21 Cara Belajar Bahasa Inggris Anak dan Tips Mengajarkannya

21 Cara Belajar Bahasa Inggris Anak dan Tips Mengajarkannya

Kisahku Cara Mengajarkan dan Tips Belajar Bahasa Inggris Anak

Anak muda Indonesia kini sudah berbeda. Banyak yang sudah melek bahasa inggris dan mahir berbahasa internasional. Ini menunjukkan bahwa kesadaran untuk menguasai bahasa internasional makin meningkat di negeri kita.

Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga jadi salah satu orang yang sadar akan pentingnya bahasa inggris sehingga menerapkan cara belajar bahasa inggris anak dalam kehidupan sehari-hari?

Kalau saya pribadi bisa dibilang demikian.

Sejak melahirkan D, saya bertekat untuk mengajarinya bahasa jawa, bahasa inggris, dan bahasa indonesia. Kenapa?

Alasannya simpel, bahasa adalah cara kita berkomunikasi dengan semesta. Bahasa adalah modal utama mendapatkan ilmu dan wawasan baru.

Kenapa harus bahasa jawa, bahasa inggris, dan indonesia?

Orang tua saya menekankan kepada saya untuk mengajarkan bahasa daerah. Karena saya berasal dari Tuban, Jawa Timur, maka bahasa jawa adalah yang utama. Saya mengajarinya bahasa jawa halus seperti Nggeh, mboten, sampun, mandap, mantuk, dll agar saat bertemu dengan orang yang lebih sepuh D bisa beradaptasi. Menghormati mereka melalui tidak tanduk dan bahasa.

Kemudian saya memilih bahasa inggris sebagai pilihan bahasa kedua, karena inilah bahasa internasional. Suatu saat D akan bertemu dengan banyak orang dari belahan dunia lain. Apalagi sekarang perdagangan sudah bebas. Selain itu, banyak juga buku literatur yang menggunakan bahasa inggris.

Bahasa indonesia sebagai bahasa nasional juga wajib diketahui oleh D. Bedanya, saya tidak perlu mengajarkan bahasa ini. Sebab di lingkungan kami tinggal, semua sudah menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa keseharian. Sehingga cukup mudah buat dia mengikuti bahasa indonesia.


Saat ini, Alhamdulillah D sudah bisa ketiganya. Bahkan ada beberapa bahasa tambahan seperti bahasa arab dan melayu.

Nah, dalam kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman cara mengajarkan bahasa inggris pada anak usia ini. Sebab menurut pengamatan saya, banyak sekali orang tua yang ingin anaknya bisa bahasa inggris akan tetapi tidak tahu harus mulai dari mana.

Tampilkan Daftar Isi

Daftar Isi

Cara kreatif dan efektif belajar bahasa inggris anak

Apa yang saya tulis dalam artikel ini adalah sebatas pengalaman. Apa yang saya lakukan sebagai sebuah kebiasaan dengan tujuan mengenalkan bahasa inggris kepada anak. Yang memang sudah saya mulai sejak dia baru beberapa hari lahir.

Cara mengajarkan bahasa inggris pada anak usia dini

Sudah jadi rahasia umum jika beberapa dokter anak menyarankan untuk mengenalkan satu bahasa terlebih dulu kepada anaknya. Tujuannya adalah agar anak tidak terlambat bicara dan menjaga psikologi anak usia dini.

Tapi ternyata semakin kesini, banyak balita yang sudah bisa berbahasa inggris, minimal bilang No.

Demikian juga yang terjadi dengan anak saya, awalnya dia hanya bisa bilang No. Lalu sekarang (Okt 2019), saat usianya 2 tahun 10 bulan dia bisa bertanya dan berkata, Where is Bapak? Where is ibuk? What is this? Come On, dll.

Bagaimana cara mengajarkan bahasa inggris pada anak usia dini yang saya lakukan?

1. Peran ibu teramat penting

Sebagai ibu yang lebih banyak menghabiskan waktu bersama si kecil saya meyakini bahwa bahasa sayalah yang paling dia mengerti. Begitu pula sebaliknya, saat anak bicara, ibunyalah yang paling akan mengerti.

Maka tak heran jika kita mengenal istilah bahasa ibu. Bahkan saat anak kita belum belajar bicara, dia sudah mengerti apa yang kita bicarakan. Sebaliknya, kita juga mengerti apa yang dia mau meski tidak diungkapkan dalam satu kalimat yang jelas.

Pengalaman dan Trik Mengajarkan Bahasa Inggris Sejak Dini

Oleh karena itu, cara mengajarkan bahasa inggris pada anak usia dini tak lepas dari bahasa dan peran kita sebagai seorang ibu. Bahasa apa yang kita gunakan setiap hari dan bagaimana cara kita menyampaikannya adalah sesuatu yang amat penting buat perkembangan linguistik anak kita.

2. Mengenalkan bukan mengajarkan

Tak hanya peran kita yang penting, niat kita juga penting. Yang saya lakukan selama ini bukanlah mengajarkan bahasa inggris kepada D. Akan tetapi lebih mengenalkan kepadanya melalui bahasa sehari-hari untuk berkomunikasi dan bermain bersama.

3. Sadar tentang kecerdasan linguistik itu berbeda pada masing-masing anak

Sebagai orang tua, mempunyai niat untuk mengenalkan bahasa pada anak itu bagus. Akan tetapi yang tak kalah bagus adalah sadar bahwa kecerdasan linguistik dan karakteristik anak usia dini berbeda.

Dengan kesadaran ini kita akan terhindar dari pemaksaan pada anak. Juga akan terhindar dari kebiasaan membanding-bandingkan dan membedakan anak kita dengan orang lain yang mungkin lebih mahir berbahasa inggris.

4. Kenalkan melalui lagu

Dari saat bayi D sudah biasa mendengarkan kumpulan lagu anak bahasa inggris karena aku senang bernyanyi untuknya. Contohnya adalah london bridge is falling down, do you want to build a snowman, twinkle twinkle little star, dll.

Meski saat itu dia belum paham, ternyata sekarang dampaknya terlihat. Dia senang dengan kumpulan lagu anak bahasa inggris yang biasanya saya nyanyikan saat dia masih bayi. Dan sudah bisa mulai menirukan.

Selain lagu di atas, saya juga mengenalkan lagu bahasa inggris anak terpopuler lainnya seperti head shoulder knees and toes, counting song, dll.

Selain saya nyanyikan, D juga nonton videonya sesekali.

5. Putarkan video

Ada banyak sekali channel youtube yang bisa Anda putar sebagai cara mengajarkan anak bahasa inggris. Salah satunya adalah milik cocomelon.

Anak saya biasanya menonton video di bawah ini:

  • Baby Shark
  • Bath song
  • Head shoulders knees and toes

Masih banyak video lainnya, yang jelas biasakan saja mendengarkan atau menonton video berbahasa inggris yang cocok dengan usia dan menarik untuk anak kita.

Anda bahkan boleh sesekali memutarkan video film anak seperti tayo yang versi bahasa inggris, bee movie, dll. Kalau mereka terbiasa mendengar dan menonton. Mereka akan terbiasa dengan sendirinya.

6. Mulai dari nama benda di sekitar atau anggota tubuh

Mulailah dengan hal yang sederhana, misalnya nama benda di sekitarnya. Atau anggota tubuh yang kita miliki.

Untuk anggota tubuh, saya biasanya menyanyikan bath song atau head shoulders knees and toes.

Saat mandi, saya akan menyanyikan bath song, yang liriknya sebagai berikut:

I jump in the bathtub, it’s time to get all clean, I’ll be the cleanest kids you’ve ever seen, the soap and the buble are filling up the tub. So, I’ll jump in the bath tub and scrub scrub scrub.

Pas di part:

  • Wash my hair, dududu biasanya D akan melakukan sesuai dengan apa yang saya katakan. Dia menggosok rambutnya.
  • Wash my hand, dududu biasanya D akan menggosok tangannya.
  • Wash my arm, dududu biasanya D akan menggosok lengannya.
  • Wash my knees, dududu biasanya D akan menggosok lututnya.
  • Wash my toes, dududu biasanya D akan menggosok kakinya.

Ini menandakan bahwa dia memahami bahasa inggris masing-masing anggota tubuhnya.

7. Lanjutkan dengan warna

Cara mengajarkan bahasa inggris pada anak usia dini selanjutnya adalah mengenalkan colors. Ada banyak lagu bahasa inggris yang mengenalkan warna dalam liriknya.

Seperti:

Pink colors pink colors where are you? Here I am, here I am how do you do?, dst.

Kalau untuk mengenalkan warna kita perlu visualisasi yang bagus ya? Jadi, sekalian nonton video saja.

D bisa mengenal semua warna sebelum dia 2 tahun dalam dua bahasa, Indonesia dan inggris.

8. Kenalkan angka dan huruf

Meski banyak yang kontra soal mengajarkan berhitung pada anak tapi D sudah kenal angka dan huruf sejak dini menggunakan dua bahasa sekaligus. Cara saya sama, menggunakan lagu yang saya nyanyikan atau menonton video.

9. Pakai matras puzzle huruf

Salah satu produk yang saya gunakan untuk mengenalkan bahasa inggris pada D adalah matras puzzle huruf. Untuk menggunakan produk ini, saya harus bermain lompat tercepat dengan D.

Begini cara mainnya:

Salah satu di antara kami akan memilih huruf atau benda apa yang akan kami tuju. Kemudian kami akan beradu cepat untuk menemukan huruf atau benda tersebut. Siapa yang sampai duluan, itulah pemenangnya.

Salah satu contoh permainan anak usia dini ini sangat bermanfaat buat D karena bisa meningkatkan kelincahan, mengenalkan dia huruf, dan nama benda dalam bahasa inggris. Selain itu, dia juga bisa berolahraga secara menyenangkan.

Cara ini juga bisa dijadikan contoh kreativitas anak usia dini, lho! Sebab pada saat dia memilih benda yang akan dia tuju, dia sedang melakukan aktivitas berpikir kreatif. Pun saat sedang menuju ke benda yang ia pilih.

10. Orang tua ikut belajar bahasa inggris

Inilah kunci dalam belajar bahasa inggris anak. Yups, jika Anda ingin anak Anda bisa bahasa inggris maka Anda harus bisa dulu. Anda harus menguasai dengan baik supaya bisa mengenalkan bahasa inggris dengan baik pula kepada anak.

Saat saya mengenalkan bahasa inggris kepada D melalui video yang saya putarkan di youtube, saya juga ikut menghafal liriknya. Sehingga saat dia tidak sedang menonton kami bisa bermain bersama menggunakan lagu tersebut sebagai backsound.

Saya belajar juga bagaimana lagunya, apa liriknya, seperti apa pronounciationnya, apa artinya, dll. Supaya kami bisa praktek setiap hari bersama.

Beda, lho hasilnya kalau hanya disampaikan melalui video youtube dengan disampaikan sendiri oleh ibunya sebagai bahasa ibu.

11. Anak juga butuh partner yang menyenangkan untuk praktek bahasa

Seperti orang dewasa yang belajar bahasa butuh praktek, anak kecil pun sama. Siapa kiranya yang akan jadi partner mereka untuk praktek kalau bukan kita.

Saya bahkan sering main dengan anak saya menggunakan lagu, if you’re happy and you know it clap your hands!

Buatlah sebuah momen yang seru dan menyenangkan saat Anda mengenalkan bahasa inggris.

Itulah sebelas cara belajar bahasa inggris untuk anak usia dini yang dapat saya rangkum. Selanjutnya saya akan bahas tentang belajar bahasa inggris anak TK.

Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya memberikan les privat dan mengajak teman-teman anak saya yang sudah TK dan SD belajar bahasa inggris saat main ke rumah.

Begini cara belajar bahasa inggris untuk anak TK Agar Fun

Jika anak Anda sudah TK dan sama sekali belum tahu bahasa inggris, maka mulailah dengan mengenalkannya seperti 11 cara mengajarkan bahasa inggris pada anak usia dini di atas.

Namun jika sudah punya bekal belajar bahasa inggris dasar untuk anak, maka Anda bisa lanjut ke cara-cara belajar bahasa inggris anak TK di bawah ini:

1. Mengenalkan nama benda yang lebih kompleks

Jika nama-nama benda dasar dan anggota tubuh sudah diketahui, kini saatnya mengenalkan benda-benda lain seperti books, pencil, bag, nama buah, nama hewan, atau beberapa benda yang ada di sekolah dan sekitarnya.

Bagaimanapun, dia sudah mulai sekolah dan mengerti apa saja yang dia butuhkan untuk berangkat ke sekolah.

Buatlah sebuah lirik lagu yang easy listening, mudah dihafal dan bisa dia terima dengan baik. Misalnya:

Watermelon watermelon semangka semangka, buaya crocodile buaya crocodile, snake ular snake ular.

Lirik lagu di atas bisa Anda nyanyikan dengan lagu are you sleeping. Pastikan bahwa pronounciation Anda tepat sehingga anak juga bisa menangkapnya dengan tepat.

Jangan sampai snake tertukar dengan snack!

2. Membeli buku bilingual (Indonesia – Inggris)

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Ada banyak buku yang bisa Anda beli sebagai cara belajar bahasa inggris untuk anak TK. Pilihlah buku yang tidak mudah rusak / awet, mengandung cerita dan pengajaran, fun, dan gambarnya menarik.

Sebaiknya Anda juga memilih buku yang kalimatnya tak terlalu panjang. Lebih banyak gambar tapi tetap bisa dimengerti bahasanya. Pilihlah cerita-cerita yang sederhana yang memiliki awal-ending jelas dan simpel.

3. Belajar menggunakan aplikasi / games via HP

Salah satu cara belajar bahasa inggris untuk anak TK adalah dengan menggunakan aplikasi atau games yang bisa diakses melalui handpone (HP) atau smartphone.

Adalah lingokids, salah satu aplikasi yang bisa digunakan dari anak usia 2 tahun sampai 8 tahun. Jadi, aplikasi ini bisa dipakai pada anak usia dini sampai nanti saat masuk sekolah dasar.

Games ini sudah mendapatkan bintang 4,4 dari total 30.844 orang yang memberikan ulasan. Saat saya akses pada tanggal 2 Oktober 2019, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta orang.

Salah satu reviewer mengaku puas dengan apa yang diberikan aplikasi ini. Adik reviewer jadi makin pintar berbahasa inggris. Kalau Anda mau juga bisa langsung klik di sini.

4. Didampingi guru dan orang tua

Jika dalam usia ini, peran ibu sangatlah penting dalam mengenalkan bahasa inggris, maka peran ibu bersama gurunya lah yang sangat dibutuhkan anak pada saat TK.

Harus ada kerja sama antara lingkungan rumah dan sekolah agar anak terbiasa dan mampu berbahasa inggris secara fun dan menyenangkan.

Belajar bahasa inggris untuk anak SD

Semakin berkembang anak, sebagai ibu kita tetap harus mendampinginya supaya kesulitannya menjadi tak berarti. Agar dia terbiasa menemukan solusi.

Menurut saya, begini cara belajar bahasa inggris untuk anak SD sebagaimana pernah saya terapkan saat memberikan les privat dan pada teman-temannya D saat sedang main ke rumah.

1. Pakai aplikasi/games di smartphone

Seperti yang diulas di atas, Anda bisa menggunakan aplikasi lingoKids untuk mengajarkan bahasa inggris pada anak Anda yang sudah SD. Sebab aplikasi ini cocok untuk dipakai anak usia kurang dari 8 tahun.

Selalu dampingi putra-putri Anda saat belajar agar tahu perkembangannya dengan baik.

Selain aplikasi ini, Anda juga bisa mencoba aplikasi lainnya kok. Masih ada banyak. Pilihkan yang sesuai buat anak Anda. Cocok dari segi usia, kemampuan, gambar yang menarik dan dia suka, dan tidak terlalu berat untuk HP Anda. Sehingga saat memainkan games tersebut, anak tetap bisa merasa nyaman.

2. Belajar melalui buku

Saat sudah SD tentu ada buku bahasa inggris dari sekolah ya? Gunakanlah buku ini dan ajarkan dia cara membaca dengan pengucapan yang benar.

Anda juga bisa membeli buku cerita sendiri. Pilihlah buku-buku yang ringan, mengandung cerita yang ada nilai moral dan pembelajarannya, namun tetap disampaikan dengan bahasa yang simpel dan mudah dimengerti.

Ada dua buku favorit D yang berbahasa inggris, yaitu kisah tentang Qabil & Habil dan kisah tentang seorang anak yang akan pentas balet.

Dua buku ini hadir dengan gambar yang menarik sehingga tidak membosankan buat anak-anak. Mereka akan semangat membacanya.

3. Biarkan membaca

Saat dia tertarik dengan buku atau karena sudah makin lancar membaca dalam bahasa indonesia, ada rasa tertarik membaca buku dengan bahasa asing. Kiranya seperti inilah teman-teman D saat main ke rumah.

Jika mereka membaca buku berbahasa inggris, biarkanlah. Koreksi jika memang ada ejaan atau pengucapan yang salah. Tapi pelan-pelan dan jangan semua disalahkan. Biarkan dia gemar membaca dulu.

Membiarkan minat membaca mereka mengalir juga menjadi salah satu cara mengajar bahasa inggris untuk anak SD mengalir. Dan pada kelanjutannya bisa dikembangkan dengan baik.

4. Story telling yuk!

Jadwalkan membaca buku berbahasa inggrisnya. Buatlah sebuah momen story telling sehingga dapat dia dengarkan. Misalnya dengan memakai buku cerita yang pernah dia baca.

Dengan mendengarkan Anda bercerita, dia akan dengan sendirinya mengerti bagaimana pengucapan yang benar. Jadi, dia tidak akan merasa sedang disuruh membenarkan akan tetapi dengan sendirinya sadar untuk membenarkan cara pengucapannya.

Saat membaca buku cerita anak bahasa inggris, lakukan dengan menarik. Jangan monoton. Ekspresi, intonasi, dan pengucapan harus jelas dan bagus.

Kiranya seperti inilah cara mengejarkan anak bahasa inggris dengan fun tanpa harus menggurui mereka.

5. Tumbuhkan rasa percaya diri dan berani

Agar bisa percaya diri, dia harus sering berlatih. Dan Anda harus mendukungnya dengan berani juga berbicara menggunakan bahasa inggris sesekali kepadanya.

Jangan sampai dia minder dan takut karena pernah melakukan kesalahan membaca bahasa inggris dan diledek temannya. Terus pacu semangatnya.

6. Dikte dan belajar mengeja

Salah satu cara belajar bahasa inggris untuk anak SD adalah dengan mengajak mereka menulis bahasa inggris. Coba tanyakan bahasa inggrisnya apel. Jika dia bisa menyebutkan apple. Maka tantanglah dia untuk menuliskan apple secara benar.

Mulailah dari kata-kata sederhana yang ia kuasai, kemudian ke kata yang belum ia mengerti atau sedang dia pahami akhir-akhir ini.

Kalau Anda sering menemaninya belajar, pasti tahu kok yang mana.

Kumpulan lagu anak-anak dalam bahasa inggris terpopuler

Berikut adalah kumpulan lagu anak-anak dalam bahasa inggris terpopuler yang biasanya saya perdengarkan ke D:

1. Lirik lagu Bath song

Lagu bahasa inggris untuk anak saat sedang berada di rumah disesuaikan dengan kesehariannya. Bisa dinyanyikan saat sedang mandi untuk mengenalkan anggota tubuh:

I jump in the bathtub, it’s time to get all clean, I’ll be the cleanest kids you’ve ever seen, the soap and the buble are filling up the tub. So, I’ll jump in the bath tub and scrub scrub scrub.

Wash my hair, dududu, wash my hair dududu, wash my hair

Wash my hands, dududu, wash my hands dududu, wash my hands

Wash my arm, dududu, wash my arms dududu, wash my arms

Wash my knees, dududu, wash my knees dududu, wash my knees

Wash my toes, dududu, wash my toes dududu, wash my toes

I’m all clean, dududu, I’m all clean dududu, I’m all clean

2. Lirik lagu numbers

Ini merupakan salah satu lagu yang bisa dikategorikan sebagai lagu bahasa inggris anak PAUD untuk mengenalkan angka 1 – 10:

One little two little three little numbers

Four little five little six little numbers

Seven little eight little nine little numbers

Ten little numbers, ten little numbers

3. Lirik lagu ABC phonic song

Ini merupakan salah satu lagu yang bisa dikategorikan sebagai lagu bahasa inggris anak PAUD untuk mengenalkan huruf ABC dan nama benda:

A is for apple, aaapple.

B is for ball, bbball.

C is fo cat cccat.

D is fo duck ddduck.

E is for elephant eeelephant.

F is for fish fffish.

G is goat gggoat.

H is for house hhhouse.

I is for island iiisland.

J is for jelly bean jjjelly bean.

K is for kite kkkite.

L is for lion lllion.

M is for monkey mmmonkey.

N is for nurse nnnurse.

O is for orange ooorange.

P is for pig pppig.

Q is for queen qqqueen.

R is for rabbit rrrabbit.

S is for soap sssoap.

T is for toes tttoes.

U is for umbrella uuumbrella.

V is for vas vvvas.

W is for watermelon wwwatermelon.

X is for xylophone xxxylophone.

Z is for zebra zzzebra.

Untuk lirik lagu di atas, teman-teman bisa kreatif mengganti nama bendanya.

Selain lagu bahasa inggris anak terpopuler di atas, Anda bisa cek langsung ke chanel cocomelon yang memang menjadi kanal youtube terfavorit buat anak-anak masa kini dalam belajar bahasa inggris. Selengkapnya klik di sini.

Jika Anda sedang mencari kumpulan lagu bahasa inggris untuk anak SD, Anda bisa memutarkan London bridge is falling down.

Buku cerita dan dongeng anak bahasa inggris

Seperti yang sudah saya paparkan di atas, salah satu cara belajar bahasa inggris anak adalah dengan membacakan dongeng, mengenalkannya dengan buku cerita. Berikut ini adalah beberapa buku cerita dan dongeng anak bahasa inggris untuk Anda:

1. Following the Behaviour of the ravens

Ini merupakan salah satu buku kesukaan D. Buku ini memiliki nilai moral yang bagus dan disajikan dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris.

Mengisahkan tentang dua anak Nabi Adam AS, yakni Qabil dan Habil dengan seekor burung gagak.

Gambar 1 - buku cerita dan dongeng anak bahasa inggris  

Gambar yang disajikan dalam buku cerita anak bahasa inggris ini juga sangat bagus, menarik, dengan pilihan warna-warna yang colorful sehingga anak-anak suka.

Secara pribadi saya merekomendasikan buku ini. Sekalian bisa menceritakan kisah dalam Al-Quran kepada putra-putri kita.

Gambar 2 - buku cerita dan dongeng anak bahasa inggris

Yang lebih menarik lagi, harga buku ini sangat murah. Sekitar Rp 12.500,- kalau saya tidak salah. Lupa-lupa ingat.

2. Buku aktivitas anak

Anda juga bisa membelikan buku-buku cerita menarik yang mengisahkan tentang mimpi, aktivitas sehari-hari, dll. Saat searching saya menemukan buku-buku ini terpajang di salah satu toko online.

Produk ini mendapatkan bintang 5 dari 5, lho. Banyak yang suka karena selain memang bukunya menarik, harganya sangat murah. Hanya Rp 7.000,- saja per buku. Anda bahkan bisa membelinya dengan harga grosir Rp 6.000,- dengan pembelian minimal 5 buku.

3. Buku 3D agar lebih menarik

Teman-teman juga bisa membelikan buku yang lebih menarik, dengan konsep 3D. Ada banyak pilihan yang bisa teman-teman pilih. Harganya biasanya di atas 100 ribu. Tapi kini banyak juga kok yang jual prelovednya. Salah satunya cek ini.

Itulah beberapa buku cerita dan dongeng anak bahasa inggris yang bisa Anda pilih. Yang terpenting, tentukan dulu Anda mau buku yang full english atau bilingual agar lebih multifungsi. Juga cari tahu apa yang menarik buat anak Anda. Anda bahkan bisa mulai membelikan buku karakter atau tokoh kesukaannya.

Game bahasa inggris untuk anak SD

Game bahasa inggris untuk anak SD bisa dilakukan di kelas maupun melalui layar smartphone. Jika teman-teman ingin mengajari anak di rumah melalui aplikasi belajar bahasa inggris di smartphone, maka selain LigoKids teman-teman juga bisa memilih game bahasa inggris untuk anak SD di bawah ini:

1. Belajar Bahasa Inggris + Suara

Game ini merupakan garapan dari Solite Kids. D sudah mengunduh versi ABC nya dan sejauh ini memang Solite Kids memberikan efek yang baik untuk belajar.

Games ini sudah mendapatkan bintang 4,4 dari 5 dengan total ulasan sebanyak 2.015 sebagaimana saya akses pada tanggal 2 Oktober 2019.

Permainan yang bisa digunakan belajar oleh anak usia 6 – 12 tahun ini sudah diunduh lebih dari 100.000 kali. Selengkapnya klik di sini.

2. Paket Belajar Lengkap – Game Anak – Bahasa Inggris

Jika Anda ingin mengenalkan bahasa inggris dari dasar, silakan klik link ini untuk langsung mengenalkan tentang huruf, angka, hewan, bentuk, warna, pakaian, nama bulan, dll.

Aplikasi ini mendapatkan rating 4,0 dari 5 dari total 1.209 orang yang me-review.

Games yang menggunakan full english ini sudah diunduh oleh lebih dari 500.000 orang dan sampai kini masih terus berjalan.

3. Bahasa Inggris Anak + Suara (Metode Kartu)

Aplikasi dari Nazka Kreatif ini mendapatkan review yang bagus dari para penggunanya. Salah satu pengguna mengungkap bahwa game ini bisa meningkatkan kosakata atau vocabularies dalam belajar bahasa inggris anak.

Saat saya mengeceknya pada tanggal 2 Oktober 2019, game bahasa inggris untuk anak SD ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 5000 kali dan memperoleh bintang 4,6 dari 27 orang yang memberikan ulasan. Selengkapnya di sini.

4. Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Dibuat oleh TalkEnglish untuk anak usia 9-12 tahun, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk tak hanya mendengarkan, tetapi juga belajar pronounciation. Tak heran bila aplikasi ini mendapatkan bintang 4,7 dari 5 bintang sempurna yang disediakan.

Salah satu ulasan mengungkap bahwa aplikasi ini bisa memberikan penjelasan tentang pengucapan yang jelas dan quis yang ada menjadi penyempurnanya.

Anda bisa klik selengkapnya di sini untuk mengenal lebih jauh tentang permainan seru ini dan menjadikannya sebagai salah satu cara belajar bahasa inggris anak SD.

Itulah 4 game bahasa inggris untuk anak SD yang recommended buat Anda coba. Menurut saya pribadi, bahasa itu memang penting dikenalkan sejak dini kepada anak. Namun, kita juga tidak bisa memaksakan kepada mereka. Kita cukup mengenalkan lewat alat atau sarana yang membuat mereka fun dan tidak merasa sedang diajari.

Adanya games dan aplikasi adalah faktor pendukung. Keberhasilan belajar bahasa inggris anak merupakan peran dari orang-orang yang berada di sekitar anak. Termasuk keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitarnya.

Sekali lagi, saya hanya berbagi. Mohon maaf jika ada kekurangan dan saya tunggu sharing teman-teman di kolom komentar. Mari bertukar pikiran.

Bagaimana pun masing-masing orang memiliki cara mendidik anak usia dini yang berbeda. Dengan sharing yang ada, kita bisa meningkatkan cara kreatif supaya bisa mengajari anak kita dengan fun dan menyenangkan.

Hindayani, S.Si.

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.

Kalau ada pertanyaan, Isi komentarnya di bawah ya!

avatar
  Subscribe  
Notify of