. Which University did you graduate from ? – Lulusan dari universitas manakah Anda?
  4. Do you have any job experiences? – Apakah Anda memiliki pengalaman kerja?

Jika anda menjawab Ya, lanjut ke pertanyaan 5 dan 6. Jika tidak, lanjut ke pertanyaan 7 dan 8.

  1. How long did you work there for? – Merapa lama Anda bekerja di perusahaan tersebut?
  2. Why did you quit from your last job? – Mengapa Anda keluar dari pekerjaan lama anda?
  3. What are you doing during your college/school? – Apa saja yang anda lakukan sewaktu kuliah/sekolah?
  4. What are you doing during your free time? – Apa saja yang anda lakukan diwaktu senggang?

Untuk menjawab jenis pertanyaan di atas, kami sudah menuliskan 20 contoh perkenalan diri dalam bahasa inggris saat interview/wawancara yang bisa anda baca di bagian bawah artikel tersebut.

Pertanyaan tentang pengembangan diri

Calon bos anda akan bertanya perihal motivasi, kekuatan, kelemahan, kesuksesan, kegagalan, dan ambisi hidup anda. Jawablah dengan tenang dan positif. Jangan memberikan jawaban yang egois.

  1. What is your motivation applying here? – Apakah motivasi Anda melamar di perusahaan kami (di sini)?
  2. Please tell me your strength! – Beritahu saya, apakah Kelebihan Anda.
  3. What is your weakness? – Apa kelemahan anda?
  4. What is your greatest success story? – Apa kesuksesan terbesar anda?
  5. Can you tell me your biggest failure? – Dapatkan anda menceritakan kegagalan terbesar yang pernah kamu lakukan?
  6. Do you speak any other languages? – bahasa apa lagi yang Anda kuasai? Atau apakah Anda bisa bahasa asing lain?
  7. Do you have any ambition in your life that you want to achieve? – apakah Anda memiliki ambisi atau keinginan yang Anda ingin capai dalam hidup?
  8. If you do, what is it? / Please tell me! – Jika ada, apakah itu? / Tolong beri tahu saya!

Pertanyaan tentang pengetahuan perusahaan

Untuk menjawab pertanyaan ini saat inteview kerja dalam bahasa inggris, anda harus paham betul profil dan sepak terjang perusahaan. Selain itu, selalu kaitkan skill anda untuk menjawabnya.

Misalnya, jika anda dari jurusan akuntansi, maka jawablah pertanyaan tentang perusahaan dari segi laba, aset, pertumbuhan, dan opini laporan keuangannya.

  1. What do you think of this company? – menurut Anda, bagaimanakah perusahaan ini?
  2. Do you have any ideas or strategies in developing this company? – apakah Anda memiliki idea tau strategi bagaimana cara mengembangkan perusahaan ini?
  3. Do you have any other skills that will support your work? – apakah Anda mempunyai keahlian lain yang dapat mendukung kinerja Anda?
  4. Do you have any experiences in the same field? – apakah Anda memiliki pengalaman dalam bidang yang sama?
  5. How interested are you with this job? – Seberapa tertarik Anda dengan pekerjaan ini?
  6. Do you have relatives or friends working here? – Apakah anda memiliki kerabat atau teman yang bekerja di sini?
  7. Can you work in team? – Mampukah anda bekerja dalam sebuah tim?
  8. If you are accepted in this company, what are your short and long term plans? – Jika anda diterima di perusahaan ini, apa rencana jangka pendek dan jangka panjang anda?
  9. If you are not accepted in this company, what will you do? – Jika anda tidak diterima, apa yang akan anda lakukan?
  10. How much salary do you want if we hired you? – Berapa banyak gaji yang anda minta jika kami menerimamu?

Pertanyaan dengan User

Umumnya, interviewer pertama selalu bertanya mengenai kepribadian, kemampuan anda dalam mengambil hikmah, dan pertanyaan seputar perusahaan.

Khusus untuk interviewer kedua (dengan user/calon manajer anda), akan lebih spesifik bertanya mengenai pengetahuan sekolah/kuliah anda. Oleh karena itu, pertanyaannya akan berbeda-beda tergantung anda melamar kerja untuk posisi apa.

Saya akan memberikan contoh pertanyaan interview user dalam bahasa inggris di bidang akuntansi yang melamar menjadi auditor.

  1. What is accounting and auditing? What is the relationship of these two things? – Apakah akuntansi dan auditing? Apa hubungan dari kedua hal itu?
  2. How many audit opinions? – Berapa banyak opini audit?
  3. Can you tell me what is the difference between vouching and tracing? – Dapatkah anda menjelaskan perbedaan tracing dan vouching?
  4. what is internal control? – Apakah pengendalian internal itu?
  5. Dou you undertand IT based audit? Can you perform it? – Apakah anda memahami Audit berbasis IT? Dapatkan anda melakukannya?

Contoh wawancara kerja bahasa Inggris dialog – pertanyaan dan jawaban plus arti

Dalam dialog ini akan diceritakan beberapa skrip saat berdialog dalam ruang wawancara antara Hindayani (Pelamar) dengan Hamid (yang menginterview). Namun sebelumnya, ada baiknya anda juga membaca cara mengatasi kecemasan saat wawancara.

Hindayani: Excuse me Sir, May I come in? – Hindayani: Permisi, Pak. Boleh saya masuk?

Hamid: Yes, Please. Come in and have a seat. – Hamid: Ya, silakan masuk dan silakan duduk.

Hindayani: Thank you, Sir. – Hindayani: Terima kasih, Pak.

Hamid: So, your name is Hindayani, right? – Hamid: Jadi, nama Anda adalah Hindayani, benar?

Hindayani: Yes, That’s right Sir. – Hindayani: Benar, Pak.

Hamid: Ok Hindayani, I’m the head of HRD of this company. My Name is Hamid. So, Can you tell me about yourself, Hindayani? – Baik Hindayani, Saya adalah pimpinan HRD di perusahaan ini, nama saya Hamid. Dapatkan anda menceritakan tentang diri anda?

Hindayani: (ceritakan tentang diri Anda) misalnya, My Name is Hindayani, I’m 22 years old. I graduated from state Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang. I took Mathematics as my major. My hobbies are singing, reading, and writing that can improve my skill physically and mentally. – Nama saya Hindayani, saya berusia 22 tahun, saya lulus dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dari Jurusan Matematika. Hobi saya adalah menyanyi, membaca, dan menulis. Semua hobi saya itu dapat meningkatkan keahlian saya baik secara fisik maupun mental.

Ketika Anda ditanya tentang pengalaman dan Anda tidak memilikinya, Anda bisa menjawab :

No Sir, I’m a fresh graduated. This is my first time to apply a full time job – Saya baru lulus, Pak. Ini adalah kali pertama saya melamar pekerjaan full time.

Ketika Anda ditanya tentang alasan melamar satu posisi di perusahaan tersebut, maka jawablah dengan bijak. Misalnya dengan mengatakan bahwa bakat dan skill yang Anda miliki sangat tepat untuk mengisi posisi ini.

Selanjutnya, saat wawancara bahasa Inggris Anda ditanya tentang kelebihan dan kekurangan Anda. Maka untuk kelebihan; jawablah dengan kelebihan yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya, Anda melamar marketing;

My strength is my strong will to achieve target that I make, and I always do anything happily.

Selanjutnya, saat ditanya kekurangan, pilihlah kekurangan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.

Demikian informasi tentang contoh wawancara bahasa Inggris beserta artinya secara lengkap. Baca juga tips menulis CV untuk melamar kerja.

Mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda.

Hindayani.com

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.

View Comments