9 Contoh Percakapan + 21 Cara Agar Lancar Berbahasa Inggris

Contoh Percakapan Bahasa Inggris dan Cara Agar Lancar Berbahasa Inggris

Cara cepat belajar conversation bahasa inggris atau yang lebih sering kita sebut dengan belajar percakapan bahasa inggris merupakan satu kemampuan yang penting di era seperti sekarang.

Seperti yang kita tahu, bahasa inggris sebagai bahasa internasional kini dipakai di berbagai hal. Misalnya dalam buku pelajaran (bilingual), informasi-informasi di internet, dll. Tak heran jika pengenalan bahasa inggris kini sudah dimulai sejak anak masih kecil.

Anak saya pun demikian, umurnya masih 2 tahun dan dia berbahasa campur. Indonesia, Jawa, Inggris, dan Melayu.

Generasi milenial sudah banyak yang sadar akan pentingnya bahasa inggris. Bahkan bisa dibilang generasi ini cukup banyak yang sering memasukkan bahasa inggris dalam percakapan sehari-hari. Ini terjadi secara naluri saja. Bukan terpaksa mempelajari komunikasi dalam bahasa inggris.

Bagaimana dengan teman-teman?

Apakah komunikasi bahasa inggris teman-teman sekarang sudah fasih? Atau masih banyak yang perlu dibenahi?

Di sini, saya akan mencoba membagi beberapa tips / cara agar lancar berbahasa inggris secara mudah dan asyik. Cara ini jugalah yang saya terapkan (secara naluri) di keluarga saya. Dengan anak dan suami saya.

Tampilkan Daftar Isi

Daftar Isi


A. Ini lho 21 cara cepat belajar conversation bahasa inggris yang mudah

Cara Cepat Belajar Conversation Bahasa Inggris


Ini beberapa cara dan tip yang bisa teman-teman ikuti untuk mulai belajar berbicara dalam bahasa inggris sekarang:

  1. Berbicaralah meski sedikit-sedikit – setiap hari

Untuk belajar bahasa baru, bahasa asing, atau semacamnya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah coba saja bicara. Meski sedikit vocab yang dimiliki, meski hanya tahu hello, hi, yes, no, later, I am fine, alright, atau yang lain. Gunakan saja. Bicara dulu dengan bahasa ini.

Lakukan ini setiap hari.

Berbicara dengan orang lain merupakan cara yang paling cepat dan mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan conversation bahasa inggris.

Jangan menunggu saat Anda nyaman berbahasa inggris. Karena ini berarti Anda menunda untuk bisa. Keluarlah dari zona nyaman dan mulailah mencoba berbicara bahasa inggris setiap hari meski baru 5 kata yang dikuasai.

Saat Anda berbicara dalam bahasa inggris, Anda juga akan tahu kekurangan Anda dan bisa mengevaluasi dengan lebih mudah.

  1. Latih pronounciation

Salah satu kekurangan yang akan ditemukan setelah mencoba berbicara dengan orang lain menggunakan bahasa inggris adalah pronounciation. Untuk itu, Anda harus melatihnya.

Biasanya, saat berbicara dengan menggunakan bahasa inggris, lawan bicara kadang tidak mengerti apa yang kita sampaikan. Atau salah menerima apa yang kita sampaikan. Hanya karena pengucapan bahasa inggris kita kurang bagus.

Misalnya pengucapan snack dengan snake. Atau yang seperti ada di video prank dialog bahasa inggris panjang londokampung yang kak hinda ulas di bawah sendiri.

Oleh karena itu, belajar pronounciation itu sangat penting sehingga kamu perlu banyak latihan percakapan bahasa inggris agar pengucapanmu (pronounciation)mu juga semakin lancar.

Untuk melatih pengucapan dalam bahasa inggris, Anda bisa memanfaatkan google text to speech.

Ohya, teman-teman juga perlu tahu, bahwa pengucapan bahasa inggris itu memiliki ciri khas masing-masing di tiap negara. Pengucapan british dan Amerika sudah beda, lho!

  1. Tambahi kosa kata Anda

Cara cepat belajar conversation bahasa inggris selanjutnya adalah dengan menambah kosa kata. Ini merupakan tahap menambah jumlah kata bahasa inggris yang harus Anda tahu. Supaya saat berbicara dengan orang Anda bisa mengerti apa yang mereka sampaikan.

Vocab atau kosakata memang menjadi kebutuhan mendasar bagi seseorang untuk menguasai bahasa inggris. Hafalkan sekitar 10 kosakata Bahasa Inggris setiap harinya dan menambahkan di hari-hari berikutnya jika Anda sudah terbiasa.

Mulailah dengan belajar mengenai kosakata yang sering digunakan setiap hari. Sering membaca kosakata akan memudahkan Anda untuk menguasai bahasa inggris.

  1. Gunakan juga ungkapan

Selain kosakata, sebaiknya teman-teman juga belajar ungkapan dalam bahasa inggris. Ungkapan ini termasuk ungkapan terima kasih, sapaan, perkenalan diri, dan ungkapan tren lainnya dalam bahasa inggris.

Ungkapan-ungkapan dalam bahasa inggris seperti ‘piece of cake’ untuk mengungkapkan sesuatu yang mudah, adalah sesuatu yang baru dan membuat belajar komunikasi bahasa inggris menjadi asyik.

Buat saya pribadi, ini seperti menemukan cara cepat menghitung kalau dalam Matematika. Biar belajarnya tidak membosankan. Ini akan membantu Anda untuk memperlancar komunikasi berbahasa inggris.

  1. Kelas bahasa inggris / komunitas bahasa inggris

Ada banyak orang yang ingin bisa belajar bahasa inggris, siapa tahu Anda bertemu dengan orang tersebut dan bisa berkomunikasi, iya kan?

Cobalah berselancar, cari di sosial mediamu komunitas orang yang belajar bahasa inggris. Mungkin dari sini, Anda menemukan partner belajar komunikasi berbahasa inggris dengan cepat. Anda bisa chatting via teks dan saling menelepon untuk mengasah pronounciation.

  1. Bawa kamus

Ingat, niatnya adalah belajar. Supaya bisa Anda harus memberikan 100% diri Anda. Salah satunya adalah investasi kamus. Anda bisa membawa kamus yang berukuran kecil kemana pun Anda pergi.

Pilih kamus yang di dalamnya ada bahasa indonesianya ya? Supaya bisa memudahkan Anda dalam mengerti bahasa inggris.

  1. Buku percakapan bahasa inggris

Beberapa orang yang ingin cepat bisa berbahasa inggris berinvestasi dengan cara membeli buku percakapan. Ini langkah bagus untuk belajar speaking english dan patut ditiru. Anda perlu mencobanya.

  1. Dengarkan radio atau lagu dalam bahasa inggris

Buat pembelajaran ini asyik dengan cara belajar bahasa inggris melalui lagu berbahasa inggris juga. Anda bisa meluangkan waktu setidaknya setengah jam untuk mendengarkan musik.

Namun jangan hanya mendengarkan ya teman-teman. Pastikan Anda mencoba mengerti apa yang ada di lirik lagu. Kalau perlu tulis apa saja yang Anda dengar dan tidak diketahui.

Setelah itu Anda bisa mencari tahu kata apa saja yang tidak ada ketahui dalam kamus.

  1. Nonton film dan acara TV berbahasa inggris

Menonton film dan acara TV berbahasa inggris juga bisa meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, lho! Cara ini asyik dan terkesan tidak seperti sedang belajar. Pilih acara TV yang paling Anda suka, tonton secara rutin setiap hari.

Untuk film, pilih juga yang paling Anda suka atau film yang sudah familiar. Tonton film ini berulang.

Awal-awal, Anda akan membutuhkan subtitle. Tapi semakin sering Anda menonton, semakin Anda mengerti beberapa obrolan dan akhirnya tanpa subtitel pun sudah paham.

Tapi perlu diingat, jangan menonton film atau TV show yang subtitelnya bahasa indonesia. Harus bahasa inggris juga supaya Anda bisa belajar pronounciation, listening, dan vocab sekaligus.

  1. Membaca buku berbahasa inggris

Langkah Mudah Fasih Berbahasa Inggris

Temukan buku atau artikel yang paling Anda sukai, dan bacalah. Kalau untuk orang yang hobi baca, mungkin ini akan mudah. Tapi kalau tidak hobi, mulailah dengan membaca informasi yang Anda butuhkan dalam bahasa inggris.

Anda bisa membaca artikel informatif berbahasa inggris. Saat membaca, beri tanda pada beberapa kata yang tidak Anda pahami. Cari tahu di kamus.

Saat membaca, Anda bisa coba membaca dengan suara keras. Bukan di dalam hati. Cara ini sekaligus bisa melatih pronounciation dan speaking.

  1. Menulis

Jika Anda merasa kesulitan untuk berbicara bahasa inggris karena kendala tertentu, menulis bisa menjadi solusi yang baik. Cara menulis yang asyik dan tak terasa sedang belajar adalah:

Menulis di diary, menceritakan bagaimana keseharian Anda. Atau menulis status sosial media dan caption foto menggunakan bahasa inggris.

Jika memungkinkan, Anda bisa bertanya kepada teman atau komunitas bahasa inggris yang bisa bahasa inggris apakah tulisan yang Anda tulis benar atau salah. Masukan sekecil apapun akan bisa memberikan hal positif dan membangun kemampuan Anda ke arah yang lebih baik.

  1. Cari sahabat pena / teman chat bahasa inggris

Cara Asyik Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan menulis Anda akan terasah dengan cara ini, percaya atau tidak?

Kalau dulu, banyak orang punya sahabat pena. Di mana mereka bertukar surat, sekarang Anda bisa berkirim email atau chat via aplikasi pesan.

Gunakan bahasa inggris, temukan teman yang memang punya semangat sama untuk belajar bahasa inggris.

  1. Komitmen dan terus semangat

Setelah belajar melalui banyak hal, sekarang saatnya berkomitmen dengan apa yang sudah Anda pelajari.

Tujuan Anda adalah supaya bisa berbahasa inggris, bukan? Jangan menyerah sebelum benar-benar bisa.

Dengan terus bersemangat dan tidak menyerah, Anda bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan orang Indonesia yang Anda temui, teman sekelas, atau bahkan turis saat berkunjung ke Indonesia.

  1. Tetap praktik setiap hari

Selain energi untuk terus semangat, Anda juga tetap harus mengasah kemampuan berbahasa inggris dengan cara mempraktikkannya setiap hari.

Belajar bahasa asing dengan pengulangan adalah sebuah rumus jitu untuk bisa cepat mengerti bahasa asing itu.

Jika Anda tidak melakukan ini dengan baik, atau tidak praktik, maka untuk belajar berkomunikasi dengan bahasa inggris lagi, Anda harus mulai dari awal lagi.

  1. Latih otak Anda untuk berpikir dengan bahasa inggris

Sebagai contoh, saat malam hari sebelum berangkat tidur saya terbiasa menuliskan to do list saya untuk besok. Dan apa saja yang akan saya lakukan untuk membuat diri saya lebih baik dari hari ini.

Di saat inilah otak saya akan berpikir. Saya seolah berbicara dengan diri saya sendiri dengan bahasa inggris.

Tomorrow, I will cook this menu, i need bla bla bla for making that menu.

Seperti itulah cara agar lancar berbahasa inggris. Dengan begini, saya pribadi juga akan biasa menggunakan bahasa inggris dari dalam diri.

  1. Berteman dan ciptakan lingkungan berbahasa inggris

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Ketika memutuskan untuk bisa conversation bahasa inggris, Anda harus tahu konsekuensinya. Bahwa Anda tidak bisa belajar sendiri.

Anda butuh teman yang bisa diajak komunikasi sebagai lawan bicara Anda setiap hari.

Cara ngomong bahasa inggris mudahnya adalah dengan menciptakan lingkungan berbahasa inggris. Kalau di pondok sih biasanya ada hari berbahasa asing.

Anda bisa mencontoh ini juga.

Saya, suami, dan anak juga demikian. Setiap hari kami menggunakan bahasa berbeda, salah satunya bahasa inggris. Lingkungan ini kami harap bisa membuat kami terbiasa dengan bahasa inggris dan tidak kagok saat membaca artikel bahasa inggris, nonton film, atau mendengarkan lagu berbahasa inggris.

  1. Tinggal di lingkungan yang berbahasa inggris

Jika Anda tidak berhasil menciptakan lingkungan yang berbahasa inggris atau gagal berbahasa inggris di rumah, maka cobalah untuk tinggal di lingkungan yang berbahasa inggris.

Mengambil kursus percakapan bahasa inggris di kampung Inggris yang ada di Pare Kediri bisa menjadi pilihan. Karena di sana, lingkungan yang berbahasa inggris sudah tercipta. Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris melalui kebiasaan pun akan menjadi lebih mudah.

Terlebih tempat kursus di sana memiliki kurikulum materi conversation dan materi speaking bahasa inggris yang lengkap.

  1. Jangan takut salah

Kesalahan adalah guru yang paling baik. Dari kesalahan kita belajar menjadi lebih baik. Biasanya saat salah mengucapkan atau mengerti sesuatu, lalu kita koreksi. Maka kita akan lebih mudah mengingat kesalahan dan hasil evaluasinya.

Manusia tidak akan mengulang kesalahan yang sama.

Dan selalu ingat bahwa Anda sedang belajar conversation bahasa inggris. Bukan sempurna berbahasa inggris.

Setiap hari Anda adalah proses untuk menuju kesempurnaan, jadi salah itu tak masalah.

  1. Jangan terlalu pusing dengan grammar

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Tata bahasa memang penting buat Anda yang ingin bisa berbicara dalam bahasa inggris. Namun, ini bukan hal yang utama untuk Anda pikirkan.

Berbicaralah saja dan jangan terlalu ambil pusing dengan grammar. Seiring waktu dan kebiasaan, Anda bisa belajar tata bahasanya kok!

Namun, Anda tetap harus meng-upgrade tata bahasa dalam bahasa inggris secara perlahan. Caranya adalah:

Pertama, memiliki dasar grammar / pondasi yang kuat.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki dasar yang kuat. Mudahnya adalah dengan sedikit demi sedikit mempelajari grammar Bahasa Inggris.

Ikuti setiap step materi yang sudah ada di buku pelajaran atau buku Bahasa Inggris yang menjadi pegangan Anda.

Kedua, sering membaca dan mau menganalisa.

Setelah memiliki dasar yang kuat, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk mencari informasi dalam bahasa Inggris. Kalau tidak ada koran berbahasa Inggris, Anda bisa memanfaatkan gadget untuk membaca artikel berbahasa Inggris.

Namun, jangan sekedar membaca, Anda bisa juga mempertajam kemampuan grammar dengan menganalisa grammar yang digunakan dalam artikel yang Anda.

Anda bisa mengetahui dengan mudah penggunaan simple present tense, past perfect tense, dan yang lainnya dengan cara mudah mempelajari grammar Bahasa Inggris ini.

Ketiga, menerjemahkan.

Bahasa inggris berbeda dengan bahasa kita. Di mana dalam tata bahasanya ada pembagian waktu yakni lampau, sekarang, dan masa yang akan datang.

Dengan sering menerjemahkan, Anda akan jauh lebih mudah dalam memahami penggunaan grammar tersebut. Hal ini karena terjemahan kalimat dengan tata bahasa yang berbeda memiliki arti yang berbeda pula.

Keempat, membaca dengan suara lantang.

Untuk memperbaiki kualitas grammar Anda, Anda bisa menerapkan cara keempat ini. Cara ini akan sangat berguna bagi mereka yang memiliki cara belajar secara audio.

Dengan mendengarkan kalimat yang Anda ucapkan akan sangat mudah untuk menganalisa kesalahan maupun melatih kemampuan Anda dalam memahami secara detail tentang grammar yang ada dalam sebuah bacaan yang sedang Anda baca.

Kelima, mendengarkan dan bertanya.

Anda tidak hanya bisa belajar sendiri jika ingin mahir berbahasa Inggris. Anda juga perlu mendengarkan kata orang lain dan bertanya sebagai bentuk koreksi dan juga untuk mengukur kemampuan Anda.

  1. Berbicara full bahasa inggris

Setelah mendengarkan, melihat, dan membaca, kini Anda yang justru harus aktif berbahasa inggris. Anda bisa mengajak keluarga dan teman berbahasa inggris setiap harinya sehingga cara berbicara bahasa inggris ini berhasil.

Siap untuk mencobanya? Semangat ya!

  1. Jangan minder dan terus semangat

Meski Anda bukan yang terbaik saat berada di lingkungan yang sudah berbahasa inggris, tetaplah jaga semangat Anda dan jangan minder. Mengapa? Karena kunci utama dalam cara fasih berbahasa inggris adalah diri Anda sendiri. Semangat. Bondo Nekat.

Itulah beberapa cara cepat belajar conversation bahasa inggris yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Anda bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam percakapan bahasa inggris dengan kerja keras dan konsistensi. Jadi, selamat mencoba dan jangan lupa untuk tetap semangat!

B. 9 Contoh Conversation Dialog Percakapan Bahasa Inggris Dan Artinya

Berikut adalah beberapa contoh dialog bahasa inggris disertai arti dan ceritanya:

  1. Percakapan Dialog Bahasa Inggris Singkat

Berikut Kak Hinda tulis percakapan 2 orang bahasa inggris yang umum.

Ini adalah contoh conversation english singkat antara seorang turis dan mahasiswa dari luar kota yang bertemu di alun-alun kota Malang.

Dialog Speaking Bahasa Inggris 2 Orang Dengan Turis

Matt: Hello!

Hinda: Hi!

Matt: How do you do?

Hinda: I am fine, You?

Matt: Very well. Do you speak English?

Hinda: A little. Where are you from?

Matt: I am from Australia.

Hinda: How long have you been here?

Matt: 2 weeks.

Hinda: What do you do for living?

Matt: I am a banker. I come here for vacation. How about you?

Hinda: I am a student.

Matt: What is your name?

Hinda: My name is Hinda. And what is yours?

Matt: I am Matt. Oh, Hinda. I am looking for the post office. Do you know where the post office is?

Hinda: Sure, it is over there.

Matt: Where? I don’t see it.

Hinda: Across the street.

Matt: Oh, I see it now. Thank you.

Hinda: You’re welcome.

Matt: Nice to meet you.

Hinda: Nice to meet you too.

Arti dari dialog bahasa inggris 2 orang singkat di atas adalah:

Matt: Halo!

Hinda: Hai!

Matt: Apa kabar?

Hinda: Saya baik. Bagaimana kabarmu?

Matt: Saya juga sangat baik. Apa kamu bisa berbicara bahasa inggris?

Hinda: Sedikit. Asal kamu dari mana?

Matt: Saya dari Australia.

Hinda: Sudah berapa lama kamu di sini?

Matt: 2 minggu.

Hinda: Apa pekerjaanmu?

Matt: Saya seorang banker. Saya datang untuk berlibur. Bagaimana denganmu?

Hinda: Saya seorang mahasiswa.

Matt: Siapa namamu?

Hinda: Nama saya Hinda. Siapa nama kamu?

Matt: Nama saya Matt. Oh, Hinda. Saya sedang mencari kantor pos. Apa kamu tahu di mana kantor pos?

Hinda: Iya, saya tahu. Di sebelah sana. (Biasanya sambil menunjuk)

Matt: Mana? Saya tidak melihatnya.

Hinda: Di seberang jalan. (sambil menunjuk lagi untuk memperjelas lokasi)

Matt: Oh, saya melihatnya sekarang. Terima kasih.

Hinda: Sama-sama.

Matt: Senang bertemu denganmu.

Hinda: Senang bertemu denganmu.

Matt pun berangkat ke kantor pos. Sedangkan Hinda kembali ke aktivitasnya.

  1. Dialog Percakapan Bahasa Inggris Panjang

Berikut ini adalah contoh percakapan bahasa inggris 2 orang yang lumayan panjang yang baru bertemu di kompleks perumahan.

Margareth adalah seorang turis yang menginap di salah satu rumah di kompleks tersebut. Sedangkan Hinda adalah seorang penduduk lokal yang sedang ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya.

Dia memberanikan diri untuk mengajak bicara Margareth untuk meningkatkan kemampuan berbahasanya. Juga untuk menunjukkan keramahtamahan orang Indonesia.

Cuss, berikut dialog bahasa inggris 2 orang beserta artinya:

Hinda: Hello!

Margareth: Hi!

Hinda: Do you speak English?

Margareth: Yes. Where are you from?

Hinda: I am from Tuban. It’s one of the towns in East Java Province in Indonesia. My name is Hinda. What is your name?

Margareth: I am Margareth.

Hinda: Are you new here? I’ve never seen you before.

Margareth: I just arrived 2 days ago.

Hinda: Where are you from?

Margareth: I am from America.

Hinda: I hope you can understand my English. I am still learning.

Margareth: Yes, I can understand you. You speak English very well.

Hinda: Thank you. Do you like it here?

Margareth: Yes, I am very excited to be here.

Hinda: What is your favorite Indonesian food?

Margareth: I like Spicy Nasi Goreng.

Hinda: Oh, so you like spicy? Next, you must try rujak.

Margareth: Excuse me?

Hinda: Rujak. It is Indonesian salad.

Margareth: Oh, good! It seems very healthy. I will try it later. Thank you.

Hinda: You’re welcome.

Arti dari contoh conversation bahasa inggris di atas adalah:

Hinda: Halo!

Margareth: Hai!

Hinda: Apa kamu berbicara bahasa inggris?

Margareth: Iya. Kamu dari mana?

Hinda: Saya dari Tuban, Indonesia. Nama saya Hinda. Siapa namamu?

Margareth: Saya Margareth.

Hinda: Apa kamu baru di sini? Saya tidak pernah melihatmu sebelumnya.

Margareth: Saya baru datang dua hari yang lalu.

Hinda: Dari mana asalmu?

Margareth: Saya dari Amerika.

Hinda: Saya harap kamu mengerti bahasa inggrisku. Saya masih belajar.

Margareth: Ya, saya paham. Kamu berbicara dengan sangat jelas.

Hinda: Terima kasih. Apa kamu suka di sini?

Margareth: Iya, saya sangat senang berada di sini.

Hinda: Apa makanan Indonesia yang favorit buatmu?

Margareth: Saya suka nasi goreng pedas.

Hinda: Oh, jadi kamu suka pedas? Selanjutnya, kamu harus coba rujak.

Margareth: Apa?

Hinda: Rujak. Itu adalah saladnya orang Indonesia.

Margareth: Oh baik. Kelihatannya makanan sehat. Saya akan mencobanya lain kali. Terima kasih.

Hinda: Sama-sama

  1. Percakapan Bahasa Inggris Dengan Teman

Hinda dan Desy sudah berteman sangat lama. Mereka berasal dari desa yang sama. Di sekolah, mereka juga duduk sebangku di kelas. Di suatu siang yang cerah, mereka sedang membahas tugas sekolah yang diberikan oleh ibu guru. Yaitu menceritakan tentang hobi mereka. Mau tahu bagaimana asyiknya ngobrol bahasa inggris mereka?

Hinda: Hi!

Desy: Hello!

Hinda: Have you finished your homework?

Desy: Yes, I have finished it. How about you?

Hinda: Oh, no! I have not finished mine.

Desy: Teacher told us to find our hobby. What is your hobby?

Hinda: I do not know. I am not sure about my hobby. And what is yours?

Desy: I like to cook with my mom in the kitchen. Someday I will be a chef.

Hinda: That’s good. I hope you can be the best chef in the world. By the way, yesterday I read a book about a chef. I suggest you to read it too. It is based on true story. It is so inspiring.

Desy: Yes, I will. Thank you, Hinda.

Hinda: You’re welcome. Tell me whenever you want to read it, I will lend you the book.

Desy: Thanks a lot. You are my best friend.

Hinda: Sure. Any time.

Desy: Oh, Hinda I think I know what your hobby is.

Hinda: really?

Desy: Your hobby is absolutely reading.

Hinda: Oh, that’s right. Thank you, Des. Now I can finish my homework.

Arti percakapan di atas adalah:

Hinda: Hai!

Desy: Halo!

Hinda: Apa PR kamu sudah selesai.

Desy: Sudah, dong! PR kamu bagaimana?

Hinda: Oh tidak, aku belum menyelesaikan PR ku.

Desy: Ibu guru menyuruh kita untuk menemukan hobi kita. Apa hobimu?

Hinda: Aku tidak tahu. Aku tidak yakin akan hobiku. Apa hobimu?

Desy: Aku suka memasak di dapur bersama ibu. Suatu hari aku akan jadi seorang juru masak.

Hinda: Bagus. Aku harap kamu bisa menjadi juru masak terbaik di dunia. Ngomong-ngomong, kemarin aku membaca buku tentang chef. Aku sarankan kamu juga membacanya. Buku itu berdasarkan kisah nyata, lho. Sangat inspiratif.

Desy: Iya, baiklah. Terima kasih, Hinda.

Hinda: Sama-sama. Beritahu aku kapan pun kamu mau membaca buku itu. Aku akan meminjamkannya untukmu.

Desy: Terima kasih banyak. Kamulah sahabatku.

Hinda: Oke.

Desy: Oh, Hinda. Aku rasa aku tahu apa hobimu.

Hinda: Benarkah?

Desy: Hobimu sudah pasti adalah membaca.

Hinda: Oh benar. Terima kasih, Des. Sekarang aku bisa mengerjakan PR-ku.

  1. Percakapan Bahasa Inggris Di Dalam Kelas

Berikut ini adalah contoh percakapan bahasa inggris dan terjemahannya di dalam kelas tentang murid yang datang terlambat. Sedangkan murid lainnya lupa tidak membawa pensil sehingga harus meminjam ke temannya untuk mengerjakan soal dan mengikuti pelajaran:

Tok tok tok… (someone is knocking the door).

Teacher: Come in.

Azfar: Good morning! I am sorry, I am late. May I come in?

Teacher: Yes, please. You may go to your place.

Azfar is going to his place. He is ready for the class.

Teacher: Did you do your homework?

Students: Yes!

Teacher: Ok. Let’s check it. Today, we learn about prime numbers.

Rara rises her hand and asks.

Rara: Excuse me?

Teacher: Prime numbers.

Rara: How do you spell it?

Teacher: P R I M E – N U M B E R S, please write down!

Evi: Excuse me, teacher! I don’t have a pencil. May I borrow one from my classmates?

Teacher: Yes, you may.

Percakapan di atas berisi cara yang baik saat kita telat masuk kelas. Kemudian bertanya kepada guru dan meminta izin untuk meminjam alat tulis kepada teman sekelas.

Arti percakapan di atas adalah:

Tok tok tok… (suara pintu diketok dari luar).

Guru: Masuk.

Azfar: Selamat pagi. Mohon maaf saya terlambat. Bolehkah saya masuk?

Guru: Ya, silakan. Kamu bisa duduk di tempatmu.

Azfar menuju ke kursinya dan siap untuk mengikuti kelas.

Guru: Apakah PR kalian sudah dikerjakan?

Murid: Sudah.

Guru: baiklah, mari kita periksa bersama. Hari ini, kita belajar tentang bilangan prima.

Rara mengangkat tangannya dan bertanya.

Rara: Apa Bu?

Guru: Bilangan prima.

Rara: Bagaimana Anda mengejanya?

Teacher: Bilangan prima – Silakan ditulis.

Evi: Permisi, Bu/Pak! Saya tidak punya pensil. Bolehkah saya meminjam 1 pensil dari teman selekas?

Guru: Ya, boleh.

  1. Percakapan Bahasa Inggris Di Kantor

Banyak sekali contoh dialog percakapan bahasa inggris pendek di kantor. Bisa antara teman sekantor atau antara atasan dan bawahan. Berikut ini adalah dialog antara atasan yang sedang menegur bawahannya.

Amin: Nisa, you have been late 7 times this month.

Nisa: I remembered I was just late twice.

Amin: Let me check the time sheet.

Checking the time sheet

Amin: You see, I am right. It is 7 times.

Nisa: I estimate the bonus for this month will be deducted.

Amin: Yes, but why are you always late?

Nisa: You know there is always traffic jam in rush hour every day.

Terjemah:

Amin: Nisa, kamu telat masuk kantor 7 kali bulan ini.

Nisa: Seingatku aku hanya telat 2 kali.

Amin: Aku akan mengeceknya di database absensi.

Amin pergi melihat data absensi Nisa.

Amin: Benar aku bukan, kamu telat 7 kali.

Nisa: Saya kita bonus bulan ini akan dikurangi.

Amin: Iya. Tapi kenapa kamu selalu telat?

Nisa: Kamu tahu, saat jam sibuk, jalan selalu macet setiap hari.

  1. Percakapan Bahasa Inggris Di Sekolah

Dialog berikut merupakan percakapan bahasa inggris beserta artinya tentang sekolah antara guru dan beberapa muridnya:

Belajar Conversation di Sekolah

Kring… kring…

Mahya: The bell is ringing, class is about to start. We should go inside.

Farrel and Sharon: Ok. Let’s hurry up.

In the classroom

Teacher: Good morning, everyone!

Students: Good morning, teacher!

Teacher: How are you today?

Students: We’re fine, thank you!

Teacher: I am happy to hear that. It’s so great to see you again. Are you ready for the class?

Students: Yes, we are ready!

Teacher: Please open the book page 23. Let’s read a text. It is a story about environment.

Mahya: Excuse me?

Teacher: It’s environment.

Mahya: How do you spell it?

Teacher: E-N-V-I-R-O-N-M-E-N-T

Arti dari percakapan di atas adalah:

Kring… kring…

Mahya: Belnya berbunyi. Kelas akan segera dimulai. Kita harus

Farrel dan Sharon: Ok. Let’s hurry up.

Di dalam kelas:

Guru: Selamat pagi!

Murid: Selamat pagi!

Guru: Bagaimana kabar kalian hari ini?

Murid: Kami baik, terima kasih.

Guru: Saya senang mendengarnya. Senang bertemu kalian hari ini. Sudah siap mulai pelajaran?

Murid: Ya, kami siap!

Guru: Buka buku halaman 23. Mari kita baca sebuah teks. Ini adalah cerita tentang lingkungan.

Mahya: Maaf?

Guru: Lingkungan.

Mahya: Bagaimana Anda mengejanya?

Guru: L-I-N-G-K-U-N-G-A-N

  1. Percakapan Bahasa Inggris Perkenalan

Berikut adalah contoh percakapan perkenalan bahasa inggris antara dua orang dan cara mengenalkan teman baru dengan teman lama.

Terinspirasi dari percakapan antara Tayo dan Bongbong saat pertama kali bertemu. Juga percakapan antara Tayo dan teman-teman lainnya saat mengenalkan Bongbong.

Tayo: Hello, is everything okay?

(Tayo see Bongbong sleeping on the road and shocked)

Tayo: Hah? He is asleep. Hey! Wake up. You can’t sleep here.

(Bong bong wake up)

Tayo: It is dangerous to sleep on the road. Go on, move along.

(they’re moving)

Tayo: I don’t remember seeing you around here. I am Tayo. What is your name?

Bongbong: Tayo? I am Bongbong.

Tayo: Bongbong? That’s a cute name.

(Tayo invite Bongbong to the garage)

Tayo: Hi everybody!

Bongbong: Hi everybody!

Lani, Gani, and Rogi: Hi Tayo!

Rogi: So, who is he?

Tayo: I met him today on the highway. He is Bongbong.

Rogi: Hi, Bongbong. I am Rogi. Nice to meet you.

Gani: I am Gani. Nice to meet you.

Lani: I am Lani. Nice to meet you.

Bongbong: I am Bongbong. Nice to meet all of you too.

Tayo: Now, Let’s play together.

All: Yey!

Terjemah:

Tayo: Halo, apa semua baik-baik saja?

(Tayo kaget melihat Bongbong tidur di jalan)

Tayo: hah? Dia tertidur. Bangun! Kamu tidak boleh tidur di sini.

(Bongbong bangun)

Tayo: Berbahaya tidur di jalan. Ayo jalan terus.

(Mereka kembali berjalan)

Tayo: Aku tidak pernah melihatmu di sekitar sini. Aku Tayo. Siapa namamu?

Bongbong: Tayo? Aku Bongbong.

Tayo: Bongbong? Nama yang lucu.

(Tayo mengajak Bongbong ke garasi)

Tayo: Hi semuanya!

Bongbong: Hi semuanya!

Lani, Gani, and Rogi: Hi Tayo!

Rogi: Siapa dia?

Tayo: Aku bertemu dengannya hari ini di jalan raya. Namanya Bongbong

Rogi: Hai Bongbong. Namaku Rogi. Senang bertemu denganmu.

Gani: Aku Gani. Senang bertemu denganmu.

Lani: Aku Lani. Senang bertemu denganmu.

Bongbong: Aku Bongbong. Senang bertemu kalian semua.

Tayo: Sekarang, ayo kita bermain bersama.

All: Yey!

  1. Percakapan Bahasa Inggris Sehari Hari Di Rumah

Berikut adalah contoh speaking bahasa inggris percakapan sehari hari antara Ibu Hinda, Bapak Ihsan, dan Devy, anak perempuan mereka.

Ibu Hinda: What do you want to eat for dinner?

Bapak Ihsan: I like to eat pizza.

Ibu Hinda: How about you, Devy?

Devy: Pizza is delicious. I like to eat it too.

Ibu Hinda: Okay, I will make pizza for dinner. But first, please clean up your toys.

(They eat pizza for dinner)

Ibu Hinda: Pizza is ready to eat!

Devy and Bapak Ihsan: Alhamdulillah. Thank you, Mom!

Ibu Hinda: Be careful, it is still hot.

Bapak Ihsan: before eating, let’s pray first.

(They pray and continue to finish their dinner)

Devy: Mom, why don’t you read a story for me?

Ibu Hinda: Okay, I will. What story do you want to hear?

Devy: I want to hear about Qabil and Habil story.

Ibu Hinda: That’s a good choice. Let’s get started.

Ibu Hinda read the story until Devy fell asleep.

Terjemah:

Ibu Hinda: Kalian mau makan malam apa?

Bapak Ihsan: Aku ingin makan pizza.

Ibu Hinda: Bagaimana denganmu, Devy?

Devy: Pizza lezat. Aku juga mau pizza.

Ibu Hinda: Oke, ibu akan memasak pizza untuk makan malam. Tapi tolong bersihkan dulu mainanmu.

(Mereka makan pizza saat makan malam)

Ibu Hinda: Pizzanya sudah siap!

Devy and Bapak Ihsan: Alhamdulillah. Terima kasih, Ibu.

Ibu Hinda: Hati-hati, pizzanya masih panas.

Bapak Ihsan: sebelum makan, kita berdoa dulu.

(Mereka berdoa dan makan malam)

Devy: Kenapa ibu tidak membacakanku sebuah cerita?

Ibu Hinda: Baiklah, cerita apa yang ingin kamu dengar?

Devy: Aku ingin mendengar cerita tentang Qabil dan Habil.

Ibu Hinda: Itu pilihan yang bagus. Ayo kita mulai

(Ibu Hinda membaca cerita sampai Devy tertidur)

  1. Percakapan Formal Bahasa Inggris

Berikut adalah salah satu contoh percakapan bahasa inggris dan artinya yang formal antara bawahan ke atasannya saat sedang menyerahkan laporan:

Aminiatun: Excuse me, may I come in?

The Boss: Yes, please.

Aminiatun: Mr. Rio, this is the project plan you asked me to make.

The Boss: Ok. You did it rapidly.

Aminiatun: Thank you.

The Boss: Could you tell me the main parts of the plan?

Aminiatun: Of course. There are 3 main parts. The first part is the background. The second part is the steps. And the third part is the expected result.

The Boss. Ok, I see.

Aminiatun: Do you have any suggestions, Mr. Rio?

The Boss: I will contact you if I have read this report in detail.

Aminiatun: Ok. Thank you. Could I go back to my place now?

The Boss: Yes, you could go back now. Thank you.

Terjemah:

Aminiatun: Maaf, boleh saya masuk?

Bos: Ya, silakan masuk.

Aminiatun: Pak Rio, ini adalah rencana proyek yang Anda minta saya buat.

Bos: Ok. Anda melakukannya dengan cepat

Aminiatun: Terima kasih.

Bos: Bisakah Anda memberitahu saya bagian utama dari rencana ini?

Aminiatun: Tentu saja. Ada 3 bagian utama. Bagian pertama adalah latar belakang. Bagian kedua adalah langkah-langkahnya. Dan bagian ketiga adalah hasil yang diharapkan.

Bos: Oke, saya paham.

Aminiatun: Apakah Anda punya saran, Pak Rio?

Bos: Saya akan menghubungi Anda jika saya telah membaca laporan ini secara rinci.

Aminiatun: Oke. Terima kasih. Bisakah saya kembali ke tempat saya sekarang?

Bos: Ya, Anda bisa kembali sekarang. Terima kasih.

C. Media Lain agar bisa fasih berbicara bahasa inggris

Ada banyak media yang bisa kita manfaatkan untuk belajar bahasa inggris online gratis percakapan, di antaranya adalah:

  1. Film belajar bahasa inggris

Film berbahasa inggris merupakan salah satu cara jitu agar Anda fasih berbahasa inggris. Namun jangan biasakan membaca subtitelnya ya? Kalau memang butuh subtitel, Anda bisa memakai subtitel bahasa inggris juga. Di awal-awal Anda mungkin akan membutuhkan subtitel ini. Tapi semakin sering menonton, Anda akan terbiasa dan tidak membutuhkan sutitel lagi.

Berikut adalah beberapa film yang bisa Anda tonton. Menurut saya film ini menggunakan bahasa inggris yang sangat jelas dan tidak cepat. Sangat mudah dipahami:

a. Toy Story

Berikut adalah contoh salah satu percakapan bahasa inggris yang cukup fenomenal di film Toy Story yang bersumber dari imsdb.com:

Percakapan Film Inggris Toy Story To Infinity and Beyond

Buzz calmly hits a button and wings pop out.

Again, the toys GASP IN AWE.

HAMM: Oh, impressive wingspan. Very good!

WOODY: Oh, what?!…What?! These are plastic. He can’t fly!

BUZZ: They are a terillium-carbonic alloy and I CAN fly.

WOODY: No, you can’t.

BUZZ: Yes, I can.

WOODY: You can’t!

BUZZ: Can!

WOODY: Can’t! Can’t! Can’t!

BUZZ: I tell you, I could fly around this room with my eyes closed!

WOODY: Okay then, Mr. Lightbeer! Prove it.

BUZZ: All right, then, I will.

(to toys) Stand back everyone!

The crowd of toys make room for Buzz as he heads towards the

edge of the bed and climbs up the bedpost. He poses like a

high diver, shuts his eyes…

BUZZ: To infinity and beyond!!

…and leaps off the bed.

b. The King’s speech

Berikut adalah contoh percakapan di film The King’s Speech dari imsdb.com:

Umbrella stand, coat rack, wooden waiting bench: that’s all.

The door is flung open and Elizabeth enters, drenched, her hat decorated with white silk roses, now limp. A veil covers her features. She waits. Coughs. No response. Calls imperiously:

ELIZABETH: Are you there?

From behind a door:

LIONEL (O.S.):In the lav.

Princess Elizabeth is not used to this sort of thing. She’s further appalled by the loud gurgling of a toilet being flushed, and startled by the entrance of – LIONEL LOGUE. He’s in his forties, tall, with piercing eyes and charismatic features. His demeanor is friendly, but professional. The accent, although Australian, is not heavy, he is after all a speech therapist.

LIONEL (CONT’D): “How poor are they that have not patience! What wound did ever heal but by degrees?”

ELIZABETH: Pardon?

LIONEL: Iago…world’s greatest villain. Just wants to be bad. Sorry, no receptionist.

He offers to shake hands. She doesn’t take it, even though

she’s gloved.

c. The Hunger Games

Salah satu dialog atau percakapan yang cukup saya suka dalam film ini adalah percakapan antara Katniss dan Cinna. Berikut cuplikan dialognya dari rottentomatoes.com:

Katniss Everdeen: So you’re here to make me look pretty.

Cinna: I’m here to help you make an impression.

Dan dialog yang dibawakan oleh presiden snow:

President Snow: Hope, it is the only thing stronger than fear. A little hope is effective, a lot of hope is dangerous. A spark is fine, as long as it’s contained.

Seneca Crane: So…

President Snow: So, contain it!

d. The Paddington

Beberapa quote yang cukup mengena di hati dalam film The Paddington dari moviequotesandmore.com adalah:

Paddington: [voice over] Dear Aunt Lucy, you sent me to London to find a home. I have a wonderful family. I’ve really got to grips with how things work.

——

Paddington: If we’re kind and polite the world will be right

e. Inside Out

Berikut adalah contoh percakapan antara Joy dan Sadness yang cukup fenomenal dari moviequotesandmore.com:

Joy: Rain. Rain is my favorite too! We can stomp around the puddles, you know? There’s cool umbrellas, lightning storms.

Sadness: More like when the rain runs down our back, and makes our shoe soggy. And we get all cold, shivery and everything just starts feeling droopy.

[Sadness falls onto her face crying]

Joy: Oh. Hey, hey, hey. Easy. Why are you crying? It’s like really the opposite of what we’re going for here.

Sadness: Crying helps me slow down and obsessive over the weight of life’s problems.

f. Forrest Gump

Ada sebuah percakapan yang sederhana dalam film ini yang cukup mengena dari rottentomatoes.com, yaitu:

Forrest Gump: When I got tired, I slept. When I got hungry, I ate. When I had to go, you know, I went.

Elderly Southern Woman: And so, you just ran?

Forrest Gump: Yeah.

g. The Words

Berikut adalah contoh dialog Clay dari ranker.com:

Clay: “You have to choose between life and fiction. The two are very close but they never actually touch. They are two very, very different things.”

h. Finding Nemo

Ada penggalan cerita yang cukup menyentuh dan menginspirasi dalam film Finding Nemo. Yaitu ketika Marlin dan Dory menjatuhkan kacamata renang ke dasar laut yang gelap. Padahal di situlah tertulis alamat Nemo.

Ketika Marlin hampir menyerah untuk mendapatkan apa yang sangat dia butuhkan untuk menemukan Nemo. Dory datang dan memberinya semangat.

Inilah cuplikan dialognya dari rottentomatoes.com:

Dory: Hey there, Mr. Grumpy Gills. When life gets you down do you wanna know what you’ve gotta do?

Marlin: No I don’t wanna know.

Dory: [singing] Just keep swimming. Just keep swimming. Just keep swimming, swimming, swimming. What do we do? We swim, swim.

Marlin: Dory, no singing.

Dory: Ha, ha, ha, ha, ho. I love to swim. When you want to swim you want to swim.

Marlin: Now I’m stuck with that song… Now it’s in my head.

Dory: Sorry.

Kebanyakan film di atas memang film anak-anak dan remaja. Hal ini karena film seperti ini biasanya dibuat dengan dialog bahasa inggris yang sederhana dan diucapkan dengan jelas. Tidak terlalu cepat dan sangat cocok untuk belajar ngomong bahasa inggris.

 

  1. Video youtube

Ada banyak sekali video youtube yang bisa Anda pakai belajar speaking bahasa inggris (english) saat ini. Anda bisa langsung mencari dengan keyword percakapan yang diinginkan, misalnya percakapan di kelas dan perkenalan dalam bahasa inggris.

Untuk anak-anak, Anda bisa membuka kanal youtube cocomelon. Di sana ada banyak sekali dialog video belajar bahasa inggris antara ibu dan anak, dialog antara adik dan kakak, dialog antara teman, dialog antara guru dan murid, dll. Dialog-dialog tersebut dibuat menjadi sebuah lagu. Belajar bahasa inggris pun makin mudah.

Untuk remaja dan dewasa, kanal youtube Londo Kampung bisa menjadi salah satu pilihan. Anda bisa menonton salah satu video percakapan bahasa inggris di bawah ini:

Dalam video ini terjadi percakapan antara seorang murid (Farid), guru Bahasa inggris (cak Dave), dan tutor Bahasa Inggris (Rachel) melalui sambungan telepon.

Ketika murid dan tutor bahasa inggris sedang berdialog. Ada banyak kesalahan grammar, vocab, dan pengucapan yang dilakukan oleh si murid. Kemudian, tutor bahasa inggrisnya dengan ramah memberitahu bagaimana percakapan yang benar.

Kemudian saat guru bahasa inggris berbicara dengan tutor bahasa inggris, ada banyak sekali ungkapan umum yang bisa dipelajari. Misalnya, I think you did a great job. Kapan dialog ini diperlukan? Selamat menonton videonya.

Kalau saya pribadi, biasanya sama anak suka menonton video kartun berbahasa inggris. Lagu-lagu atau cerita yang menggunakan bahasa inggris. Ketika ini diputar berulang-ulang. Lama kelamaan akan terbiasa mendengar dan mengerti dengan sendirinya.

 

  1. Game belajar bahasa inggris

Belajar sambil bermain juga bisa, lho! Ada banyak game untuk belajar bahasa inggris yang bisa Anda coba. Di antaranya adalah:

a. Board race (untuk meningkatkan vocabulary)

Sebuah permainan mengulang grammar dan vocab. Biasanya kelas akan dibagi dalam beberapa kelompok. Sesuai dengan namanya, game ini merupakan pertandingan yang menggunakan papan tulis.

Jadi, ada topik yang akan dipilih.

Papan tulis akan dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah kelompok. Kemudian masing-masing kelompok akan mencari kata yang berhubungan dengan topik.

Di akhir permainan, dipilih kata yang sesuai dan tidak sesuai dengan topik. Kelompok yang mengumpulkan atau menulis kata yang paling banyak dan sesuai dengan topik adalah pemenangnya.

b. Simon says

Ini adalah permainan antara guru dan murid.

  • Guru akan berkata Simon Says (bla bla bla) kemudian diikuti oleh muridnya melalui gerakan.
  • Kemudian, jika gurunya bilang tanpa diawali dengan Simon Says, namun ada murid yang melakukan gerakan. Maka murid ini kalah.
  • Pemenangnya adalah siswa mengikuti dengan benar Simon Says hingga akhir.

c. Hangman games

Tuliskan satu kata dengan garis putus-putus di papan tulis.

  • Beri clue kepada murid tentang kata tersebut.
  • Saat murid mulai menebak, tulis huruf di garis tersebut.
  • Jika salah, buatlah garis orang tergantung.

Games berakhir jika kata tertebak atau hangman sudah terpenuhi.

d. Hide and seek

Salah satu permainan yang akan mengasah kemampuan berbahasa inggris adalah hide and seek.

Caranya adalah:

  • Seorang peserta diminta untuk meninggalkan kelas.
  • Peserta yang lain menyembunyikan barang.
  • Jika sudah disembunyikan, peserta yang keluar kelas boleh masuk kembali.
  • Peserta yang meninggalkan kelas mulai mencari barang yang disembunyikan dengan cara bertanya kepada peserta lainnya.

Empat permainan di atas biasanya dilakukan di kelas. Untuk membuat suasana kelas kembali hidup dan tidak membosankan.

 

  1. Aplikasi Android Belajar Bahasa Inggris

Nah, jika Anda ingin belajar percakapan bahasa inggris melalui aplikasi di android, berikut adalah beberapa pilihan cara agar lancar berbahasa inggris dengan menggunakan aplikasi android yang bisa kamu download langsung lewat google play:

a. Hello English

Aplikasi ini mendapatkan rating 4,6 dari 5 bintang. Sudah dipasang lebih dari 10.000.000 kali (dan terus bertambah). Dan kebanyakan pengguna senang dengan aplikasinya.

Ada banyak percakapan berbahasa Indonesia dan inggris yang bisa Anda pelajari dari games apps ini, lho. Bahkan ada ruang diskusi dengan guru atau tutornya. Cekidot aplikasinya disini.

b. English Conversation Practice

Ada banyak aplikasi permainan percakapan bahasa inggris yang bisa Anda pakai untuk latihan, salah satunya English Conversation Practice ini.

Review aplikasi ini bagus, yakni 4,6 dari 5 bintang dengan total review 49.934. Aplikasi ini sudah terpasang di lebih dari 5 juta perangkat dan terus bertambah.

Fitur dari aplikasi ini adalah:

  • Listening
  • Quiz
  • Conversation practice
  • Conversation record

c. Duolingo

Aplikasi ini sangat terkenal, lho! Sudah terinstall lebih dari 100 juta pengguna dengan review 4,7 dari 5 bintang dari total 8 jutaan reviewer dan terus bertambah.

Duolingo mendapatkan Google Play’s Editor Choice dan Best of the Best of 2013 dan 2014. Aplikasi ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dengan cara yang fun.

d. Memrise

Ada banyak sekali penghargaan yang diterima aplikasi ini. Yakni:

  • Google play I/O Best app pada tahun 2017
  • Top developer
  • Editor’s choice

Di sini, kita dapat belajar pengucapan bahasa inggris yang benar melalui pronounciation guides. Juga ada offline mode-nya lho.

Aplikasi games ini mendapatkan bintang 4,6 dari 5 bintang dengan total review 1.254.942. Sudah terinstall sebanyak lebih dari 10 juta dan terus bertambah. Mau langsung install? Klik disini.

e. Busuu

Learn to speak English with Busuu mendapatkan bintang 4,4 dari 5 dengan total review sebanyak 16ribuan dan terus bertambah. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali dan terus bertambah juga.

Beberapa fitur yang ada dalam Busuu antara lain:

  • Grammar
  • Learn offline
  • Accent training
  • Placement test, dll.

f. HelloTalk

Belajar di aplikasi HelloTalk selalu berdasarkan komunikasi, bukan kurikulum. Aplikasi ini mendapatkan 4,1 bintang dari 5 dengan total pemberi review sebanyak 100 ribuan orang dan terus bertambah.

Tak hanya bahasa inggris, Anda bisa belajar berkomunikasi dengan bahasa lain menggunakan aplikasi ini. Langsung dengan nativenya.

Belajar conversation bahasa inggris bisa dilakukan jika kita sering praktik. Tak pernah berhenti dan terus mencobanya.

Hindayani, S.Si.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.

Artikel ini telah diperbarui pada 27 Agustus 2019.

Kalau mau mengutip, pakai format ini ya:

Hindayani. 2019. 9 Contoh Percakapan + 21 Cara Agar Lancar Berbahasa Inggris. https://hindayani.com/cara-agar-lancar-berbahasa-inggris/ diakses pada (tanggal akses).

Kalau ada pertanyaan, Isi komentarnya di bawah ya!

avatar