Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

6 Cara Memaintain Nasabah Agar Tidak Menunggak Pembayaran

Diperbarui terakhir: 28 Oktober, 2014


6 Cara Memaintain Nasabah Agar Tidak Menunggak Pembayaran – Akhir bulan merupakan hari-hari yang panjang dan sangat melelahkan bagi pegawai bank. Baik itu yang bekerja sebagai tenaga marketing, manager, hingga debt collector sekalipun. Selain karena target, ada hal yang harus dilakukan, yakni menyelesaikan tagihan dari para nasabah yang menunggak agar tidak loncat ke bulan depan. Di mana ketika ini terjadi akan terjadi pembengkakan yang tentunya akan berpengaruh kepada performa sebuah cabang maupun unit kerja.

Pada dasarnya, mudah saja melakukan cara-cara untuk membuat nasabah Anda tidak menunggak sehingga membuat Anda sibuk di akhir bulan. Cara mudahnya adalah dengan terus memaintain dan menjalin kerja sama dengannya. Mengetahui kondisi usaha dan keuangannya juga bisa jadi solusi terbaik. Namun lebih dari itu, adalah keterikatan emosional Anda dengan nasabah yang sangat dekat adalah kuncinya. Kali ini, hindayani.com akan meringkas beberapa tips mudah membina hubungan baik dengan nasabah agar tidak menunggak pembayaran. Tulisan ini didasarkan pada pengalaman pribadi penulis dan mohon tambahan serta koreksi jika ada yang keliru.

Ini dia 6 cara memaintain nasabah agar tidak menunggak pembayaran

Cara Memaintain Nasabah Agar Tidak Menunggak Pembayaran

Pertama, main/kunjungan

Maintain identik dengan bermain. Ya, cobalah datangi nasabah Anda rutin. Jika perlu, hitung seluruh nasabah yang ada di bawah tanggung jawab Anda dan mulailah membuat jadwal kunjungan. Saat membuat jadwal kunjungan, buatlah prioritas terlebih dulu mengenai jumlah hutang nasabah, tangga; jatuh tempo, dan karakter yang Anda tahu dari hasil BI Checkingnya. Main ke rumahnya selain akan mempererat silaturahmi, membuat Anda lebih dekat dengan mereka, juga akan membuat Anda dapat memperkirakan kondisi keuangannya.

Kedua, keterikatan emosional

Cara memaintain nasabah agar tidak menunggak pembayaran selanjutnya adalah dengan membentuk keterikatan emosional. Saat Anda sudah sering main, dengan otomatis akan terbentuk keterikatan emosional antara Anda dan nasabah. Nasabah juga tidak akan sungkan untuk curhat kepada Anda layaknya teman. Dampak positif dari hal ini adalah Anda bisa memberikan saran, pun sebagai sahabatnya.

Ketiga, jalin komunikasi yang baik

Jika jarak yang jauh tidak memungkinkan Anda untuk datang dan main ke rumahnya. Cobalah untuk berkirim pesan, menelepon, atau yang lainnya. Namun ingat, jangan hanya melulu membahas hutang dan tanggungannya kepada bank. Melainkan sekedar tanya kabar. Jalin komunikasi yang baik sebagai sahabat bukan sebagai orang yang sedang menagih hutang. Cara memaintain nasabah agar tidak menunggak pembayaran yang ketiga ini mudah untuk dilakukan. Akan tetapi Anda tetap harus meningkatkan skill berkomunikasi dengan nasabah Anda.

Keempat, ketika nasabah enggan dikunjungi

Ada tipe orang yang merasa tidak nyaman didatangi ke rumahnya. Tipe nasabah seperti ini biasanya akan marah ketika Anda main ke rumahnya dan disaksikan oleh tetangga. Untuk itu, Anda perlu berkomunikasi terlebih dulu sejak awal dengan mereka. Kesalahpahaman sedikit bisa membuat kredit yang tadinya berpotensi sehat akan macet. Cara memaintain nasabah agar tidak menunggak pembayaran satu ini bisa Anda lakukan saat kredit dicairkan.

Recommended! Cara Cepat Mencari Nasabah Bank Paling Mudah

Kelima, carikan solusi

Jangan hanya menuntut mereka untuk membayar hutangnya saja. Sebaliknya cobalah membantu mencarikan solusinya. Dengan cara ini, nasabah akan lebih respect dan menghormati Anda. Ketika ada masalah dengan kreditnya, segera kasih tahu secara detail. Bagaimana dampaknya jika tidak dibayar dan akan berakibat apalagi pada keluarganya. Jika perlu, Anda bisa berbincang dari hati ke hati.

Keenam, restruktur

Ketika Anda sudah paham dengan kondisi keluarga nasabah dan terjadi penurunan performa usaha atau keuangan. Segera sarankan untuk memperpanjang tenor atau bisa disebut restruktur. Cara ini akan memperkecil nilai angsuran bulanan dan tidak akan memberatkan mereka. Selain baik untuk bank, ini juga baik untuk nasabah. Dia memiliki cukup masa untuk menata kembali usahanya yang sedang terpuruk.

Demikian informasi tentang cara memaintain nasabah agar tidak menunggak pembayaran dengan baik. Kuncinya adalah perlakukan nasabah layaknya manusia yang patut direspect dan ddihormati. Namun, jangan lupa untuk tetap tegas. Semoga bermanfaat.

Mohon sharingnya di kolom komentar jika ada pengalaman dari para pembaca sekalian yang pernah bekerja di Bank.

Salam – hindayani.com

Leave a Reply