Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Kiat Mengatur Keuangan Saat Ramadhan

Diperbarui terakhir: 29 Juni, 2015


Kiat Mengatur Keuangan Saat Ramadhan – Kita semua perlu tahu pentingnya mengatur keuangan saat bulan puasa tiba. Pasalnya, hampir setiap orang merasa keperluannya meningkat saat Ramadhan. Keuangan pun seolah menipis padahal kita berpuasa di siang hari. Alias tidak makan dan minum di siang hari. Salah satu sebab mengapa hal ini terjadi adalah kecenderungan untuk berbelanja di bulan puasa dan pada saat lebaran meningkat. Sebab lainnya bisa jadi adalah harga pokok barang yang memang lebih sering naik saat bulan puasa. Sebagai contoh, jika biasanya parkir motor bisa seribu rupiah di hari biasa, maka di bulan puasa, jasa parkir bisa memasang tariff Rp 2000,-. Nah, bagaimana untuk menyiasati agar keuangan tetap aman selama bulan Ramadan? Kami akan mencoba memaparkannya di sini.

Begini lho kiat mengatur keuangan saat Ramadhan dan lebaran

Kiat Mengatur Keuangan Saat Ramadhan

Apa adanya

Pola pikir sangat mempengaruhi kita dalam kaitannya dengan pemakaian uang. Jika dari awal kita sudah berpikir berbuka puasa harus yang spesial dan berharga mahal, maka keuangan akan mudah jebol. Padahal di bulan puasa sebaiknya kita menahan diri dari hal-hal seperti itu. Sederhana dan apa adanya menjadi di antara esensi dari bulan puasa yang bisa diterapkan dalam rangka mengelola keuangan kita selama bulan puasa hingga lebaran datang.

Nikmati momen buka puasa bersama

Ada banyak acara berbuka puasa yang dilaksanakan ketika bulan Ramadhan tiba. Baik oleh organisasi maupun acara buka puasa bersama di masjid-masjid. Anda bisa memanfaatkan momen seperti ini untuk bersilaturahim dan berhemat agar bisa mengatur keuangan saat Ramadhan dengan sebaik-baiknya. Tetap niatnya tetap untuk mencari berkah Ramadhan. Jadi kalau buka puasa bersamanya ada pengajiannya, kita juga harus ikut ya?

Baca juga : Hukum sikat gigi saat puasa.

Terapkan bujet untuk menu buka puasa

Agar aman dalam kiat mengatur keuangan saat Ramadhan khususnya saat berbuka puasa, kita bisa membuat bujet khusus untuk berbuka. Mulai dari minggu pertama, dilanjutkan dengan minggu berikutnya sampai sebulan penuh. Bujet bisa dibuat sesuai kemampuan. Dan tentunya bujet total juga harus di-setting terlebih dahulu supaya pemecahannya menjadi lebih mudah.

Dana amal juga harus dialokasikan

Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Bulan Ramadhan juga menjadi bulan sebaik-baiknya seorang muslim bershodaqoh. Jangan lewatkan kesempatan emas yang diberikan Allah ini dengan tidak bershodaqoh. Jika ada dana lebih, Anda bisa mengalokasikan khusus dana amal spesial buat bulan Ramadhan biar makin bertambah pahalanya.

Masak sendiri

Agar bisa berhemat dengan mudah, sebaiknya masak sendiri. Jangan tergoda dengan takjil di pinggir jalan atau makan banyak di rumah makan saat berbuka puasa. Beli saja bahan makanannya dan diolah secara sehat. Hemat dan lebih sehat buat tubuh.

Bujet lebaran

Jangan hanya fokus pada apa yang ada di hari ini saja. Anda juga harus persiapkan lebaran jauh-jauh hari supaya keuangan Anda tidak makin minim. Jika Anda memiliki THR, jangan diandalkan dulu. Fokus pada keuangan Anda tiap bulan saja dulu buat dana lebaran ini.

Bagaimana? mau coba kiat mengatur keuangan saat Ramadhan di atas?