Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

5 Cara Cepat Mencari Nasabah Bank yang Paling Mudah, Pengalaman Kerja di Bank

Diperbarui terakhir: 9 Juni, 2014


Cara cepat mencari nasabah bank ini menjadi salah satu ide kreatif karyawan bank yang bisa diterapkan saat sudah diterima sebagai marketing di bank, perusahaan finance, maupun perusahaan asuransi. Pada dasarnya, ketiga hal ini memiliki keunikan masing-masing, karena perusahaannya juga berkembang di bidan yang berbeda meski masih dalam satu rumpun, yakni bidang jasa. Oleh karena itu, saya akan mengajak Anda untuk menganalisa lebih detail bagaimana cara mencari nasabah bank, baik itu untuk pinjaman (AO lending) maupun untuk tabungan (AO funding).

Cara Cepat Mencari Nasabah Bank yang Paling Mudah

Seperti diketahui, tidak semua orang bisa berjualan dengan mudah, tetapi dua hal yang harus dimiliki oleh seorang marketing adalah niat dan tahan banting. Jika Anda punya mimpi, maka secara otomatis, Anda akan memiliki keduanya. Kecuali jika mimpi Anda sama dengan mimpi Anda saat sedang tidur yang Anda biarkan menguap begitu saja. Mimpi yang benar saat Anda terbangun dan sadar adalah mimpi yang Anda wujudkan. Jika Anda bermimpi saat masih sadar dan tidak berusaha mewujudkannya, berarti saat ini Anda sedang tidur dan belum terbangun.

Dua hal yang saya sebutkan di atas bisa Anda jadikan modal utama untuk melakukan beberapa cara untuk mencari nasabah. Cara ini penulis beri nama cara cepat mencari nasabah bank dengan mudah. Simak.

Inilah 5 cara cepat mencari nasabah bank dengan mudah yang harus Anda lakukan

Pengalaman bekerja di bank mengajarkan 5 cara efektif berikut ini. Cara ini tidak hanya saya lakukan, tetapi dilakukan juga oleh teman-teman AO saya yang sukses dan sering mendapatkan insentif dalam jumlah yang besar. Simak ulasannya.

Pertama, manfaatkan hari-hari pertama Anda dengan sangat baik

Sebelum berangkan training, Anda akan diberi waktu untuk berkenalan dan mengenali lebih jauh tentang kondisi cabang, baik itu cabang penempatan maupun model cabang. Di sini, Anda harus mulai mengisi gelas kosong Anda dengan ilmu-ilmu perbankan. Bukan secara detail tapi yang biasa saja. Anda bisa berkenalan dengan orang di cabang tersebut, tetapi jangan SKSD. Sewajarnya. Bukan ingin menunjukkan pada mereka keaktifan Anda tetapi datang ke sana karena memang Anda aktif karena pekerjaan Anda.

Kedua, saat mencari database

Seusai training, manager, pimpinan cabang, atau siapa pun pimpinan Anda akan meminta Anda untuk mengumpulkan database setiap hari. baik itu yang berupa database mentah, yang matang, atau yang sudah siap untuk disurvei. Di sinilah Anda harus benar-benar aktif. Kumpulkan banyak hal tentang cara berkomunikasi dengan baik dengan para nasabah baru dan kumpulkan sebanyak mungkin database mereka. Ingat mengenali bukan hanya mendapatkan nomor telepon, lebih dari itu, Anda harus mulai dengan langkah ketiga.

Ketiga, kenali benar database Anda

Jadwalkan kunjungan Anda dengan calon nasabah tersebut di akhir pekan. Memang langkah kedua akan banyak penolakan terjadi, akan tetapi 2 modal yang sudah Anda siapkan akan membuat Anda lebih berani untuk melangkah ke langkah ketiga ini dengan sangat mudah. Kenali mereka, bagaimana usahanya dan apa yang mereka inginkan, bangun kepercayaannya pada Anda. kemudian dengarkan kebutuhan, gali kebutuhan, dan ciptakan kebutuhan untuk mereka. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana menggali kebutuhan? Bagaimana cara menciptakan kebutuhan?

Keempat, jangan datang untuk kebutuhan Anda

Memang Anda butuh nasabah, tetapi untuk satu calon nasabah baru, Anda tidak boleh datang sebagai seorang yang membutuhkan dia. Sebaliknya, Anda adalah agen yang siap memberikan bantuan eksklusif untuk mereka yang membutuhkan jasa Anda. Dengan mental ini, Anda tidak akan memiliki mental minta-minta kepada calon nasabah Anda. Meski dalam beberapa kasus, muka mamel (macak melas) juga jelas dibutuhkan.

Kelima, fokus pada target harian, bukan bulanan

Meskipun Anda adalah orang yang diberi target bulanan, jangan berfokus pada target 5 milyar, 10 milyar, atau angka ratusan juta Anda. Tapi fokuslah pada target harian yang harus Anda capai. Anda akan merasa kekurangan bahan utama jika hal ini Anda lakukan terus menerus. Apa bahan utama Anda? Database orang yang Anda kenal dan Anda dekat dengan mereka.

Masih ada langkah lain yang harus Anda lakukan sebagai cara cepat mencari nasabah dengan mudah. Akan tetapi sesuai pengalaman bekerja di bank, jaringan adalah salah satu metode yang paling penting. Ya, Anda harus berhubungan dengan banyak orang untuk “menjual diri” Anda. Menjadikan mereka sebagai cara branding terkuat.

Leave a Reply