Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Jenis, Pengertian, dan Fungsi Question Words (Kata Tanya)

Diperbarui terakhir: 16 November, 2014


Jenis, Pengertian, dan fungsi Question Words ini kami sajikan untuk mempermudah para pembaca untuk memahami bagaimana cara membuat kalimat pertanyaan dalam Bahasa Inggris. Perlu Anda tahu, kata tanya dalam Bahasa Inggris ada beberapa jenis, yaitu what, why, when, which, where, whose, who, whom and how. Semuanya akan kami bahas satu per satu dalam artikel ini.

Ini Dia Jenis, Pengertian, dan Fungsi Question Words – Kata Tanya dalam Bahasa Inggris

Jenis, Pengertian, dan Fungsi Question Words (Kata Tanya)

Yang pertama yaitu Question Words : WHAT

What dalam Bahasa Indonesia berarti apa atau apakah. Kata tanya satu ini biasanya digunakan untuk menanyakan suatu benda dan bisa juga digunakan untuk menanyakan jam.

Contoh; what is he? What time is it?

What juga digunakan untuk menanyakan sebuah nama, baik itu nama manusia, benda, hewan, maupun nama pekerjaan. Hal ini karena nama juga merupakan sebuah benda yang tidak dapat dilihat. Contoh; what is your name?, What is it?, What are you?, What is your hobby? etc.

Yang kedua adalah Question Words : WHY

Why berarti mengapa. Kalimat ini digunakan untuk menanyakan sebuah alasan atau sebab terjadinya sesuatu.

Contoh; why do you come late? Why do you cry?

Setiap pertanyaan yang diawali dengan why jawabannya bisa menggunakan because, because of, atau to infinitive. Ini menjadi pelengkap materi jenis, pengertian, dan fungsi question words yang kami sajikan ini.

Jika kita menjawab menggunakan because maka bentuk yang digunakan adalah becausekemudian diikuti klausa kata keterangan yang memiliki subject dan predikat. Jika menjawab dengan menggunakan because of maka bentuk yang digunakan adalah because ofdiikuti kata benda (noun).

Contoh

Why do you go to library?

Because I want to read some books.

Because of some books.

To read some books.

Yang ketiga adalah Question Words : WHEN

When yang berarti kapan digunakan untuk menanyakan keterangan waktu, kapan kejadian yang ditanyakan itu terjadi.

Contoh:

When do you go to Tuban?

I will go to Tuban tomorrow

Yang keempat adalah Question Words : WHICH

Which yang berarti yang mana digunakan untuk menanyakan sebuah pilihan. Which dalam kata tanya sering muncul bersama dengan kata ganti one atau ones. One merupakan kata ganti benda atau orang yang berjumlah satu, dan ones adalah kata ganti orang atau benda yang jumlahnya lebih dari satu. Agar lebih jelas tentang jenis, pengertian, dan fungsi question words, berikut contohnya untuk Anda;

Contoh:

Which one is Udin?

Which ones do you want to buy?

Yang kelima adalah Question Words : WHERE

Where dalam bahasa Indonesia berarti di mana digunakan untuk menanyakan sebuah tempat. Contoh; where do you study?, where do you come from, etc.

Yang keenam adalah Question Words : WHOSE

Yang berarti milik siapa, digunakan untuk menanyakan kepemilikan suatu benda.

Contoh; whose book is that?, whose dogs are those?, whose that?, etc.

Yang ketujuh adalah Question Words : WHO

Berarti siapa, digunakan untuk menanyakan subject atau orang.

Contoh; who is he?, who are you?, who is your mother, etc.

Yang kedelapan adalah Question Words : WHOM

Whom dalam bahasa Indonesia berarti kepada atau untuk siapa, juga digunakan untuk menanyakan object atau orang.

Contoh; For whom you buy it?, For whom I do it?

Dan yang terakhir adalah Question Words : HOW

Berarti bagaimana, digunakan untuk menanyakan keadaan atau cara. Untuk memahami jenis, pengertian, dan fungsi question words dalam kata tanya How ini, simak ulasan lengkapnya yang hindayani.com buat di bawah ini.

Contoh:

How are you? (digunakan untuk menanyakan kabar pada orang yang sudah dikenal sebelumnya).

How do you do? (digunakan untuk menanyakan kabar pada orang yang belum dikenal).

How do you go to school? (Digunakan untuk menanyakan cara bagaimana dia pergi ke sekolah).

How sendiri memiliki beberapa jenis kata tanya yang lain, yaitu dengan ditambah sebuah kata keterangan (adverb). Kata tanya tersebut adalah How long, how far, how tall, how fast, how often, how many, dan how much.

Yang pertama adalah How long

Digunakan untuk menanyakan berapa lama kegiatan tersebut dilakukan atau berapa panjang suatu benda. Contoh: how long do you stay here?, hoe long is your ruler?, etc.

Yang kedua adalah How far

Berarti berapa jauh digunakan untuk menanyakan jarak suatu tempat. Contoh; How far is your home to your school?

Yang ketiga adalah how fast

Berarti berapa cepat yang digunakan untuk menanyakan kecepatan suatu benda. Contoh; How fast is your car?

Yang keempat adalah How often

Berarti berapa sering, digunakan untuk menanyakan seberapa sering kegiatan tersebut dilakukan. Contoh; how often do you go to the Zoo?

Bagaimana? Anda sudah cukup mengerti tentang jenis, pengertian, dan fungsi question words? Silakan lanjut baca untuk memahami materi ini secara lebih detail.

Yang kelima adalah How many

Yang artinya adalah berapa banyak, yang digunakan untuk menanyakan berapa banyak suatu benda. Kata tanya ini digunakan untuk menanyakan suatu benda yang dapat dihitung. Contoh; How many apples do you have?

Yang terakhir adalah How much

yang juga berarti berapa banyak yang digunakan untuk menanyakan berapa banyak untuk benda yang tidak dapat dihitung. Contoh; how much money do you want?

Selain jenis, pengertian, dan fungsi question words yang kami sebutkan di atas, untuk membuat sebuah kalimat tanya, kita dapat menggunakan kata kerja bantu (Auxiliary Verb). Kalimat tanya yang menggunakan kata kerja bantu digunakan untuk pertanyaan yang jawabannya adalah Yes atau No.

Contoh:

Are you a policeman?

No, I am not

Is she a nurse?

No, she is not

Pada kalimat yang pertama, jika pertanyaannya menggunakan subject you maka jawabannya menggunakan I dan sebaliknya, jika pertanyaannya menggunakan I maka jawabannya menggunakan you.

Untuk kalimat pertanyaan yang menggunakan QUESTION WORDS jawabannya tergantung kepada apa yang ditanyakan. Namun, jika pertanyaannya menggunakan kata kerja bantu maka jawabannya hanyalah yes/no.

Demikianlah materi tentang jenis, pengertian, dan fungsi question words yang dapat kami sampaikan semoga dapat membantu Anda dalam belajar Bahasa Inggris. Simak juga panduan lengkap cara membuat reported text. semoga sukses.

Salam,

Hindayani.com