Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Logika Matematika, Pernyataan dan Kalimat Terbuka

Diperbarui terakhir: 28 Oktober, 2014


Logika Matematika, Pernyataan dan Kalimat TerbukaKali ini, hindayani.com akan mengajak Anda untuk belajar tentang materi logika matematika. Khususnya untuk pembahasan tentang pernyataan dan kalimat terbuka. Materi ini biasanya diajarkan saat masuk grade SMA atau MA. Ada yang menganggap materi ini mudah, namun tidak sedikit yang bilang kalau materi ini sulit. Butuh beberapa saat untuk mencernanya. Untuk itu, selamat menyimak materi ini dengan baik.

Tentang materi logika matematika, pernyataan dan kalimat terbuka

Logika Matematika Pernyataan dan kalimat terbuka

Pernyataan

Pernyataan adalah suatu kalimat yang menjelaskan atau menerangkan sesuatu yang hanya bernilai benar (B) atau salah (S), tetapi tidak sekaligus keduanya (benar dan salah).

Contoh Pernyataan

UIN Maulana Malik Ibrahim berada di kota Malang (Pernyataan Benar)

Rumus molekul untuk air adalah CO2 (Pernyataan Salah)

Ibu Kota Jawa Timur adalah Surabaya (Pernyataan Benar)

Ir Soekarno adalah presiden pertama di Indonesia (Pernyataan Benar)

Jazz merupakan mobil yang diproduksi oleh pabrikan mobil asal Jepang, Toyota (pernyataan Salah)

Kalimat Terbuka

Kalimat terbuka merupakan sebuah kalimat yang memiliki nilai kebenaran yang belum bisa dipastikan. Artinya, kalimat terbuka merupakan kalimat yang belum pasti kebenarannya. Kalimat terbuka bisa diwujudkan dalam bentuk peubah. Dan jika kalimat terbuka mengandung peubah, maka kalimat tersebut dapat dinyatakan sebagai pernyataan. Caranya adalah dengan mengganti peubah menjadi sebuah nilai tertentu.

Materi Matematika Lainnya: Himpunan Bagian

Contoh kalimat terbuka

4x – 16 = 3

3x + 2 < 3

6p – 9 = 8

3p – 9 < 0

Perbedaan kalimat terbuka dengan pernyataan

Dari uraian di atas dapat dilihat perbedaan yang mendasar antara pernyataan dengan kalimat terbuka. Jika pernyataan, kalimatnya bisa dipastikan nilai benar atau salahnya. Biasanya berupa fakta atau kenyataan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalimat terbuka merupakan kondisi di mana kalimat tersebut belum pasti nilai benar atau salah. Terkadang malah bisa mengandung dua unsur sekaligus, yakni benar dan salah.

Memahami perbedaan antara pernyataan dan kalimat terbuka terbilang penting sebagai dasar untuk memahami materi logika lainnya seperti macam-macam operasi logika yang meliputi negasi, konjungsi, disjungsi, implikasi, hingga biimplikasi. Demikian informasi tentang logika matematika, pernyataan dan kalimat terbuka yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam – hindayani.com

Leave a Reply