Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

5 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja, Cepat Capai Target




Cara meningkatkan produktivitas kerja tidak hanya bisa Anda lakukan sendirian, Anda butuh orang-orang sekitar Anda untuk mendapatkan kesuksesan Anda di dalam pekerjaan. Sebagaimana diketahui, manusia adalah makhluk sosial, sehingga tanpa orang lain, kesuksesan hanyalah sebuah mimpi. Seorang bawahan tidak akan sukses tanpa atasannya, begitu juga sebaliknya. Seorang atasan tidak akan bisa dikatakan sukses, ketika ia hanya sukses sendiri dan bawahannya hanya sebagai pesuruh yang tidak berkembang. Lalu, bagaimana cara mendapatkan kesuksesan dan meningkatkan produktivitas kerja?

Inilah 5 cara meningkatkan produktivitas kerja dan mencapai target yang diberikan oleh perusahaan

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja



Pertama, buatlah suasana kerja yang menyenangkan

Untuk mencapai kesuksesan bersama, buatlah suasana kerja yang sangat nyaman. Tidak hanya untuk Anda, tetapi juga untuk semua orang yang ada dalam lingkungan kerja Anda. Suasana kerja yang nyaman akan mengantarkan Anda pada kesuksesan bersama. Misalnya pencapaian target di bank, antara tim operasional dengan tim bisnis harus saling mendukung. Demi pencapaian target bersama, bukan target masing-masing tim saja.

Kedua, membangun semangat kerja sesama tim

Suasana yang nyaman dapat diciptakan jika ada kekompakan antara tim. Dan kekompakan ini akan tercipta ketika sesama tim dapat memberikan semangat kerja. Semangat kerja ini dapat berupa perkataan dan sikap yang positif serta tidak mengeluarkan keluhan-keluhan yang bisa membuat suasana pekerjaan menjadi dilingkupi rasa malas serta berimbas pada menurunnya etos kerja. Tidak dapat dipungkiri, terkadang pekerjaan yang melelahkan dapat membuat seseorang mengeluh dan ingin segera pindah pekerjaan. Akan tetapi perlu diingat bahwa hal ini tidak boleh Anda bawa ke lokasi kerja karena akan berimbas pada semangat semua orang di tim.

Ketiga, jangan buang waktu

Saat menggelar acara rapat bulanan, harian, atau meeting dadakan sekali pun, jangan banyak basa-basi apalagi mengulur waktu. Membiarkan waktu berjalan sedangkan solusinya mandek. Selain akan menimbulkan kejenuhan, bisa jadi anggota rapat juga akan merasa malas dengan kondisi rapat sehingga akan mempengaruhi mood saat akan digelar rapat di kemudian hari.

Keempat, reward itu penting?

Selanjutnya, cara meningkatkan produktivitas kerja juga bisa dilakukan dengan memberikan reward kepada seseorang yang berjasa. Misalnya, target 1 M untuk 5 orang atau 200 juta per orang. Siapa yang bisa memberikan kontribusi besar akan mendapatkan reward dari pimpinan berupa uang atau traktir makan. Selain akan memacu semangat kerja, hal ini akan membuat nafas kompetitif dalam tim semakin terasa.

Kelima, perputaran jabatan atau posisi

Tidak selamanya si A akan cocok dengan pekerjaannya di lapangan. Tidak selamanya juga si B akan cocok dengan pekerjaannya di dalam ruangan. Bagaimana pun rolling pekerjaan sangat dibutuhkan untuk menjaga produktivitas seseorang. Karena manusia pada titik tertentu bisa merasakan jenuh dengan pekerjannya tersebut.

Demikian informasi tentang cara meningkatkan produktivitas kerja yang dapat kami sajikan. Semoga Anda dan tim dapat meraih target yang diberikan oleh perusahaan secara bahu membahu.

 Semoga bermanfaat – hindayani.com

Leave a Reply