Hindayani Blog - Kumpulan Soal, Share Pengalaman Kerja

Tips Buat Anak Semangat Belajar Usai Liburan Panjang

Diperbarui terakhir: 16 Juli, 2015


Tips Buat Anak Semangat Belajar Usai Liburan Panjang – Lebaran sebentar lagi akan tiba dan musim sekolah pun akan kembali aktif. Setelah liburan yang panjang, anak-anak biasanya ada yang malas namun ada juga yang langsung juga aktif dan rajin kembali. Perbedaan ini salah satunya dikarenakan oleh lingkungan. Dan sebagai solusinya, hal-hal berikut bisa dilakukan.

Begini lho cara tetap semangat usai liburan panjang di sekolah

Tips Buat Anak Semangat Belajar Usai Liburan Panjang

Penanaman kedisiplinan

Rasa malas usai liburan panjang adalah hal wajar. Namun, hal ini bisa dihindari jika kita sudah terbiasa dan disiplin pada diri kita sendiri. Hal seperti ini juga bisa ditularkan dan ditanamkan pada diri anak sejak dini. Jika mereka sudah disiplin pada diri sendiri, maka kiranya lebih mudah untuk mengajak mereka kembali bersemangat belajar setelah liburan yang panjang.

Sekolah lebih asyik

Anak-anak mudah sekali bosan, ya yang satu ini memang bukan rahasia lagi. Namun, gadget dan game yang ada di dalamnya kadang menjadi godaan dan membuat mereka malas kembali ke sekolah setelah bosan liburan di rumah. Maka dari itu, memberi tahu dan menyadarkan kalau di sekolah semua hal terasa lebih asyik sangat perlu dilakukan.

Kerja sama – suasana sekolah

Tidak hanya orang tua yang berperan dalam membangkitkan semangat anak mereka, guru di sekolah dan teman di sekolah pun ikut mempengaruhi. Orang tua bekerja sama dengan pihak sekolah untuk menciptakan suasana yang nyaman di sekolah sehingga anak pun tertarik untuk berada di sekolahan.

Mimpi dan semangat menjadi lebih baik

Memiliki mimpi dan semangat untuk menjadi lebih baik, mendapatkan penghargaan, cita-cita, dan jenis motivasi lainnya juga bisa menjadi pemicu tumbuhnya kembali semangat setelah lama tidak beraktivitas atau libur panjang.

Baju baru, buku baru, dll

Buku baru, tas baru, sepeda baru, dan yang lainnya juga bisa membuat mereka semangat ke sekolah dan kembali belajar seperti sebelum liburan lho? Untuk itu, sebenarnya hal ini cukup penting. Meski tidak semua anak membutuhkan yang baru untuk bisa kembali bersemangat.

Percaya diri

Menumbuhkan rasa percaya diri pada diri anak juga penting supaya mereka mau kembali ke sekolah dengan sangat nyaman dan tidak perlu disuruh-suruh lagi. Percaya diri yang kuat juga bisa membantu perkembangan diri mereka baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun umum.

Baca juga : Cara introduction yang mudah dalam bahasa inggris.

Pentingnya sekolah

Menanamkan sejak dini pentingnya belajar dan bersekolah juga menjadi salah satu cara untuk bisa berangkat ke sekolah tanpa beban dan terasa nyaman. Liburan panjang tidak akan menjadi penghalang untuk kembali ke sekolah jika anak sudah tahu apa yang mereka lakukan adalah untuk masa depan yang lebih baik.

Belajar merupakan hal yang penting untuk itu semangat belajar usai liburan panjang juga harus dijaga supaya tetap bisa mendapatkan pengajaran di sekolah dengan baik.