Cara Belajar Grammar Bahasa Inggris Efektif Materi Lengkap

Cara Mudah Belajar Grammar Bahasa Inggris

Bagi sebagian orang, belajar grammar atau tata bahasa dalam Bahasa Inggris itu mudah. Namun, sebagian lain merasa bahwa mempelajari Grammar ini membutuhkan waktu.

Kesulitan dalam mempelajari grammar ini bisa diatasi dengan tekun dan menerapkan cara belajar yang tepat. Berbagai macam cara bisa dilakukan dan masing-masing orang mungkin memiliki cara yang berbeda. Tergantung bagaimana cara mereka bisa nyaman tetapi tetap dapat memahaminya dengan mudah.

Namun demikian, secara umum ada beberapa cara yang bisa diterapkan dengan gampang guna memahami dan mempelajari tata bahasa inggris ini.

Cara belajar grammar yang efektif

Berikut adalah beberapa trik menguasai dan belajar grammar dengan efektif dan mudah.

Apa itu grammar? – arti grammar

Apakah ada yang masih belum tahu apa itu grammar? Arti grammar adalah aturan yang mengikat dan terstruktur untuk menyusun kalimat, kata, atau frase dalam bahasa apapun, salah satunya grammar bahasa inggris.


Dari pengertian grammar bahasa inggris di atas, grammar dibagi menjadi 3, yakni etimologi, sintaks, dan orthografi.

  1. Etimologi adalah penyusunan huruf bahasa inggris menjadi kata secara benar dan sesuai kaidah.
  2. Sintaks adalah penyusunan kata menjadi kalimat dalam bahasa inggris secara benar sesuai kaidah.
  3. Orthografi adalah sistem ejaan, penggunaan tanda baca, penggunaan huruf kapital, dll dalam bahasa inggris.

Sudah jelas, grammar bahasa inggris tidak melulu soal tenses saja. Tata bahasa inggris ini juga meliputi penulisan dan bacaan dalam bahasa inggris secara menyeluruh. Lalu, bagaimana cara belajar grammar yang efektif?

Memiliki dasar yang kuat dalam belajar grammar english

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki dasar yang kuat. Mudahnya  adalah dengan sedikit demi sedikit mempelajari grammar Bahasa Inggris.

Ikuti setiap step materi yang sudah ada di buku pelajaran atau buku Bahasa Inggris yang menjadi pegangan Anda. Dengan dasar yang kuat Anda jauh akan lebih mudah mempelajarinya kemudian.

Cara mudah belajar grammar dengan sering membaca dan mau menganalisa

Setelah memiliki dasar yang kuat, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk mencari informasi dalam bahasa Inggris. Kalau tidak ada koran berbahasa Inggris, Anda bisa memanfaatkan gadget untuk membaca artikel berbahasa Inggris.

Namun, jangan sekedar membaca, Anda bisa juga mempertajam kemampuan grammar dengan menganalisa grammar yang digunakan dalam artikel. Anda bisa mengetahui dengan mudah penggunaan simple present tense, past perfect tense, dan yang lainnya dengan cara mudah belajar grammar Bahasa Inggris ini.

Belajar grammar bahasa inggris dengan menerjemahkan

Bahasa inggris berbeda dengan bahasa kita. Di mana dalam tata bahasanya ada pembagian waktu yakni lampau, sekarang, dan masa yang akan datang.

Dengan sering menerjemahkan, Anda akan jauh lebih mudah dalam memahami penggunaan grammar tersebut. Hal ini karena terjemahan kalimat dengan tata bahasa yang berbeda memiliki arti yang berbeda pula.

Membaca dengan suara lantang

Untuk memperbaiki kualitas grammar, Anda bisa menerapkan cara keempat ini. Cara ini akan sangat berguna bagi mereka yang memiliki cara belajar secara audio. Dengan mendengarkan kalimat yang Anda ucapkan akan sangat mudah untuk menganalisa kesalahan maupun melatih kemampuan Anda dalam memahami secara detail tentang grammar yang ada dalam sebuah bacaan yang sedang Anda baca.

Membaca buku anak-anak

Salah satu cara yang baru saya sadari sangat berdampak dalam peningkatan belajar grammar english adalah dengan membaca buku anak-anak. Kalimat yang disusun dalam buku anak-anak masih menggunakan tata bahasa inggris yang dasar sehingga lebih mudah dipahami.

Kalimat yang ada dalam buku cerita anak berbahasa inggris juga pendek-pendek, dengan penggunaan kata keterangan yang sederhana. Layaknya buku anak-anak dalam bahasa indonesia.

Mendengarkan dan bertanya

Anda tidak hanya bisa belajar sendiri jika ingin mahir berbahasa Inggris. Anda juga perlu mendengarkan kata orang lain dan bertanya sebagai bentuk koreksi dan juga untuk mengukur kemampuan Anda.

Belajar bahasa inggris grammar dengan menonton video anak-anak

Kemajuan teknologi semakin memudahkan kita untuk belajar grammar bahasa inggris melalui video. Anda memang bisa belajar melalui youtube karena kini kontennya makin banyak.

Tapi jika Anda baru mulai belajar atau masih belajar bahasa inggris grammar dari nol, maka sebaiknya tontonlah video anak-anak. Sekarang banyak sekali kanal youtube anak-anak yang berisi nyanyian dengan lirik yang sederhana.

Dalam lirik tersebut, penyusunan kalimatnya menggunakan grammar dasar yang bisa dipelajari secara mudah

Membuat catatan kecil

Cara belajar grammar yang efektif berikutnya adalah mau membuat ringkasan materi dalam catatan atau buku kecil. Bacalah dan pelajari secara berkala catatan kecil tersebut. Simpanlah di tempat yang baik agar saat diperlukan, bisa langsung dicek kembali.

Sering berlatih dan mengerjakan soal

Praktek memang bisa bikin kemampuan kita makin sempurna. Oleh karena itu, untuk bisa berbahasa inggris secara lancar, menguasai bahasa inggris grammar dengan efektif dan lancar, Anda perlu praktek.

Caranya mudah, mulailah mengerjakan soal berbahasa inggris (vocab, tenses, melengkapi kalimat kosong, dll.). Bisa menggunakan soal yang biasanya muncul saat toefl agar sekalian bisa belajar grammar toefl.

Cara ini akan membuat kemampuan Anda terasah dan bisa meningkatkan kemampuan grammar secara bertahap.

Selain itu, Anda juga bisa mengasahnya dengan berbicara menggunakan bahasa inggris. Kalau bisa dengan teman yang sudah mahir sehingga Anda bisa mengoreksi kesalahan Anda sendiri lewat analisa cara bicara teman Anda. Atau minta tolong lawan bicara untuk mengoreksi tata bahasa yang Anda gunakan.

Caption berbahasa inggris

Punya sosial media? Manfaatkan dengan baik. Tak berniat pamer, cobalah baca quote-quote berbahasa inggris. Jadikan caption dengan menyertakan sumber. Lalu selanjutnya, buatlah quote Anda sendiri dan jadikan caption.

Cara ini akan meningkatkan kemampuan Anda dalam menulis bahasa inggris dengan hasil belajar grammar bahasa inggris yang benar.

Review Materi

Buatlah rapot Anda, lakukan review secara berkala. Cek apa saja yang sudah Anda kuasai, mana yang masih harus diperbaiki, dan mana yang belum dimengerti sama sekali.

Terapkan sistem reward dan punishment agar Anda bisa lebih semangat!

Materi grammar bahasa inggris lengkap yang sering bikin bingung

Ada banyak komponen dalam tata bahasa inggris, seringnya beberapa orang bingung akan beberapa hal. Contohnya adalah durasi atau adverb of time dari tenses. Untuk itu, berikut ini kami buat ringkasan materi yang sering membuat kita bingung akan belajar bahasa inggris grammar.

AOT dan pemakaian tenses

Pemakaian tenses dalam bahasa inggris memang kadang bikin pusing. Sebab waktunya harus benar-benar jelas sehingga bentuk pemakaian kata kerjanya berbeda.

Jika dalam bahasa indonesia kita bisa menyebut dengan ‘saya belajar’, maka dalam bahasa inggris tidak demikian. Dalam bahasa inggris perlu dijelaskan dengan detail kapan aktivitas belajar tersebut dilakukan, kemarin, kemarin lusa, sedang dilakukan kemarin saat terjadi sesuatu yang lain, atau yang lainnya.

Waktu inilah yang membuat kalimat ‘saya makan’ dalam bahasa inggris memiliki bentuk yang beragam jika dituliskan dalam bahasa inggris.

Untuk memudahkan teman-teman dalam membuat kalimat bahasa inggris menggunakan adverb of time dengan tepat, sebaiknya buatlah catatan kecil mengenai adverb of time dan tensesnya. Teman-teman juga perlu melihat tabel penggunaan durasi waktu dalam 16 tenses grammar bahasa inggris.

Cara menghafal kata kerja beraturan dan tak beraturan

Membuat kalimat berbahasa inggris tak bisa dipisahkan dengan kata kerja. Sedangkan kata kerja dalam bahasa inggris ada yang bentuknya beraturan (reguler verb) dan kata kerja tidak beraturan (irreguler verb).

Kalau saya pribadi, menghafal kata kerja ini dengan cara membuat catatan kata kerja beraturan dulu. Kata kerja beraturan ini mudah sekali dihafalkan. Selain itu juga perlu mengenali dan mengidentifikasi kata kerja beraturan.

Setelah sudah bisa di bagian tersebut, saya baru menghafalkan kata kerja tak beraturan dan mengenali polanya. Biasanya saat sudah tahu polanya, kita bisa dengan mudah menebak kata kerja bentuk kedua dan ketiganya saat sedang lupa.

Memahami preposition

Sebagai pelengkap, penggunaan preposition memang kadang membingungkan. Pemakaian on, in, dan above memang cenderung bikin ragu. Karena ketiganya memiliki yang hampir sama dalam bahasa indonesia.

Untuk memahaminya ingat kaidah ini:

  1. In dipakai jika sesuatu berada di dalam benda. Jadi ada di dalamnya (inside of).
  2. On itu berada di atas benda dan menyentuh. Berbeda dengan above, di atas benda tapi tidak menyentuh.

Agar lebih jelas, silakan lihat gambar berikut:

Kaidah pemakaian Preposition

Memahami relative pronouns

Jika masih bingung memahami relative pronouns, maka di bawah ini ada ringkasan materi grammar bahasa inggris lengkap tentang relative pronouns:

  1. Who untuk mengganti orang yang bertindak sebagai subyek
  2. Whose mengartikan kepemilikan
  3. Whom biasanya dipakai mengganti obyek orang
  4. Which untuk mengganti benda yang bertindak sebagai subyek
  5. That bisa orang bisa benda yang bertindak sebagai subyek

Penggunaan anything, something, dan nothing

Berikut adalah rangkuman pemakaian anything, something, dan nothing:

  1. Anything digunakan pada kalimat tanya dan negatif
  2. Something hanya digunakan pada kalimat positif
  3. Nothing digunakan pada kalimat tanya dan negatif

Perbedaan anything dan nothing terletak pada artinya, anything berarti apa saja sedangkan nothing artinya tidak. Coba perhatikan lebih detail tentang perbedaan some dan any.

Itulah beberapa cara mudah belajar grammar bahasa inggris yang bisa coba Anda terapkan. Jika Anda senang belajar dengan kinestetik, cobalah dengan membuat cara kreatif untuk membuat cara belajar Anda semakin menarik. Misalnya dengan membuat pola Bahasa Inggris dari kayu-kayu kecil berbentuk kotak atau cara lainnya sesuai kreativitas Anda.

Hindayani, S.Si.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.

Artikel ini telah diperbarui pada 5 Oktober 2019.

Kalau mau mengutip, pakai format ini ya:

Hindayani. 2019. Cara Belajar Grammar Bahasa Inggris Efektif Materi Lengkap. https://hindayani.com/belajar-grammar/ diakses pada (tanggal akses).

Kalau ada pertanyaan, Isi komentarnya di bawah ya!

avatar