Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Tips Beribadah di Tengah Kesibukan Saat Bulan Puasa

Diperbarui terakhir: 23 Mei, 2015


Bulan Ramadhan menjadi bulan yang dinantikan oleh semua umat muslim di dunia. Apa pun pekerjaannya, semuanya ingin mendapatkan barakah dari bulan ini dengan menunaikan ibadah puasa dan memperbanyak amal dari ibadah-ibadah lain. Namun kadang, beribadah di bulan ini tidak seperti di bulan biasanya, khususnya bagi mereka yang sedang bekerja dan disibukkan oleh pekerjaannya itu. Terkadang karena pekerjaan yang banyak, rasanya ibadah kita tidak bisa maksimal di bulan Ramadhan ini. Bagaimana solusinya bisa tetap rajin ibadah di tengah pekerjaan yang menumpuk?

Ini dia tips beribadah di tengah kesibukan saat bulan puasa Ramadhan

Tips Beribadah di Tengah Kesibukan Saat Bulan Puasa

Bismillah untuk segala hal

Pekerjaan Anda juga adalah ibadah, jadi jangan lupa untuk mengucapkan bismillah dan berniat ibadah ketika Anda akan berangkat bekerja dan menjalankan pekerjaan Anda dengan ikhlas. Lakukan pekerjaan Anda dengan tulus untuk mengharap ridlo Allah dan rasakan dari hati Anda, jalankan, dan syukuri dengan penuh hikmat.

Pandai mencuri-curi waktu

Di tengah kesibukan, sebenarnya ada sedikit waktu yang bisa kita manfaatkan untuk beribadah. Misalnya, membantu teman di kantor, berdzikir saat sedang menunggu sesuatu, dan yang lainnya. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan kesempatan sekecil apapun kesempatan itu. Meskipun hanya sebentar, usahakan berdzikir dengan khusyu’ kepada Allah.

Mengingat Allah sepanjang waktu

Selanjutnya, akan sangat baik jika Anda mendekatkan diri kepada Allah dan mengingatnya sepanjang waktu. Tampaknya ini mudah dilakukan, tapi kadang kalau kita sudah sibuk, ini lupa kita laksanakan.

Mendengarkan al-qur’an

Ada satu trik mudah untuk mengingat Allah sepanjang waktu pun saat Anda sedang bekerja. Yakni dengan mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-quran. Mulai sekarang, cobalah mengunduh bacaan ayat-ayat suci Al-quran sebagai bekal saat bulan puasa Ramadhan nanti. Jika Anda tidak mungkin mendengarkan lantunan ayat suci sebab harus melayani pelanggan terus melalui telepon, maka bertadaruslah di malam hari. Selami makna Al-qur’an yang Anda baca.

Baca juga trik bugar saat puasa.

Bisa asal Anda mau

Untuk tetap beribadah selama bulan puasa meski sedang sibuk, kuncinya ada di diri sendiri. Semuanya mungkin asal kita mau melaksanakannya. Sholat tepat waktu pun bisa dijalankan selama kita mau dan memahami ritme kerja kita sendiri. Apalagi jika kita mau membuat jadwal khusus ibadah di bulan puasa, tentu ini akan lebih menarik. Jadi, kemauan Anda menentukan seberapa bisanya Anda tetap beribadah selama berpuasa meski di tengah kesibukan.

Kumpul dengan orang yang baik

Jika masalah Anda ada di lingkungan Anda, maka sebaiknya carilah teman yang bisa diajak berpartner dalam urusan beribadah ini. Anda bisa bertukar pikiran dengan mereka dan beribadah bersama-sama.

Jika ada tambahan dengan tips beribadah di tengah kesibukan bekerja selama bulan puasa dari Anda menurut pengalaman Anda, silakan tambahkan sendiri.