Mengenal Jenis dan Bentuk Conjunction

Share

Mengenal Jenis dan bentuk Conjunction – Conjunction atau kata hubung merupakan kata yang sering kita gunakan dalam berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Conjunction adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan beberapa kata, frasa, klausa, maupun kalimat. Ada beberapa kata hubung atau conjunction dalam Bahasa Inggris, seperti and, but, or, nor, for, yet, so, although, because, since, unless, when, while, dan where. Di dalam bahasa Inggris ada 3 tipe Conjunction, yaitu; coordinating conjunction, subordinate, dan correlative conjunction.

Jenis dan Bentuk Conjunction Beserta Contohnya

Pertama, coordinating conjunction

Coordinating conjunction merupakan kata hubung yang menghubungkan sebuah kata atau frasa yang memiliki fungsi tata bahasa yang sama dalam suatu kalimat. Kegunaan dari kata hubung ini disebut parallel structure. Kata hubung yang digunakan dalam type yang pertama ini adalah and, but, or, dan nor.

Ketentuan memakai Coordinating Conjunction;

Jika noun maka setelah kata hubung harus noun, jika adjective maka setelah kata hubung harus adjective, dan seterusnya.

  1. Noun + and + noun

My brother and I went to museum yesterday.

  1. Adjective + but + adjective

He is ugly but diligent

  1. Noun + or + noun

Mursidin wants to buy a book or novel in the books store. Dan seterusnya

Kedua, subordinating conjunction

Kata hubung ini digunakan untuk menghubungkan antara dependent clause dengan main clause. Dependent clause adalah kalimat yang tidak lengkap yang hanya terdiri dari subject dan kata kerja dan tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan kalimat yang utama. Dependent clause hanya menjelaskan main clause. Untuk menyambung kalimat tersebut dibutuhkan subordinating conjunction. Yang termasuk dalam subordinating conjunction adalah although, because, if, before, how,  once, since, till, until, when, where, whether, while, after,  no matter how, provided that, as soon as, dan even if. Simak contoh berikut agar materi mengenal jenis dan bentuk conjunction semakin Anda pahami.

Mursidin does not go to office because he is ill.

As far as I know, English is easy.

Ketiga, correlative conjunction

Correlative conjunction atau disebut juga paired conjunction adalah kombinasi dua kata yang digunakan bersamaan dalam suatu kalimat. Kata hubung yang termasuk dalam correlative conjunction adalah both…and, not only…but also, either…or, dan neither…nor.

Tata cara penggunaan kata hubung ini masih sama dengan yang tipe pertama, noun di hubungkan dengan noun, dan seterusnya, tetapi format penggunaannya yang berbeda, seperti yang dijelaskan dalam materi mengenal jenis dan bentuk conjunction secara detail di bawah ini;

Both + noun + and + noun

Both Mursidin and Okan are a teacher.

Not only + noun + but also + noun

Not only Mursidin but also Okan is a teacher.

Neither + noun + nor + noun

Neither Mursidin nor Okan is a teacher.

Either + noun + or + noun

Either the student or the teachers are standing in front of class.

Keempat, keterangan

Penggunaan to be dalam kalimat tersebut harus diperhatikan. Patokan dalam penggunaan to be adalah noun yang paling terakhir yang digunakan dalam kalimat tersebut, jika bendanya berupa benda tunggal maka yang digunakan adalah is dan jika benda yang digunakan adalah jamak maka yang digunakan adalah are. Kecuali jika digunakan kata hubung Both…and, kata hubung ini selalu menggunakan are.

Kelima, contoh soal

Setelah memahami mengenal jenis dan bentuk conjunction di atas cobalah kerjakan beberapa soal di bawah ini;

  • Both Imam and Rahayu … farmer.
  • Which one do you want, coffee … tea?
  • Izzudin, Udin, and … are my family.
  • She is beautiful but ….
  • Kamyudi is going to bed, … he is tired.

Materi mengenal jenis dan bentuk conjunctionini sangat mudah dipahami, bukan? Jangan lupa pelajari juga bentuk noun supaya lebih menguasai semua materi bahasa inggris.

Semangat!

Hindayani.com

Hindayani, S.Si.

Biasa dipanggil Kak Hinda. Lulus dari Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat cumlaude. Suka membaca, menulis, dan berbagi ilmu.