Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok + Contoh




Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok + Contoh – Jika dalam artikel sebelumnya kami membahas mengenai rumus volume kubus dan rumus luas permukaannya, maka dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai balok. Selain akan membahas rumus volume dan luas permukaan dari balok, kami juga akan membahas mengenai jaring-jaring balok. Silakan disimak untuk lebih jelasnya.

Materi bangun ruang, rumus volume dan luas permukaan balok untuk kelas 6 SD

Jaring-jaring balok

Berikut adalah salah satu gambar dari jaring-jaring balok.

Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok 1 - Jaring-jaring balok



Dari jaring-jaring di atas, kita mengetahui bahwa balok memiliki 6 sisi atau 6 permukaan. Di mana keenam permukaan tersebut berbentuk persegi panjang dengan 3 ukuran yang berbeda. Persegi panjang yang memiliki warna yang sama berukuran sama pula. Nantinya, jaring-jaring balok akan berguna dalam rumus luas permukaan balok.

Diagonal sisi dan diagonal ruang pada balok

Perhatikan gambar berikut!

Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok 2 - Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang

Dari gambar yang tersaji dalam ulasan rumus volume dan luas permukaan balok di atas terlihat garis berwarna hijau muda yang menunjukkan diagonal sisi, yakni menghubungkan titik B dan G yang ada pada salah satu sisi balok. Diagonal sisi lainnya bisa Anda cari sendiri. Sebagai bantuan, berikut 4 diagonal sisi pada balok selain garis BG yang terlihat pada gambar;

CF, AF, BE, dan AC

Sebagai tambahan informasi, balok memiliki 12 diagonal sisi.

Kemudian, diagonal ruangnya ditunjukkan dengan garis berwarna kuning, yakni garis yang menghubungkan titik H dan B, yang menghubungkan titik pada ruangan balok. Selain garis HB, masih ada diagonal ruang lainnya seperti AG, EC, dan FD. Jumlah total diagonal ruang pada balok adalah 4.

Rumus luas permukaan balok

Sudah disinggung dalam materi rumus volume dan luas permukaan balok subbab jaring-jaring balok di atas bahwa balok terdiri dari 6 persegi panjang dengan 3 ukuran yang berbeda. Atau dengan kata lain, balok terbentuk dari 3 pasang persegi panjang yang memiliki ukuran berbeda. Silakan lihat gambar jaring-jaring balok di atas. Terlihat bahwa warna hijau memiliki luas l x t, sementara warna abu-abu gelap memiliki luas p x l, dan warna krem memiliki luas p x t. Karena jumlah masing-masing persegi adalah dua, maka luas permukaan balok dapat dirumuskan sebagai berikut;

Luas permukaan balok = (2 x p x l) + (2 x p x t) + (2 x l x t)

Luas permukaan balok = 2pl + 2pt + 2lt

Luas permukaan balok = 2 (pl + pt + lt)

Rumus volume balok

Balok memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Untuk menghitung volume balok digunakan rumus di bawah ini;

Volume Balok = p x l x t

Contoh dan pembahasan

Pada sebuah balok diketahui panjangnya 12 cm, lebarnya 6 cm, dan tinggi 4 cm. Hitunglah luas permukaan dan volumenya!

Jawab:

Luas permukaan balok   = 2 (pl + pt + lt)

  • = 2 ((12×6) + (12 x 4) + (6 x 4))
  • = 2 (72 + 48 + 24)
  • = 2 x 144 = 288 cm2

Volume balok = p x l x t = 12 x 6 x 4 = 288 cm3

Jadi, luas permukaan dan volume balok tersebut masing-masing adalah 288 cm2 dan 288 cm3

Variasi soal lainnya dalam materi rumus volume dan luas permukaan balok perlu Anda pelajari dengan baik. Seperti mencari panjang dari luas permukaan, lebar, dan tinggi yang sudah diketahui. Atau mencari volume dari luas permukaan, tinggi, dan panjang yang sudah diketahui.