Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Tips Bugar Saat Bekerja Selama Bulan Puasa

Diperbarui terakhir: 22 Mei, 2015


Pekerjaan menumpuk, bertemu klien di lapangan, dan lain sebagainya menjadi rutinitas yang sangat lazim di perkantoran. Tak pelak, dibutuhkan stamina yang kuat supaya semua pekerjaan selesai tepat waktu dan bisa pulang ke rumah lalu beristirahat dengan tenang. Namun saat bulan puasa tiba, pekerjaan seolah dua kali lipat lebih berat dibanding biasanya. Hal ini di antaranya disebabkan oleh fisik yang lemah dan rasa kantuk yang hebat yang sering datang di siang hari ketika kita puasa. Maka dari itu, sebagai pekerja yang cerdas, kita harus tahu bagaimana cara menanggulangi rasa lelah saat puasa.

Bagaimana cara tetap bugar saat bekerja selama bulan puasa?

Tips Bugar Saat Puasa

Niat dan ikhlas

Supaya puasa tidak menjadi penghalang Anda untuk tetap bekerja seperti hari-hari biasa, Anda harus memiliki niat yang kuat serta ikhlas menjalankan baik puasa maupun pekerjaan Anda. Dengan niat yang kuat dengan memohon ridlo Allah, akan lebih mudah rasanya menjalankan semua hal. Pelan tapi pasti semuanya akan segera selesai.

Bekerja juga ibadah

Tanamkan pada diri Anda bahwa bekerja juga ibadah. Ketika Anda mau berniat dan bekerja dengan ikhlas di hari-hari puasa, maka insyaAllah amal ibadah dari bekerja ini akan dilipat gandakan. Sebab bulan Ramadhan memang menjadi bulan yang baik buat umat islam di seluruh dunia. Di bulan inilah semua umat islam mencari amal sebanyak-banyaknya untuk bekal di hari akhir nanti.

Jangan terlalu bersemangat

Cukup bersemangat saja, jangan berlebihan. Bukan karena Anda ingin bekerja keras agar mendapatkan amal banyak, lantas bisa bekerja secara berlebihan. Lakukan semuanya sesuai porsinya. Termasuk aktivitas, semangat, dan pekerjaan Anda. Aktivitas ringan dan tidak terlalu memaksakan diri akan berdampak pada fisik Anda. Jalankan secara ikhlas agar mental Anda juga semakin kuat.

Dzikir

Berdzikir menjadi aktivitas yang akan menenangkan hati sehingga bisa menenangkan pikiran Anda yang kacau akan pekerjaan yang tidak selesai-selesai. Atau saat target tidak terpenuhi. Dzikir akan menjadi solusi yang baik buat emosi yang kurang baik. Ini penting untuk diketahui, sebab emosi tidak hanya akan menguras pikiran Anda tetapi juga membuat fisik dan stamina Anda menjadi lemah.

Baca atau dengarkan bacaan Alquran

Di jam istirahat kantor, beri waktu kepada tubuh dan pikiran Anda untuk beristirahat. Supaya makin sempurna istirahatnya, bacalah alqur’an sebagai bentuk ibadah Anda selama bulan puasa. Anda juga bisa mendengarkan orang lain yang membaca Alqur’an di saat Anda bekerja. Dari pada memutar musik, bukankah sebaiknya memutar tartil Alquran yang bisa membuat hati tenang?

Sikap pada rekan kerja

Ritme bekerja tidak hanya Anda yang menciptakan, ini berhubungan dengan rekan kerja Anda. Untuk itu, Anda tetap perlu bersikap baik dan menjadikan rekan kerja Anda sebagai ladang amal. Hablumminannas sangat penting di sini. Supaya pekerjaan makin lancar dan puasa pun bisa berjalan sebagaimana seharusnya.

Beberapa tips sehat bugar saat bekerja selama bulan puasa di atas bisa menjadi solusi yang baik buat Anda nanti di Ramadhan 1436 H atau di tahun-tahun berikutnya.